6 Ide Bisnis Ini Bisa Jadi Mesin Uang Pensiunan PNS

Salah satu enaknya jadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah tetap menerima gaji setelah pensiun, walaupun besarannya hanya 75 persen dari gaji pokok saat masih aktif.

Meski ditanggung negara, uang pensiunan setiap bulan ini sebetulnya bisa berlipatganda bila Anda gunakan untuk bisnis atau usaha. Jadi, keuangan Anda makin berjaya dan hidup pun kian sejahtera tanpa harus meminta anak cucu.

Berikut ide bisnis yang memiliki prospek menjanjikan pasca pensiun sebagai PNS:

Baca Juga: Setelah Pensiun, Bagaimana Kewajiban Bayar Pajak Nanti?

1. Bisnis kos-kosan

Cuma tiduran atau duduk santai dapat uang? Bisa banget. Coba bisnis kos-kosan atau jadi juragan kontrakan. Memang sih butuh modal besar untuk membeli tanah dan mendirikan bangunan menjadi kos-kosan atau kontrakan.

Anda dapat menggunakan uang pesangon. Kalau modal Anda Rp 500 juta, bisa membuat kos-kosan atau kontrakan dua lantai sebanyak 6 pintu dengan harga sewa Rp 1 juta setiap bulan, maka Anda mengantongi Rp 6 juta per bulan. Dikali 12 bulan, berarti Rp 72 juta setahun.

Dalam waktu 6 tahun 9 bulan, Anda sudah bisa balik modal. Selebihnya, akan menjadi keuntungan Anda sampai anak cucu nanti.

2. Bengkel motor

Jumlah kendaraan roda dua atau motor saat ini terus bertambah. Satu orang, bahkan punya dua motor. Peluang bisnis yang patut dilirik adalah membuka bengkel motor.

Bukan hanya melayani perbaikan dan perawatan motor saja, tetapi juga menyediakan asesoris kendaraan roda dua lainnya, seperti suku cadang, ban mobil, helm, hingga jaket maupun sarung tangan. Namanya baru mulai, tidak perlu membuka bengkel besar.

Buka bengkel dengan luas 4x5 meter sudah cukup. Namun buka bengkel di lokasi yang strategis, seperti pinggir jalan raya, dekat pasar, dan tempat ramai lainnya.

Kalau Anda jago servis mesin motor, tak perlu mempekerjakan karyawan. Anda dapat melakukannya seorang diri. Tetapi jika tidak, rekrut orang yang mahir di bidangnya.

Bisnis
Bisnis pensiunan PNS  yang menghasilkan

3. Cuci mobil atau motor

Ada bengkel, ada juga tempat pencucian motor atau mobil. Anda bisa memilih salah satunya. Atau kalau punya modal besar, Anda dapat membuka keduanya.

Bisnis cuci mobil atau motor kini sudah merambah ke perumahan. Tidak hanya bisa dijumpai di pinggir jalan besar saja. Namun tetap harus strategis dan mudah dijangkau.

Cari lahan yang luas agar bisa menampung lebih banyak kendaraan. Untuk peralatannya, ember, selang, keran air, dan shampo khusus mobil atau motor. Bisa juga menggunakan mesin hidrolik dan mencari karyawan yang ahli untuk urusan servis kendaraan.

4. Budidaya ikan

Siapa bilang bisnis budidaya ikan hanya untuk orang yang punya keahlian beternak ikan saja? Ternyata siapapun bisa menggelutinya, termasuk Anda pensiunan PNS.

Keahlian ini dapat dipelajari dari sumber manapun, seperti internet, buku, seminar kewirausahaan, atau langsung dari pakar maupun pengusaha yang sudah lebih dulu terjun di bisnis ini. Untuk pemula, Anda dapat menjalankan bisnis budidaya lele, ikan mas, gurame, mujair, bahkan budidaya lobster.

Saat ini, banyak orang melirik bisnis ikan cupang. Dalam bisnis budidaya ikan ini, Anda perlu menyiapkan lahan dan segala perlengkapan yang diperlukan. Tak perlu semua digarap, pilih saja satu jenis ikan untuk dibudidaya, kemudian fokus merintis sambil terus belajar.

Bila Anda sudah paham cara budidaya ikan yang benar, tahu seluk beluk bisnis ini, maka dapat menjadi ‘tambang’ uang di masa tua. Dapat pula diteruskan oleh anak cucu, menjadi sebuah bisnis turun temurun.

5. Rental mobil atau motor

Anda punya kendaraan mobil atau motor? Apalagi jarang dipakai karena Anda sudah tak lagi bekerja. Daripada mangkrak atau nganggur di rumah, lebih baik disewakan. B

uka bisnis rental mobil atau motor. Tak perlu ragu dengan pasar bisnis ini karena Anda tidak tinggal di daerah wisata. Bisnis rental kendaraan memiliki pasar yang luas. Tidak semua orang mampu membeli kendaraan sendiri.

Sebagai alternatif bepergian, dibanding naik angkutan umum, ada saja orang yang membutuhkan jasa rental mobil atau motor. Buat saja brosur, leaflet, atau promosikan di media sosial mengenai jasa rental kendaraan Anda. Sertakan pula nomor telepon yang bisa dihubungi dan tarif per jam.

Percayalah dari mulut ke mulut, bisnis Anda akan berkembang pesat. Aset mobil atau motor Anda menjadi aset aktif yang mampu mencetak fulus.

Tinggal rebahan di rumah, uang mengalir ke kantong. Bukan tak mungkin, dari satu mobil atau motor, dapat bertambah mencapai belasan hingga puluhan kendaraan yang bisa disewakan.

6. Waralaba

Satu lagi bisnis yang cocok untuk pensiunan PNS, yakni waralaba atau istilah kerennya franchise. Bisnis yang masih jadi primadona banyak orang sampai sekarang.

Bisnis waralaba menawarkan konsep kemitraan dengan modal beragam. Dari mulai jutaan, puluhan juta, sampai ratusan juta rupiah. Jenis usahanya macam-macam. Ada kuliner, jasa laundry, pendidikan, dan lainnya.

Keuntungan bisnis waralaba, Anda tinggal jalanin usaha saja. Gak usah pusing mikirin produk apa yang mau Anda jual dan bagaimana sistem usahanya.

Asal ada modal, bisnis siap dijalankan. Keuntungan lain bisnis waralaba, mendapat dukungan dan bimbingan dari pemilik waralaba, dibantu mencari lokasi tempat usaha, bisa menggunakan merek yang sudah terkenal, tak perlu susah payah membangun manajemen bisnis, beli bahan baku dengan harga murah, dan hemat biaya pemasaran.

Baca Juga: 12 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan, Bisa Jadi Jutawan Dadakan