6 Cara Sukses Memulai Bisnis Pijat Refleksi Kaki

KOMPAS.com - Bisnis pijat refleksi kaki adalah bisnis yang menawarkan jasa pijat kaki dengan teknik pijat refleksi. Pijat ini dikenal mampu menghilangkan rasa sakit, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Untuk jenis layanan pijat refleksi kaki biasanya beragam, mulai dari pijat kaki tradisional hingga layanan pijat refleksi kaki modern. Layanannya sendiri dapat dilakukan dengan tangan (tradisional) atau menggunakan alat pijat khusus (modern).

Bisnis ini punya peluang yang menjanjikan, seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan manfaat kesehatan dari terapi refleksi kaki. Tertarik memanfaatkan peluang bisnis pijat refleksi kaki di atas?

Dilansir dari Cermati.com, yuk persiapkan cara memulai dan tips sukses membangun bisnis dalam bidang satu ini.

1. Pahami Ilmu dan Teknik

Ilmu dan teknik seputar pijat refleksi kaki sebaiknya dipahami dengan baik dan benar. Mulai dari teknik untuk peregangan kaki, pelemasan kaki, hingga pijatan-pijatan di sekitar area telapak kaki.

Jangan ragu mengikuti kursus pijat refleksi terlebih dahulu supaya dapat ilmu tambahan dan bimbingan langsung dari ahlinya. Pemahaman ini penting lantaran setiap pijatan memiliki hubungan antara satu urat/saraf dengan yang lainnya dalam tubuh, dan agar tidak terjadi kesalahan hingga menyebabkan hal buruk.

2. Coba Praktekan

Prakteklah mulai dari orang-orang di sekitar terlebih dahulu jika orang tersebut mendapatkan manfaat yang positif, baru deh Anda bisa mengkomersilkannya. Cara dasar untuk mengetahui kualitas pijat adalah dengan mempraktekkan.

Mulai dengan usaha mandiri dengan menawarkan layanan pijat refleksi kaki secara langsung kepada pelanggan. Setelah dirasa pelanggan terdekat sudah memberikan respon baik, Anda bisa memperluas usaha pijat refleksi dengan membuka outlet pijat refleksi kaki.

3. Rekrut Terapis Professional

Ketika bisnis tersebut sudah semakin berkembang Anda pasti membutuhkan bantuan orang untuk mengelolanya, bukan? Jadi akan lebih baik kalau mulai mempekerjakan para terapis profesional yang sudah bersertifikat.

Pengalaman dari tenaga profesional akan membuat bisnis Anda dikenal luas di kalangan konsumen. Anda pun bisa memperluasnya dengan membuka jasa pelatihan pijat refleksi kaki juga bisa jadi inspirasi bisnis tambahan yang menguntungkan.

4. Lengkapi Sarana dan Prasarana

Tambahan layanan dengan melengkapi sarana dan prasarana yang disediakan. Seperti alat-alat pijat modern atau tradisional berkualitas tinggi, hingga sarana untuk menunjang kenyamanan konsumen.

Selain itu, Anda bisa melengkapinya dengan menawarkan produk pendukung pijat seperti minyak urut, oil therapy, dan alat pijat elektrik. Penjualannya pun bisa dilakukan di outlet offline dan juga online.

Baca juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

5. Pertimbangkan Pemilihan Lokasi

Jika ingin membuka outlet khusus secara offline pastikan pemilihan lokasinya sudah tepat di tempat yang strategis. Mulai dari membuka outlet di pusat perbelanjaan, pusat kesehatan, atau di pusat keramaian lainnya.

Pemilihan lokasi ini bisa dilakukan berdasarkan survei terlebih dahulu. Anda bisa mencari tahu dimana lokasi masyarakat mudah lelah, seperti stasiun antar kota dan mal, yang menjadi tempat masyarakat kelelahan akibat perjalanan jauh dan kerap pegal - pegal pada kaki dan badan.

6. Gencar melakukan promosi

Untuk menggaet lebih banyak konsumen baru, penting untuk gencar melakukan promosi bisa secara online di medsos atau offline dengan mengikuti event tertentu dan menyebar brosur.

Promosi memegang perananan penting dalam keberhasilan sebuah bisnis, termasuk bisnis pijat refleksi kaki tersebut. Promosi juga bisa dilakukan dengan datang langsung ke rumah atau tempat pelanggan untuk memberikan layanan pijat refleksi kaki. Hal ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi pelanggan tidak punya waktu untuk pergi ke outlet pijat refleksi kaki.

Nah, itulah beberapa pembahasan seputar peluang bisnis pijat refleksi kaki dan tips-tips menarik untuk memulainya dengan sukses. Jika, Anda memiliki passion di bidang ini, segera lakukan riset untuk menemukan peluangnya dan kembangkan.