7 Panduan Dapatkan Harga Sewa Apartemen Murah

Berbicara mengenai kenyamanan, tinggal di apartemen tentu lebih nyaman dibandingkan kos-kosan. Fasilitas di apartemen jauh lebih lengkap dan bisa dimanfaatkan sebebas mungkin tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Sayangnya, harga sewa apartemen yang mahal terkadang menjadi problema tersendiri terutama untuk kamu yang baru meniti karier. Lantas, bagaimana cara agar keinginan tercapai?

Disini sudah ada beberapa panduan yang akan membantumu untuk mendapatkan harga sewa apartemen yang murah. Yuk, disimak!

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Cari referensi dan bandingkan

loader

Sebelum deal dengan pemiliknya, sebaiknya cari referensi apartemen lain yang masih berdekatan. Biarpun berdekatan, harganya pasti berbeda, begitu pula dengan fasilitasnya. Setelah kamu menemukan berbagai referensi apartemen yang menurutmu oke, segera bandingkan harganya. 

Pilihlah yang sesuai total penghasilanmu per bulan. Jika terlalu mahal, yang ada kamu akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lain. 

2. Cek lokasi dan jarak

Selanjutnya adalah mencari tahu lokasi apartemen tersebut. Usahakan agar akses ke lokasinya mudah untuk mengurangi biaya transportasi. Biasanya tempat tinggal yang aksesnya mudah sering dilintasi oleh transportasi umum, jadi kamu tidak perlu naik ojek online atau bawa kendaraan sendiri setiap hari.

Memang, harga sewa di lokasi yang aksesnya mudah lebih mahal dibandingkan lokasi lain. Tapi kalau dihitung-hitung lebih menguntungkan, kenapa tidak?

Toh, kalau kamu tinggal di lokasi yang jaraknya agak jauh, banyak effort yang harus dikeluarkan setiap hari sebelum beraktivitas. Apalagi kalau sudah bekerja, kamu harus bangun lebih awal agar lebih cepat sampai ke kantor.

Baca Juga: Hore! Beli Rumah dan Apartemen Mewah Hanya Bayar PPh 1%

3. Fasilitas yang ditawarkan

loader

Fasilitas menjadi alasan kenapa banyak orang, termasuk kamu memilih untuk menyewa apartemen daripada rumah dan kos-kosan. Tapi ketahuilah, tidak semua apartemen menawarkan fasilitas lengkap seperti yang diharapkan. 

Terkadang, ada yang membatasi akses untuk beberapa fasilitas, seperti Wi-Fi. Beberapa pemiliknya justru belum memasang Wifi di apartemen miliknya. Mau tidak mau, kamu harus pasang sendiri agar bisa browsing sepuasnya. 

Sebaiknya cari tahu kelengkapan fasilitasnya terlebih dahulu sebelum deal dengan pemiliknya. Jika fasilitasnya kurang lengkap, kamu bisa minta waktu untuk berpikir sejenak sambil mencari referensi apartemen lain. Siapa tahu ada yang lebih murah dan fasilitasnya lebih lengkap. 

4. Biaya parkir yang terjangkau

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, penting untuk menanyakan area parkir sebelum menyewa apartemen. Sebab, disinilah kamu akan mengistirahatkan kendaraan milikmu sebelum akhirnya digunakan kembali untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

Tanyakan apakah parkirnya gratis atau berbayar. Beruntunglah kalau gratis, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar parkir. 

Jika parkir berbayar, tanyakan tentang paket langganan selama satu bulan. Biaya berlangganan biasanya lebih murah, jadi jangan sungkan.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Beli Apartemen yang Nyaman

5. Sewa secara tahunan

loader

Apa saja yang dibayar secara tahunan biasanya lebih murah dibandingkan harian atau bulanan. Hal ini juga berlaku saat menyewa apartemen, makanya jangan ragu untuk langsung sewa setahun kalau kamu yakin akan betah di sana. 

Selisih harganya memang tidak terlalu signifikan, yaitu antara Rp 300-700 ribu per tahun. Cukup lumayan, bukan? Uangnya bisa kamu pakai untuk nongkrong sama teman-teman. 

Sayangnya, tidak semua pemilik apartemen menawarkan sewa tahunan. Sebaiknya tanyakan dulu kepada pemiliknya, ya! Jika tidak bisa, kamu coba cari apartemen lain di sekitarnya. 

6. Tinggal bersama

Tinggal bersama juga opsi terbaik untuk dapatkan harga sewa apartemen murah. Sebab, biaya rutin yang ada kaitannya dengan apartemen menjadi tanggung jawab bersama. Mulai dari biaya sewa, listrik, air, bahkan makanan pun bisa masuk dalam pengeluaran bersama.

Tugasmu sekarang adalah mencari teman yang mau tinggal bersama di apartemen. Bisa itu keluarga, sepupu, atau teman kantor. 

Cari orang yang pengertian karena akan ada banyak sekali perbedaan di antara kalian berdua, terutama dalam keseharian. Pastikan dia bisa menerimamu, begitu pula sebaliknya. 

7. Kondisi apartemen masih bagus

loader

Jika kamu mau menjelajah, sebenarnya ada beberapa apartemen yang disewakan dalam kondisi kurang baik. Misalnya, keran air macet, air kurang bersih, ada kebocoran, dan lainnya. 

Penting untuk datang langsung ke lokasi untuk mengecek kondisi apartemen yang sesungguhnya. Sebab, gambar tidak selalu sesuai realita. 

Aturlah jadwal temu dengan pemiliknya agar kamu bisa melihat-lihat sekaligus bertanya tentang hal yang berhubungan dengan sewa. Alhasil, potensi terjadinya penyesalan setelah membayar sewa tidak terjadi padamu.

Tentukan Kriteria Apartemen Idaman

Range harga apartemen berbeda-beda, tergantung lokasi, kondisi bangunan, dan fasilitas yang ditawarkan. Tentukan kriteria apartemen idamanmu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencari apartemen yang ingin ditempati. 

Kriteria ini bisa kamu filter sewaktu mencari apartemen lewat sebuah aplikasi atau website, jadi proses pencariannya semakin mudah dan efektif. 

Baca Juga: Tips Memiliki Rumah untuk Para Generasi Millenial