Estimasi Biaya Bikin Dapur Minimalis Modern Mewah, Intip Yuk!

Tidak hanya ruang tamu, dapur pun kerap kali menyita perhatian penghuni rumah. Dapur cantik mewah dengan penataan peralatan dapur yang pas dipercaya dapat meningkatkan kenyamanan saat memasak. Alhasil, memasak menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan di rumah.

Sudahkah dapur di rumah sesuai dengan keinginanmu? Jika belum, apa salahnya untuk melakukan sedikit renovasi untuk dapatkan dapur impian. Biaya yang diperlukan dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing, jadi tidak perlu sampai berutang saat merenovasi dapur.

Baca Juga: Desainer Interior: Tanggung Jawab, Skill, Spesialisasi, dan Peluang Kariernya

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Bikin Dapur Minimalis Modern Mewah

loader

Dapur Minimalis

Biaya yang perlu disiapkan untuk merenovasi dapur tentu berbeda-beda. Dapur dengan ukuran yang lebih luas biasanya menghabiskan biaya lebih besar dibandingkan dapur minimalis. Selain ukuran, faktor lain yang mempengaruhi biayanya adalah sebagai berikut.

  1. Desain Dapur

    Rumah minimalis memiliki ukuran yang lebih kecil daripada rumah mewah. Maka dari itu, setiap ruangnya harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar tidak ada ruangan yang tidak terpakai. Konsep dapur minimalis sebaiknya menggunakan dekorasi yang sederhana, tapi dilengkapi dengan peralatan yang fungsional.

    Ide tentang desain dapur bisa dicari di sosial media, seperti Instagram atau Pinterest. Sesuaikan dengan space dapur yang ada di rumah, lalu mulailah membayangkan tata letaknya. Kamu bisa gunakan kreativitas sendiri untuk merancang desain, jadi tidak perlu menyewa desain interior untuk membuat konsepnya.

  2. Penggunaan Cat Dinding

    Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan cat dinding penting diperhatikan, karena akan mempengaruhi hasil akhir dapur itu sendiri. Pilih warna cat dinding yang sesuai keinginan untuk meningkatkan mood saat memasak. Setiap kali melihat dindingnya, suasana hati bisa menjadi lebih baik. 

    Untuk menghindari warna yang terlalu kontras dengan warna cat dinding lainnya, sebaiknya pilihlah warna netral. Misalnya, cream, ecru, putih, abu-abu, atau biru muda. Kamu bisa beli cat berukuran 10kg untuk mengecat seluruh bagian dapur. 

  3. Jumlah Peralatan Dapur

    Semakin banyak peralatan dapur yang dibeli, semakin besar pula biaya renovasi dapur minimalis yang perlu disiapkan. Tidak ada salahnya untuk memakai peralatan dapur yang lama, terutama kalau masih bisa digunakan. Hal ini adalah cara untuk menghemat, jadi dananya bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

    Fokuslah untuk membeli peralatan yang benar-benar sudah tidak bisa digunakan. Kamu bisa beli kitchen set sekaligus yang biasanya jauh lebih murah daripada beli satu per satu. Beli sesuai kebutuhan saja mengingat space di dapur yang cukup terbatas.

  4. Penggunaan Meja Granit

    Untuk menambah keindahan dapur, kamu bisa gunakan meja granit atau batu tempel. Keduanya tentu memiliki perbedaan. Meja tempel biasanya diletakkan di bagian paling depan untuk meningkatkan kesan estetik.

    Sedangkan meja granit ditempatkan di bagian pinggir yang sebelumnya harus dihaluskan terlebih dahulu. Tujuannya agar pinggiran meja tidak melukai siapapun yang menyentuh permukaan meja. Meja granit memiliki corak beragam yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

  5. Kompor dan Wastafel

    Jika ingin dapur kelihatan lebih mewah, kamu bisa mengganti kompor gas menjadi kompor tanam. Pemakaian kompor tanam dianggap lebih aman karena memiliki timer yang dapat diatur saat memasak. Alhasil, risiko terjadinya kebakaran dapat diminimalisir dengan baik.

    Selain kompor, kamu pun bisa mengganti bagian wastafel dengan sink kesan minimalis. Sentuhan warna putih dan hitam bisa menjadi pilihan. Antara kompor tanam dan wastafel bisa diatur berdekatan agar kamu dapat menggunakan keduanya secara maksimal saat memasak.

  6. Upah Tukang Bangunan

    Mengingat dapur di rumah minimalis tidak terlalu besar, maka 2 orang tukang saja sudah cukup untuk menyelesaikan renovasi. Tentunya, dengan waktu pengerjaan yang singkat yaitu 3-4 hari. Masing-masing upah tukang sebesar Rp180.000 per hari. 

    Kamu bisa berikan gambaran desain dapur elegan mewah yang sudah dipikirkan di awal. Kemudian, diskusikan mengenai pengerjaannya dengan para tukang. Jika tukang memberikan masukan, tidak ada salahnya untuk diaplikasikan demi dapatkan dapur idaman.

Baca Juga: Ingin Membeli Rumah Kedua? Berikut Tips Memilih yang Lebih Baik

Estimasi Biaya untuk Bikin Dapur Minimalis Modern Mewah

Sekarang mari bahas tentang biaya yang perlu disiapkan untuk membuat dapur minimalis modern mewah. Ini hanya estimasinya saja agar kamu bisa menyiapkan biayanya nanti. Yuk, disimak!

