7 Cara Hemat Uang Khusus Mahasiswa

Di saat tanggal tua dan masih jauh dari “aroma” uang bulanan yang biasa kamu terima dari orangtua, maka sudah bisa ditebak bagaimana suasana hati dan dompet kamu saat itu. Sudah bukan rahasia lagi, jika sebagian besar anak kos akan kehabisan uang di saat tanggal tua, bahkan mungkin seringkali di saat tanggal belum begitu tua juga.

Menjadi anak kos dan tinggal jauh dari keluarga, tentu akan membuat kamu harus jeli dan pintar dalam mengelola keuangan. Apalagi kalau ternyata kamu memiliki kebiasaan boros dan selalu gagal dalam mengatur keuangan kamu, bisa-bisa tiap akhir bulan kamu akan kebingungan dan kehabisan uang.

Masih bagus kalau kamu bisa dapat pinjaman dari teman, nah kalau ternyata tidak bisa, mau bagaimana? Jangan malas untuk berhemat, sebab bukan satu dua bulan saja kamu akan kuliah dan menjadi anak kost, ini bahkan bisa bertahun-tahun lamanya.

Jadi, sampai kapan kamu akan linglung karena kehabisan uang di akhir bulan? Simak cara-cara berhemat berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan uang kirimanmu sepanjang bulan:

1. Prioritaskan yang paling penting

Sebagian besar orang akan selalu beranggapan bahwa semua hal adalah penting, termasuk berbagai barang dan kebutuhan. Ini adalah sebuah kesalahan, sebab akan selalu ada yang penting dan bahkan yang paling penting yang memang harus dipenuhi dalam kebutuhan.

Jadi, biasakan untuk mengetahuinya dengan baik dan memenuhi hanya kebutuhan yang paling penting saja, artinya yang tidak begitu penting harus diabaikan.