7 Ide Bisnis Layanan Jasa Kebersihan, Peluang Cuan di 2023

KOMPAS.com - Bisnis layanan jasa kini mulai dilirik para pelaku bisnis karena dinilai bisa menghasilkan cuan yang menjanjikan. Selain itu, bisnis layanan jasa termasuk bisnis yang bisa dijalankan dengan modal minim jika dibandingkan dengan bisnis di sektor lain.

Salah satu bisnis layanan yang mulai banyak diminati adalah jasa kebersihan. Meski layanan ini tidak memiliki produk yang bisa dilihat secara fisik, namun manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen secara langsung.

Tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis layanan jasa kebersihan tapi bingung mau menawarkan jasa apa? Simak ide bisnis layanan jasa kebersihan yang memiliki peluang cuan di tahun 2023 selengkapnya berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Layanan Cuci Spring Bed, Karpet dan Sofa

Referensi ide bisnis layanan jasa kebersihan yang pertama ada jasa cuci spring bed, karpet dan sofa. Bisnis ini cocok untuk dijalankan di kawasan kota baik kecil maupun besar, namun kurang cocok jika dijalankan di kawasan pedesaan.

Untuk memulai bisnis ini hal pertama yang harus dimiliki adalah pengetahuan tentang teknik membersihkan spring bed dan sofa yang baik dan benar. Agar, pelayanan yang diberikan bisa lebih maksimal. Selanjutnya, ada beberapa peralatan yang juga harus dipersiapkan. Mulai dari alat penyemprot, polisher, vacuum cleaner, alat untuk memeras karpet, deterjen dan pengharum hingga plastik.

2. Layanan Home Cleaning Service (Jasa Kebersihan untuk Rumah)

Home service cleaning service bisa menjadi ide bisnis layanan jasa selanjutnya yang menarik dan menjanjikan cuan. Bisnis ini memberikan layanan untuk pemilik rumah dalam merawat dan membersihkan area rumahnya.

Cocok untuk mereka yang punya aktivitas padat dan tidak sempat membersihkan rumahnya. Tinggal menunggu tim dari jasa home cleaning melakukan tugasnya, rumah pun akhirnya bersih tanpa perlu capek-capek lagi.

Ide bisnis ini bisa ditawarkan melalui media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan baru. Selain itu, terus melakukan inovasi dan berikan hasil yang maksimal untuk pelanggan.

3. Jasa Laundry Sepatu

Selanjutnya ada laundry sepatu yang bisa jadi ide bisnis layanan kebersihan yang patut dicoba. Apalagi ada beberapa jenis sepatu yang memang membutuhkan perawatan khusus untuk membersihkannya.

Untuk menjalankan bisnis ini, jangan lupa lakukan riset terlebih dahulu agar bisa menemukan tempat yang strategis dan target yang sesuai. Umumnya, kawasan yang cocok untuk bisnis ini ada di sekitar kampus, sekolah dan perkantoran. Karena pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran yang memang sering menggunakan sepatu.

Jangan lupa untuk melakukan promosi dan berinovasi di bisnis ini agar jangkauan pelanggan jadi lebih luas. Misalnya menambahkan layanan cat untuk sepatu atau make over dan lain sebagainya.

4. Layanan Pencucian Mobil dan Motor

Ide bisnis layanan kebersihan selanjutnya yang tak kalah menjanjikan cuan adalah layanan cuci body motor dan mobil. Apalagi sejak pemberlakuan pembatasan sosial telah dicabut, masyarakat pun mulai banyak beraktivitas di luar rumah.

Hal ini membuat banyak orang pasti membutuhkan layanan untuk membuat kendaraan mereka dalam kondisi bersih dan nyaman dilihat. Untuk memulai bisnis ini, selain modal perlu menyiapkan tempat yang strategis.

Baca juga: Peluang Usaha Menggiurkan Pasca Banjir, Nomor 9 Modalnya Kecil Banget

5. Laundry Baju Rumahan

Bisnis ini memiliki market yang terbilang sangat luas, dan dibutuhkan hampir setiap orang. Meskipun bisa mencuci bajunya sendiri di rumah, tapi memang kebanyakan lebih suka menggunakan jasa ini karena dianggap lebih praktis dan sangat membantu.

Jadi jangan heran jika jasa laundry rumahan bisa ditemukan dengan mudah dan bisa dijalankan di berbagai lokasi. Baik di kota besar maupun di pinggiran kota hingga pedesaan sekalipun.

Agar bisnis ini bisa berjalan, pastikan untuk selalu melakukan promosi dengan tepat, seperti membuat iklan di media sosial dan sebagainya. Jangan lupa adakan promo dan berikan diskon untuk pelanggan setia agar semakin banyak pelanggan tertarik.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menyiapkan satu buah mesin cuci terlebih dahulu dan dikerjakan sendiri. Baru setelah omset semakin meningkat maka bisa menambah peralatan dan merekrut karyawan untuk membantu.

6. Jasa Laundry Helm

Membersihkan helm sebetulnya bukan hal yang sulit dilakukan. Meskipun demikian, banyak yang tidak bisa atau cenderung malas mengerjakannya. Ditambah lagi pengguna kendaraan bermotor juga mengalami banyak peningkatan.

Inilah yang membuat permintaan jasa laundry helm cukup tinggi. Alhasil, kebutuhan tersebut bisa jadi peluang cuan yang menjanjikan jika ditekuni dan dijalankan secara serius.

7. Jasa Sedot Tungau

Ide bisnis layanan jasa kebersihan selanjutnya yang cukup menarik ada jasa sedot atau vakum tungau yang membandel di karpet, sofa, tempat tidur maupun di bagian rumah yang lain. Layanan ini bisa membantu untuk mengatasi masalah tungau di rumah yang sulit dibasmi.

Bentuknya yang kecil dan keberadaannya yang kerap berada di kasur atau sofa dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada orang yang kontak langsung dengan tungau. Jadi perlu segera dibersihkan agar tidak memicu masalah kesehatan lainnya.