7 Ilmu Atur Uang Ini Inspirasi dari Drakor The World of The Married

Setelah pekerjaan atau tugas kantor selesai, hampir semua karyawan yang bekerja di rumah atau WFH langsung mengisi waktu luang dengan me time! Sekarang ini kebanyakan orang, me time bukan hanya sekedar perawatan wajah atau bermain musik saja, melainkan kebanyakan orang sudah tergila-gila dengan menonton film drama korea atau drakor.

Nah, drakor yang belakang ini viral dan ramai diperbincangkan para pecinta drakor adalah A World of the Married Couple. Bagaimana tidak? Drakor ini diperankan oleh aktor ternama seperti, Kim Hee-ae, Park Hae-joon, dan Han So-hee. Selain itu, cerita dari drama ini juga seru, yaitu menyajikan konflik kehidupan rumah tangga dengan hadirnya orang ketiga. Tak heran bila drakor ini bisa menguras emosi penontonnya.

Nyatanya, bukan melulu cerita keluarga, romantis dan percintaan saja, tapi pada drakor yang menyuguhkan 16 episode ini juga menyiratkan pembelajaran yang tak kalah pentingnya di kehidupan, yaitu mengelola keuangan. Kira-kira apa saja?

Simak ulasan berikut pelajaran keuangan pada drakor A World of the Married Couple yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Melek Finansial

keuangan
Melek finansial

Pada film ini, menceritakan bahwa seorang istri yang telat mengetahui kelakuan suaminya yang telah menggunakan uang keluarganyanya untuk hal yang tidak benar, yaitu hanya untuk menyenangkan selingkuhannya. Tak main-main, uang yang diselewengkan tersebut merupakan uang untuk cicilan rumahnya hingga mencairkan beberapa dana penting di asuransi mereka.

Dari cerita tersebut mengajarkan kita, khususnya perempuan baik ibu rumah tangga atau wanita karir jangan menutup diri menyoal keuangan rumah tangga. Cobalah untuk belajar keuangan mulai dari mengatur bulanan untuk memenuhi kebutuhan, tabungan, dana pendidikan hingga simpanan untuk masa depan. Dengan begitu, sebagai seorang istri juga bisa mempertimbangkan keputusan yang tepat soal keuangan.

2. Bertanggung Jawab Kelola Keuangan

Di setiap rumah tangga pastinya ada yang ditugaskan sebagai manajer keuangan, entah itu diambil alih oleh sang suami atau dipercayakan kepada istri. Namun, siapapun yang pegang, sebaiknya tanggung jawablah dalam mengelola keuangan seperti dalam membuat bujet, mengeksekusi keuangan hingga membuat laporan

Dengan pengelolaan keuangan yang penuh dengan tanggung jawab dan perincian yang jelas, tentunya salah satu pihak tidak akan ada yang merasa dikecewakan dan kondisi keuangan keluarga tetap aman.

Jangan seperti suami Sun Woo yang tidak bertanggung jawab dalam urusan keuangan. Dirinya malah take out pinjaman yang seharusnya untuk cicilan rumahnya hingga mencairkan dana investasi untuk masa depan keluarganya.

3. Tetap Harus Kontrol Keuangan

keuangan
Tetap harus kontrol keuangan

Sun Woo merupakan wanita karir yang sukses. Saking sibuknya dalam berkarir, Sun Woo tidak ada waktu luang untuk mengambil kendali atas kekayaan yang dimiliki. Justru, ia serahkan kepada suami tercinta. Saat ia mengetahui bahwa suaminya tidak bertanggung jawab dalam soal keuangan, ia kaget.

Untuk itu, meskipun Anda atau pasangan adalah orang yang sibuk, tetaplah harus mengontrol keuangannya dengan baik. Sehingga arus keuangan jelas dan bisa segera dievaluasi jika adanya alur yang salah.

Baca Juga: Tips Kelola Keuangan untuk Masa Depan yang Lebih Cerah

4. Buat Tujuan Keuangan Keluarga

Pasangan muda perlu tahu bahwa membuat tujuan keuangan keluarga sangat penting. Tujuannya agar kebutuhan keluarga di masa mendatang bisa tercukupi dan keuangan tetap dalam kondsi yang baik.

Namun, dalam menentukan tujuan keuangan keluarga ini juga tidak bisa sembarangan karena menyangkut masa depan. Jangan seperti Tae Oh yang mangambil dana pendidikan anak yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Sebagai orangtua, harus berpikir matang-matang terlebih dahulu apa tujuan keuangan yang diinginkan, kemudia cari cara atau jalannya agar tujuan tersebut bisa tercapai. Namun, pastikan Anda dan pasangan sudah memiliki dana darurat, dana pensiun dan lainnya.

5. Saling Terbuka Soal Keuangan

keuangan
Saling terbuka soal keuangan

Tae Oh merupakan suami yang tidak terbuka soal keuangan. Demi memenuhi keinginan selingkuhannya, suami Sun Woo itu rela menutupi soal keuangan keluarganya. Hal ini hanya akan memperburuk kondisi keluarga.

Sebaiknya, jalin komunikasi dengan baik antar pasangan. Dengan begitu, pasangan tidak akan canggug membicarakan hal apapun termasuk dalam membahan keuangan keluarga.

6. Libatkan Pakar Biar Dapat Solusi

Jangan pusing, jika Anda dan pasangan merupakan orang yang sibuk berkarir atau merasa sulit memecahkan masalah keuangan keluarga. Melibatkan financial planner terpecaya tentunya menjadi solusi yang sangat tepat, sehingga bisa membantu keluarga dalam merencanakan keuangan dan mencari solusi di setiap masalah keuangan yang terjadi.

Baca Juga: Pasangan Anda Berbohong Mengenai Keuangan? Ini Solusinya!

7. Wanita Harus Mandiri

karir
Wanita harus mandiri

Melihat kelakuan suaminya yang buruk, Sun Woo tidak menyerah begitu saja. Ia memilih untuk kuat dan menjadi wanita yang bisa mandiri dalam finansialnya. Mulai dari bekerja, memiliki penghasilan, bisa memenuhi kebutuhan hidup dan menata masa depan.

Semangat Belajar Keuangan Agar Lebih Baik

Apalah artinya hidup jika kita tidak mengetahui soal keuangan. Ya, kehidupan akan menjadi kacau karena keuangan berantakan. Untuk itu, sangat penting mempelajari keuangan sejak dini, mulai dari cara mengelola keuangan, menabung, hingga investasi.

Jika keuangan sudah terlatih dengan baik, maka kondisi keuangan akan tetap dalam kondisi aman. Kalaupun ada masalah keuangan yang datang, Anda bisa segera mencari solusinya dengan cepat dan tepat.

Anda bisa belajar keuangan dari mana saja dan kapan saja. Tak melulu harus datang ke kelas, Anda bisa belajar keuangan secara online dengan membaca tips-tips kelola keuangan di Cermati.com

Baca Juga: Bagi Pasangan Muda, Inilah Cara yang Benar saat Mengelola Keuangan