7 Tips Cerdas Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Kendaraan bermotor merupakan salah satu aset dengan nilai yang tinggi. Jika melihat kenyataan tersebut, wajar saja bila kebanyakan pemilik kendaraan bermotor menggunakan layanan asuransi kendaraan pada aset tersebut. 

Asuransi akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor, baik itu atas resiko kerusakan maupun resiko kehilangan. 

Sama seperti produk asuransi lainnya, kamu juga bisa menemukan banyak pilihan asuransi kendaraan di pasaran. Perusahaan asuransi juga menawarkan berbagai kelebihan pada produk mereka, sehingga kamu bisa memilih dengan leluasa. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan  saat memilih asuransi kendaraan bermotor: 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

loader

Langkah pertama yang perlu kamu putuskan adalah menentukan jenis perlindungan apa yang dibutuhkan kendaraan tersebut. 

Hal ini bisa kamu ditentukan dengan melihat kondisi kendaraan kamu secara detail,  seperti kondisi mesin, usia dan hal lainnya. Spesifikasi kendaraan juga  akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak  perusahaan asuransi  dalam menentukan premi.

Ada dua jenis pilihan asuransi kendaraan bermotor yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan,  antara lain: 

  • Asuransi All Risk (Comprehensive)

Jenis asuransi yang satu ini akan memberikan perlindungan pada hampir semua resiko yang mungkin terjadi  pada kendaraan,  mulai dari kecelakaan yang berskala besar hingga kecelakaan kecil sekalipun.  Namun produk ini juga memiliki beberapa pengecualian  pertanggungan. 

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi yang satu ini hanya memberikan jaminan atas kerusakan yang mencapai 75% atau kehilangan saja,  dan tidak memberikan jaminan atas kerusakan kerusakan kecil pada kendaraan.

2. Pahami produk secara detail 

Masing-masing jenis asuransi akan memberikan perlindungan dan manfaat yang berbeda. Setiap perusahaan asuransi juga akan memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda-beda terkait produk yang mereka tawarkan. 

Luangkan waktu untuk mencari informasi dan mempelajarinya terlebih dahulu, agar benar-benar memahami masing-masing produk asuransi tersebut secara detail. 

Baca Juga: Asuransi Motor: Pengertian, Manfaat, Jenis, hingga Rekomendasinya

3. Jangan lupa lakukan perbandingan

loader

Jika ingin mendapatkan produk asuransi kendaraan terbaik, maka sudah tentu kamu harus mempelajari beberapa produk yang berbeda sekaligus. 

Hal ini akan memungkinkan kamu melihat apa saja keunggulan dan kekurangan dari masing-masing produk tersebut. 

Selain itu, kamu juga perlu melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk yang lainnya terlebih dahulu. 

Hal ini bisa anda lakukan dengan mendatangi langsung perusahaan asuransi yang bersangkutan. kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang akurat terkait penawaran produk asuransi yang mereka miliki.  

Namun jika anda termasuk orang yang sibuk dan sulit untuk mendatangi perusahaan tersebut secara langsung,  maka bisa mengunjungi website resmi mereka.     

4. Temukan produk asuransi yang paling tepat

Setelah semua langkah di atas, kamu tentu sudah memiliki beberapa  pilihan produk yang dijadikan sebagai pertimbangan. 

Hindari untuk mengambil keputusan  dengan terburu-buru,  kamu juga masih harus memiliki beberapa pertimbangan lainnya dalam memilih asuransi kendaraan tersebut. Hal ini penting, untuk memastikan kamu benar-benar menemukan produk yang paling tepat. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik

5. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

loader

Berbicara tentang layanan asuransi,  tentu kamu ingin bisa menikmati layanan terbaik dengan pertanggungan yang maksimal atas kendaraan.  Namun tetap harus realistis, sebab untuk menikmati layanan ini harus membayarkan sejumlah premi.  

Jangan sampai memilih produk asuransi dengan jumlah premi yang besar dan berada di luar kemampuan keuangan. 

Penting untuk menyesuaikan pilihan produk asuransi ini dengan kemampuan keuangan kamu untuk membayar preminya.  Hal ini akan membantu menghindari risiko gagal bayar atau polis lapse di masa yang akan datang. 

6. Pertimbangkan asuransi yang direkomendasi pihak dealer

Bila akan melakukan pembelian produk asuransi kendaraan bersamaan dengan pembelian kendaraan itu sendiri,  maka kamu bisa menjadikan rekomendasi dealer sebagai salah satu pertimbangan. 

Pada umumnya, pihak dealer sudah cukup berpengalaman dan paham perusahaan asuransi mana saja yang bagus dan layak untuk dijadikan sebagai pilihan. 

Namun tidak harus menjadikan rekomendasi ini sebagai satu-satunya pertimbangan dalam mengambil keputusan,  apalagi jika telah memiliki pilihan lainnya yang lebih tepat. 

7. Pilih dan gunakan layanan asuransi terbaik

loader

Selain semua langkah di atas, ada beberapa poin penting lainnya yang dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan antara lain: 

  • Kredibilitas perusahaan asuransi, 
  • Testimoni pelanggan dan rasio keluhan sebelum kamu, 
  • Bengkel rekanan yang dimiliki, 
  • Fitur layanan yang ditawarkan, dan 
  • Prosedur pengajuan klaim. 

Semua ini akan membantu kamu lebih mudah dalam memilih perusahaan asuransi yang paling tepat. 

Pilih Produk Asuransi Kendaraan Terbaik dan sesuai Kebutuhan

Memilih produk asuransi kendaraan memang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Luangkan waktu untuk mengumpulkan informasi dan melakukan perbandingan antara satu produk asuransi dengan yang lainnya terlebih dahulu.  Selain itu,  pastikan memilih produk asuransi kendaraan terbaik dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan.

Baca Juga: Tata Cara Klaim Asuransi Motor Kredit Sewaktu Kecelakaan