7 Makanan yang Bisa Cepat Sembuhkan Luka

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, wajar saja kalau seseorang mengalami cidera yang biasa disebabkan karena benturan benda keras atau benda tajam yang dapat menimbulkan luka di bagian tertentu. Misalnya saja, saat sedang memotong bawang tanpa disadari jari tersayat pisau atau saat sedang bersepeda, tiba-tiba jatuh dan sebagainya.

Ketika sudah terluka, maka hal pertama yang dilakukan untuk menangani lukanya adalah pemberian obat seperti cairan antiseptik, salep dan masih banyak lagi jenisnya. Namun, biasanya dalam penyembuhan luka butuh waktu tergantung dari kondisi luka yang dialami.

Nah, untuk mempercepat penyembuhan luka, Anda bisa membantunya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung zat tertentu untuk menumbuhkan sel-sel baru di bagian yang rusak karena luka tersebut. Berikut 7 makanan sehat yang bisa dicoba.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Seafood

seafood
Seafood

Seafood memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh terutama dalam memproduksi kolagen. Zinc berperan memaksimalkan fungsi imun dan enzim untuk memilah sumber protein dan mengubahnya menjadi asam amino yang bagus untuk mendukung pertumbuhan sel-sel otot.

2. Lemon

minuman lemon
Minuman Lemon

Buah lemon memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sehingga buah ini banyak digunakan untuk merawat kulit supaya lebih bersih dan kinclong. Selain itu, vitamin C juga bagus untuk mempercepat proses penggantian lapisan kulit baru akibat luka sayatan atau luka robek.

Rasanya yang sangat asam membuat orang jarang sekali menyantapnya secara langsung. Namun, tak ada masalah jika lemon ini dijadikan minuman segar seperti perasan air lemon yang dicampurkan dengan air putih, es batu dan sedikit gula atau madu maupun lemon tea. Lakukanlah secara rutin, agar luka bisa cepat pulih dan kulit kembali seperti semula.

3. Labu

Labu
Labu

Biasanya, labu ini sering dikonsumsi seseorang yang menderita sakit maag sebagai pengganti nasi karena labu juga mengandung karbohidrat yang mampu menahan rasa lapar dikala waktu senggang atau jam makan belum tiba.

Tak hanya itu saja, labu juga mengandung magnesium yang bagus untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses pertumbuhan sel-sel kulit baru. Sehingga lapisan kulit yang rusak akibat cedera bisa segera diganti dengan lapisan kulit yang baru.

Baca Juga: Sakit Kepala: Penyebab Sakit Kepala, dan Cara Menghilangkan Sakit Kepala yang Perlu Kamu Tahu

4. Daging Merah

Daging Merah
Daging Merah

Tubuh manusia secara tidak langsung dapat menghasilkan kreatinin secara sendirinya. Dimana kreatinin ini berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan sel-sel otot pada tubuh, yang bisa dibantu dengan melakukan olahraga secara rutin. Akan tetapi, jangan terlalu mengandalkan cadangan kreatinin yang ada di dalam tubuh.

Sebaiknya, konsumsilah makanan yang mengandung kreatinin tinggi seperti daging merah untuk mengganti lapisan kulit yang rusak akibat cedera. Aturlah jadwal makan daging selama proses penyembuhan luka, sebab tubuh hanya mampu memproduksi kreatinin sekitar 1 gram saja setiap harinya. Sebagai acuannya, pada 1,5 kg daging steak mentah terdapat kurang lebih 2 gram kreatin, maka Anda bisa makan daging merah sekiranya kurang dari itu.

5. Semangka

semangka
semangka

Kinerja DNA yang baik akan mempercepat proses pembentukan sel-sel baru dalam tubuh manusia, termasuk sel-sel kulit yang rusak akibat cedera yang terjadi. Dengan bantuan senyawa inositol, kerja DNA pun akan semakin bagus lagi. Senyawa inositol bisa Anda dapatkan di buah semangka yang sangat lezat dan segar. Semakin banyak potongan semangka yang dikonsumsi, semakin banyak senyawa inositol yang didapat, sehingga semakin cepat pula proses penyembuhan luka.

6. Telur

telur
Telur

Tidak hanya bagus untuk merangsang pertumbuhan otak untuk anak-anak saja, tapi kandungan protein yang terdapat pada telur juga berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Uniknya lagi, protein pada telur juga akan melawan kuman dan bakteri yang mungkin datang selama proses penyembuhan luka. Sehingga luka tetap terjaga dari serang berbagai macam bakteri sampai semua lapisan kulit yang rusak tertutup dengan lapisan kulit yang baru.

Baca Juga: 7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi

7. Suplemen Glukosamin

Suplemen
Suplemen

Selain mengonsumsi buah-buahan, sayur-mayur, daging merah, dan aneka seafood lainnya, Anda juga bisa menambahkan suplemen glukosamin untuk membantu proses pertumbuhan sel-sel kulit baru akibat cedera yang dialami. Selain itu, glukosamin juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada tulang dan sendi yang mungkin timbul akibat aktivitas harian.

Senyawa glukosamin sebenarnya sudah tersedia secara otomatis di dalam tubuh manusia. Namun, jumlahnya tidaklah sebanding dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh selama proses recovery luka, sehingga suplemen glukosamin juga diperlukan.

Konsumsi Makanan Begizi

Rasa sakit yang dialami akibat cedera memang membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Namun, rasa sakit tersebut bisa diatasi dan luka bisa dipulihkan dengan makanan-makanan sehat yang mengandung berbagai macam kandungan gizi, vitamin serta zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Ini bisa Anda temukan di buah-buahan, sayur-mayur, daging, ikan-ikan segar, dan suplemen tambahan. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan luka cedera juga bisa cepat pulih.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat