6 Rekomendasi Bisnis Mainan Anak

KOMPAS.com - Mainan khusus untuk anak-anak bisa menjadi peluang bisnis untuk dijalankan. Alasannya, karena saat ini banyak orang tua sudah mulai menyadari jika bermain dengan mainan pun punya peran penting mendukung tumbuh kembang anak.

Mainan yang tepat mampu merangsang kemampuan otak anak, sehingga membuat mereka lebih kreatif saat bermain. Lalu, ide bisnis mainan seperti apa dan bagaimana yang bagus dan menguntungkan untuk dikembangkan? Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa ide bisnis mainan khusus anak yang menarik untuk dicoba.

1. Jualan Mainan Edukatif

Ide bisnis jualan mainan edukatif khusus untuk anak bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya, jenis mainan yang dijual bukan sekedar mainan biasa tapi juga bisa memberikan rangsangan edukatif untuk anak.

Saat ini mainan edukatif anak sudah bukan hal yang asing dan mudah ditemui dengan jenis yang sangat beragam. Mulai dari puzzle, mainan bongkar pasang, lego, balok kayu, hingga kartu alfabet. Disebut sebagai mainan edukatif karena mainan semacam itu mampu membantu merangsang perkembangan anak, terutama motoriknya.

Menariknya dari ide bisnis ini, bisa dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal lebih dulu. Karena Anda bisa menjalankannya dengan metode dropship dan juga reseller.

Jika nantinya ingin buka bisnis sendiri, maka tinggal cari pemasok mainan anak yang sesuai. Lalu beli stok mainan dengan jumlah tertentu sesuai modal yang dimiliki.

2. Jualan Boneka

Ide bisnis mainan anak berikutnya yang tak kalah menarik dan menguntungkan untuk dikembangkan adalah jualan boneka. Ide bisnis ini kemungkinan besar akan laris di pasaran karena peminatnya yang cukup banyak.

Meski mainan ini memang lebih identik dengan mainan anak perempuan, tapi bukan berarti anak laki-laki tidak bisa memainkannya. Apalagi saat ini sudah ada banyak boneka yang sesuai dengan karakter anak laki-laki.

Boneka sendiri punya banyak jenis yang bisa dijadikan peluang usaha mainan anak menguntungkan. Seperti misalnya boneka binatang, boneka karakter, boneka buah-buahan, boneka dinosaurus, dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Anda bisa menjalankannya dengan metode dropship maupun sebagai reseller. Media jualannya pun bisa secara offline maupun online melalui e-commerce maupun media sosial.

3. Jualan Mainan Mobil-mobilan, Pesawat hingga Ekskavator

Berikutnya, ide bisnis mainan anak yang menarik untuk dicoba adalah jualan mainan mobil-mobilan, pesawat hingga ekskavator. Biasanya mainan jenis tersedia dalam berbagai macam ukuran.

Mainan jenis ini ada yang menggunakan baterai dan ada yang tidak. Anda bisa memilihnya sesuai minat pasar, atau menjual kedua jenis mainan tersebut. Untuk masalah harga, biasanya mainan tanpa baterai jauh lebih terjangkau.

Agar penjualan mainan sesuai yang diharapkan, pastikan untuk melakukan riset market lebih dulu. Ini dilakukan untuk memudahkan dalam menentukan harga dan mainan jenis apa yang sesuai dengan calon konsumen yang ditargetkan.

Ide bisnis mainan anak satu ini cukup banyak ditawarkan di berbagai e-commerce dengan paket usaha yang beragam. Harganya pun cukup terjangkau, dibanderol mulai dari Rp1.000.000. Dari harga tersebut, sudah termasuk dua miniatur truk dengan stik kontrol, dua ekskavator dan beko hidrolik, dan juga boksnya.

Baca juga: Susah-susah Gampang, Ini Trik Mengajari Bisnis pada Anak

4. Jual Mainan Tradisional

Bukan hanya mainan modern, saat ini mainan tradisional juga mulai kembali diminati. Tentunya, ini bisa jadi ide usaha yang cukup menguntungkan karena peminatnya yang mulai meningkat. Mainan tradisional sendiri ada banyak sekali jenisnya, seperti kelereng, bola bekel, congklak, layang-layang, egrang, dan lain sebagainya.

5. Kolam Renang Bongkar Pasang (Portable)

Selanjutnya, ide bisnis mainan anak yang tak kalah menarik dan menguntungkan adalah kolam renang bongkar pasang atau portable. Saat cuaca sedang cerah, anak-anak tentu akan senang bermain di dalam air.

Kolam renang bongkar pasang ini tentunya bisa memberikan hiburan menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Dengan mainan ini, anak-anak tak perlu pergi ke kolam renang umum dan bisa sepuas hati main di halaman rumah.

Anda bisa menjual atau menyewakan kolam renang bongkar pasang ini. Ukuran dan desainnya pun cukup beragam, sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

6. Playground

Saat ini wahana permainan atau playground kerap jadi pilihan orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya berlibur di akhir pekan. Ditambah lagi, pertumbuhan anak-anak mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini membuat bisnis playground punya peluang yang cukup besar.

Pastikan untuk menyiapkan tempat dengan wahana permainan anak populer ketika ingin memulai bisnis ini. Selain itu, pilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan target market bisnis Anda. Jangan lupa atur pengelolaan bisnis dengan konsep dan rencana yang matang.