7 Tips Sukses Memulai Bisnis Waxing Rumahan

KOMPAS.com - Siapa sangka waxing bisa menjadi peluang usaha karena menjadi salah satu pilihan untuk merawat dan mempercantik diri, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Waxing merupakan penggunaan teknik khusus untuk menghilangkan bulu menggunakan metode, alat dan bahan tertentu. Pencabutan menggunakan teknik waxing bisa menghilangkan sekaligus menghambat pertumbuhan bulu.

Sesuai dengan namanya, bahan yang digunakan untuk waxing ini adalah wax atau lilin. Nantinya, wax ini dioleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi bulu.

Beberapa bagian tubuh yang paling umum dilakukan waxing seperti wajah, perut, betis, ketiak, sampai bagian vital. Dalam bisnis untuk kebutuhan perawatan diri tersebut, diperlukan pemahaman dasar untuk memulainya, salah satunya dalam skala rumahan.

Dilansir dari Cermati.com, terdapat 7 tips yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis waxing rumahan berikut ini:

1. Menetapkan target market

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis waxing rumahan adalah menetapkan target market. Ketika target market telah ditentukan, maka Anda bisa membuat konsep bisnis yang jauh lebih tertata.

2. Membuat konsep bisnis

Tips berikutnya adalah membuat perencanaan atau konsep bisnis. Ketika membuat konsep untuk bisnis, pastikan Anda telah menyesuaikannya dengan kondisi dan kapasitas masing-masing. Jika ingin lebih mudah, buat saja rencana beserta target dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Menyediakan peralatan dan perlengkapan

Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan sekaligus perlengkapan untuk memulai bisnis waxing. Ada baiknya memilih merk wax terbaik yang paling populer, sehingga bisnis tersebut memiliki daya pikat tersendiri di mata calon konsumen.

4. Siapkan pelayanan terbaik

Tak bisa dimungkiri, bahwa pelayanan merupakan kunci dari setiap kegiatan bisnis. Ketika Anda memberikan pelayanan terbaik dan ramah, bisa dipastikan calon pelanggan bakal nyaman hingga ketagihan datang ke jasa waxing tersebut.

Bonusnya, mereka juga pasti tak akan ragu mempromosikan bisnis waxing Anda kepada keluarga maupun kerabat terdekat.

5. Pilih strategi promosi yang tepat

Langkah paling penting untuk memulai bisnis waxing adalah memilih strategi promosi yang tepat, baik online ataupun offline. Tak ada salahnya mempromosikan jasa waxing tersebut melalui berbagai media sosial dan maksimalkan pula pemasaran secara offline.

6. Mempersiapkan izin usaha

Bisnis waxing juga membutuhkan perizinan secara resmi. Jadi pastikan saja Anda telah mengantongi surat-surat tersebut sebagai bekal memulai usaha. Perhatikan juga setiap persyaratan yang wajib dipenuhi agar Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan perasaan aman sekaligus tenang.

7. Membuat SOP

Tips berikutnya yang tak kalah penting ketika hendak memulai bisnis waxing rumahan adalah membuat SOP atau Standar Operasional Prosedur.

Sesuaikan saja konsep dan tetapkan keunggulan dari bisnis yang dilakoni untuk membuat standar operasional tersebut agar lebih mudah.

Baca juga: Cara Buka Salon Kecantikan

Di samping cara memulai bisnis tersebut, diperlukan modal untuk mendukung kelancarannya. Pertama, pastikan rumah atau tempat usaha Anda yang akan dijadikan lokasi berbisnis terjangkau dan sudah mendapatkan izin sebagai bentuk kepatuhan pada kebijakan usaha.

Lokasi bisnis ini menjadi modal utama untuk usaha Anda. Kedua, peralatan waxing yang lengkap untuk mendukung kepuasan pelayanan dari pelanggan, meski Anda harus merogoh kocek saat membeli alat dengan teknologi terkini. Ketiga, modal biaya operasional seperti air dan listrik perlu diperhatikan sebagai daftar modal, termasuk biaya tenaga pekerja yang harus menerima upah setiap bulannya.

Terakhir, untuk menyukseskan bisnis waxing Anda juga harus melakukan strategi promosi yang tepat dan memanfaatkan perkembangan digital. Tidak hanya promosi konvensional dengan brosur, tetapi juga gencar di media sosial seperti Instagram atau Facebook, juga memanfaatkan relasi terdekat dan grup WhatsApp.

Saat ini, ada banyak pelaku bisnis waxing rumahan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan perencanaan bisnis yang mumpuni agar tak kalah saing.

Kematangan rencana juga bisa membantu Anda untuk lebih siap dalam menghadapi berbagai risiko. Selain itu, bisnis waxing yang dijalankan berpotensi meraup keuntungan sesuai keinginan. Selamat mencoba ya!