9 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Memilih Pensiun Dini

Pensiun dini terkadang dipikirkan oleh beberapa orang karena menganggap masa kerja yang sudah puluhan tahun sehingga merasa bahwa sudah waktunya untuk menikmati masa tua. Meski terasa menyenangkan, namun Anda tidak boleh gegabah dalam memutuskan pensiun dini.

Mengapa demikian? Pasalnya, pensiun dini membuatmu tidak seproduktif sekarang sehingga bekal yang dimiliki harus benar-benar cukup. Jika gegabah dalam memutuskan pensiun dini, bisa saja di masa tua keuangan bermasalah padahal saat itu sudah tidak bisa lagi produktif. Hal tersebut tentu saja berisiko besar membuat keluarga sengsara di masa tua.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan pensiun dini. Tujuannya adalah agar hidup nyaman tanpa ada masalah di kemudian hari. Penasaran apa saja hal yang perlu diperhatikan? Berikut ini diantaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan Target

loader

Hal pertama yang perlu dilakukan apabila berniat pensiun dini adalah menentukan target. Sebagai contoh misalnya di usia 45 tahun Anda berkeinginan untuk tidak bekerja lagi. Tujuannya yaitu agar bisa memperkirakan berapa besar uang yang perlu ditabung setiap bulan sehingga pensiun dini berakhir bahagia. 

Sebagai contoh, saat ini usiamu masih 20 tahun dan ingin pensiun di usia 45 tahun. Maka dalam 25 tahun sebelum pensiun, sebisa mungkin harus menabung setiap bulan dengan besar uang yang pasti, misalnya Rp 2 juta per bulan.

2. Persiapkan Dana untuk Anak

Salah satu hal terpenting yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum memutuskan pensiun dini adalah dana untuk anak, terutama biaya pendidikannya. Salah satu cara mempersiapkan dana untuk anak yaitu dengan membeli asuransi pendidikan hingga perguruan tinggi.

Baca Juga: Cara Mengatur Uang di Masa Muda Agar Hidup Sejahtera Saat Hari Tua

3. Hitung Utang

Utang merupakan hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang. Bahkan sebagian besar orang pasti memiliki cicilan atau utang. Hitung berapa besar utang yang Anda miliki, termasuk dengan cicilan bulanan yang harus dibayar. Dengan menghitung utang, akan lebih mudah mematok berapa angka uang yang harus ditabung setiap bulan dari penghasilan bulanan.

4. Hitung Biaya Hidup

loader

Selain menghitung utang, perlu juga menghitung biaya hidup yang dikeluarkan selama ini, misalnya seperti biaya pakaian, makan, transportasi, cicilan, rekreasi, dan lain sebagainya. Dari biaya hidup tersebut, Anda bisa melihat berapa besar kira-kira dana yang dibutuhkan selama 1 bulan saat sudah pensiun. Jadi Anda bisa memperkirakan uang yang akan ditabung setiap bulannya.

5. Miliki Investasi

Investasi menjadi salah satu cara untuk membantumu mempersiapkan dana pensiun. Apalagi saat ini banyak sekali instrumen yang bisa dipilih dengan risiko dan keuntungannya masing-masing. Ada investasi dengan risiko rendah namun keuntungannya rendah dan ada pula investasi dengan keuntungan tinggi namun risikonya juga tinggi. Pertimbangkan dengan baik apa jenis investasi yang cocok untukmu.

6. Buat Bisnis Kecil-kecilan

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, bisnis bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan memanfaatkan sosial media untuk berpromosi tanpa biaya. Apabila mendapatkan cukup dana, mulailah untuk mengalokasikannya pada bisnis yang bisa dijalankan saat akhir pekan.

Baca Juga: Mau Pensiun Muda yang Siap Lahir Batin? Yuk, Intip Resepnya

7. Pelajari Skill Baru

loader

Ketika memutuskan ingin pensiun dini, sebaiknya Anda mulai mempelajari skill atau keterampilan baru yang diminati. Bukan hanya untuk mengisi waktu di hari-hari pensiun, skill baru ini juga bisa mendatangkan penghasilan di masa tua. 

Sebagai contoh, Anda bisa mulai belajar membuat kue yang dapat dijual secara fleksibel ketika sudah pensiun. Jadi luangkan sedikit waktu dari kesibukan kerjamu untuk mempelajari skill baru.

8. Kelola Pesangon dengan Baik

Ketika seseorang mengajukan pensiun, perusahaan biasanya akan memberikan pesangon dalam jumlah yang cukup besar, apalagi jika Anda sudah bekerja puluhan tahun. Usahakan menggunakan uang tersebut untuk hal yang produktif misalnya seperti investasi, modal usaha, atau yang lainnya. 

9. Perluas Jaringan atau Networking

Memperluas jaringan merupakan hal paling penting yang perlu Anda lakukan saat masih bekerja dan bisa bertemu banyak orang dengan beragam profesi serta latar belakang. Pasalnya, jaringan yang dimiliki tersebut mungkin bisa membuatmu lebih aktif di masa pensiun.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Pensiun Dini

Ketahui juga kelebihan dan kekurangan dari pensiun dini sehingga Anda bisa melakukan pertimbangan dengan matang apakah memang harus pensiun dini atau tidak. Langsung saja, berikut ini kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan:

Beberapa kelebihan dari pensiun dini yaitu memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga serta bisa mengembangkan diri dimana tidak bisa Anda lakukan saat masih bekerja. Selain itu, pensiun dini juga membuatmu memiliki masa tua yang lebih bahagia dan juga nyaman.

Kekurangan:

Setiap hal pasti memiliki sisi positif dan negatif, termasuk dengan pensiun dini. Adapun kekurangan pensiun dini yang paling terasa yaitu penghasilan berkurang. Oleh sebab itu, sangat penting sekali perencanaan yang matang sebelum memutuskan pensiun dini.

Selain penghasilan yang berkurang, pensiun dini juga membuat seseorang mudah bosan, apalagi jika Anda termasuk orang yang sangat aktif. Solusi untuk menghilangkan rasa bosan tersebut yaitu mengisi waktu dengan hal-hal produktif yang bisa Anda pertimbangkan mulai sekarang.

Pertimbangkan dengan Baik

Itulah 9 hal yang harus diperhatikan dengan baik sebelum memutuskan untuk pensiun dini. Pertimbangkan dengan matang keinginan tersebut agar tidak membuatmu dan keluarga sengsara di masa tua. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Kalian yang ingin mempersiapkan hari bahagia di masa tua.

Baca Juga: Ini Dia Caranya Mengumpulkan Dana Pensiun untuk Para Wanita Karir