  • Tukang bangunan: Rp1.440.000.
  • Cat: Rp300.000.
  • Keramik dinding: Rp300.000.
  • Meja granit: Rp1.000.000.
  • Pelapis meja: Rp50.000.
  • Pasir: Rp300.000.
  • Batu bata: Rp100.000.
  • Batu tempel: Rp350.000.
  • Semen: Rp100.000.
  • Besi: Rp150.000.
  • Kompor tanam: Rp2.000.000.
  • Wastafel: Rp1.200.000.

Total biaya: Rp7.290.000.

Biaya di atas di luar biaya untuk membeli peralatan dapur, karena sifatnya opsional. Kamu bisa beli, bisa juga tidak. Biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan harganya langsung ke toko bangunan. 

Tips Bikin Dapur Minimalis Modern Mewah

Siapa yang tidak ingin dapurnya terlihat estetik, mewah, dan nyaman? Semuanya pasti ingin, karena hal ini dapat mempengaruhi mood  saat memasak. Agar hasilnya sesuai ekspektasi, berikut tips bikin dapur yang perlu diperhatikan.

  1. Buatlah Rencana Terlebih Dahulu

    Renovasi dan membangun dapur dari awal adalah dua hal yang berbeda. Tentukan mana pilihanmu, lalu buatlah rencananya. Mulai dari desain, peralatan yang akan digunakan, tata letak peralatan dapur.

    Jika kamu berencana menggunakan kitchen set, cari tahu harganya terlebih dahulu. Bandingkan pula kelebihan dan kekurangan antara kitchen set aluminium dan kayu. Dengan mengetahui hal ini, kamu pun dapat menghindari adanya penyesalan di kemudian hari.

  2. Manfaatkan Peralatan Lama

    Untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan, sebaiknya manfaatkan peralatan lama yang masih bagus. Misalnya, peralatan makan atau elektronik. Kamu tidak perlu membeli peralatan baru untuk menciptakan kesan dapur yang elegan dan mewah.

    Kamu bisa tambahkan hiasan atau pernah-pernik tertentu di dapur untuk mempercantik hasilnya. Misalnya, menambahkan vas bunga di meja makan atau rak botol untuk menyimpan botol minuman. Kamu bisa pilih warna yang sesuai kontras warna dapur secara keseluruhan agar tidak menyakiti mata.

  3. Lakukan Riset Harga Material

    Material yang digunakan untuk dapur mempengaruhi pengeluaran secara menyeluruh, lho! Penting untuk melakukan riset harga terlebih dahulu untuk mengetahui kisaran harga pastinya. Apalagi kamu tahu kalau harga material bangunan sewaktu-waktu dapat naik.

    Ada dua cara yang bisa digunakan untuk melakukan riset harga, yaitu dengan datang ke toko bangunan atau cek di platform online. Amannya sih cek langsung ke toko agar kamu tahu kualitas dari materialnya juga. Di sisi lain, kamu dapat menanyakan kualitas material terbaik untuk dapur idamanmu.

  4. Ganti Lampu Dapur

    Pencahayaan kerap kali dilupakan oleh seseorang yang berencana merenovasi atau membangun dapur. Padahal, pencahayaan sangat mempengaruhi estetika dapur itu sendiri. Pencahayaan yang baik juga membuat aktivitas memasak menjadi mudah dan menyenangkan.

    Di sini kamu bisa gunakan pencahayaan alami atau lampu. Jika kamu prefer ke pencahayaan alami, pastikan dapur memiliki satu buah jendela. Setiap kali memasak, kamu bisa membuka jendela tersebut agar cahaya alami bisa menembus dapur.

  5. Atur Sedemikian Rupa

    Pengaturan sedemikian rupa diperlukan, terutama untuk peralatan memasak. Mulai dari sendok, garpu, piring, kabinet, wastafel, hingga alat-alat elektronik. Pengaturan dibutuhkan agar dapur tertata rapi dan enak dilihat.

    Untuk alat-alat makan, kamu bisa simpan di kabinet dapur agar meja yang digunakan untuk memasak menjadi luas. Jangan ragu untuk memanfaatkan sudut dapur untuk menyimpan peralatan dapur. Misalnya, mesin kopi atau pisau.

  6. Selektif Memilih Tukang Bangunan

    Tips terakhir adalah selektif memilih tukang bangunan. Tidak semua tukang bangunan paham tentang konsep dapur yang diinginkan. Alih-alih ingin dapatkan dapur elegan mewah, malah dapat dapur yang biasa saja.

    Kamu pasti tidak menginginkan hal ini, kan? Maka dari itu, diskusikanlah terlebih dahulu dengan tukang bangunan tentang konsep atau desain dapur yang diinginkan. Jika cocok, baru pakai jasa tukang tersebut untuk membangun dapur milikmu.

Cari Referensi Desain Dapur Sebanyak-banyaknya

Itu dia estimasi biaya yang perlu disiapkan bila kamu berencana untuk merenovasi dapur dalam waktu dekat. Sebelum pembangunan dimulai, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari referensi desain dapur sebanyak-banyaknya, lalu pilih satu desain yang paling disukai. Sesuaikan desain dengan peralatan dapurnya agar terdapat kecocokan yang dapat menambah nilai estetika dapur milikmu.

Baca Juga: Mengapa Jepang Punya Banyak Rumah Kosong? Berikut Alasannya!