9 Rahasia Cara Hidup Sehat dan Awet Muda secara Alami

Di tengah hiruk pikuk kesibukan sehari-hari, sebagian orang mungkin beranggapan bahwa memiliki tubuh yang sehat, jauh dari stres, dan awet muda hanyalah mitos belaka. Akibat banyaknya aktivitas dan kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya, waktu 24 jam sehari serasa kurang untuk melakukan segala hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan kondisi seperti itu.

Belum lagi beberapa keadaan menciptakan efek beruntun yang membuat ketiga kondisi tubuh tersebut semakin mustahil untuk didapatkan. Sebagai contoh, karena terlalu sibuk menjalani hari, seseorang jadi tidak memiliki waktu untuk berolahraga dan menyegarkan kembali pikirannya. Alhasil, untuk menghilangkan stres, saat memiliki waktu luang, orang tersebut lebih memilih untuk bermalas-malasan di kamar sambil mengonsumsi makanan yang sembarangan. 

Dalam jangka panjang, hal tersebut tentu akan membuat kondisi tubuh semakin tak terjaga kesehatannya dan mempercepat proses penuaan. Lalu, adakah cara agar kebiasaan tersebut lambat laun bisa dihindari dan mampu menjalankan gaya hidup yang lebih sehat? Tentu saja ada! 

Proses penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, melalui penerapan gaya hidup yang tepat dan positif, kamu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, sembari lebih efektif menghilangkan beban pikiran yang terlalu berat. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut 9 cara hidup sehat dan awet muda, serta jauh dari stres.

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

9 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

loader

Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

  1. Jangan Biarkan Otak Stagnan

    Cara hidup sehat dan awet muda yang pertama adalah tak membiarkan otak bekerja secara stagnan. Ibarat sebuah mesin, otak juga akan menjadi kaku dan usang jika jarang digunakan untuk berpikir secara positif dan kreatif. Hal ini dibuktikan dengan proses pemindaian otak yang menunjukkan bahwa otak yang digunakan dengan cara yang berbeda dari biasanya mampu menerima aliran darah ke area yang baru serta membentuk jalur saraf yang baru. 

    Di sebuah penelitian oleh jurnal Nature di tahun 2004, beberapa partisipan diajarkan melakukan juggling. Dalam tiga bulan, dilakukan pemindaian MRI dan menunjukkan adanya pembesaran pada materi abu-abu otak mereka. Materi abu-abu tersebut bertanggung jawab pada fungsi mental lebih baik. 

    Saat partisipan studi tersebut tak lagi melakukan juggling, kondisi otak kembali menyusut. Hal tersebut membuktikan bahwa jika otak yang tetap aktif mampu meningkatkan fungsi mental dan kelincahan tubuh. Tak harus yang sulit, sekadar berusaha menyelesaikan teka-teki, bermain sudoku, maupun permainan otak lain mampu menjaga kinerja otak tetap aktif setiap harinya.

  2. Usahakan untuk Selalu Menjalin Komunikasi

    Sebagai makhluk sosial, manusia memang sejatinya harus menjalin komunikasi dan terhubung dengan baik setiap hari. Berdasarkan sebuah penelitian oleh pemerintah Amerika Serikat, isolasi sosial merupakan prediktor penurunan kondisi mental saat usia tua. 

    Sejumlah ahli tersebut percaya penurunan kognitif tersebut terjadi akibat keterampilan komunikasi yang tak digunakan. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang bergabung pada komunitas memiliki kondisi lebih sehat ketimbang mereka yang menyendiri di usia tua. Hal ini juga berkaitan dengan semakin luasnya jangkauan hubungan yang dimiliki, termasuk, keluarga, relasi kerja, teman, dan sebagainya.

  3. Jadikan Olahraga Sebagai Rutinitas Setiap Hari

    Sudah bukan rahasia lagi jika rajin berolahraga merupakan kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, tak sedikit pula yang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik yang ringan mampu membuat pikiran menjadi lebih encer dan menghilangkan stres. Di sisi lain, tubuh yang jarang beraktivitas atau digunakan untuk bergerak, perubahan fisik akibat penuaan akan lebih kentara, misalnya, penambahan lemak, postur tubuh memburuk, dan juga kehilangan otot. 

    Dengan berolahraga, kamu juga bisa menjaga kesehatan organ jantung. Tak harus sulit, cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari dengan santai mampu memberikan dampak yang besar bagi kondisi tubuh dan mental seseorang. 

  4. Perbanyak Asupan Ikan Berminyak

    Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak ikan, seperti, makerel, salmon, tuna, dan herring mampu memberikan tubuh asupan omega-3 atau asam lemak esensial. Kandungan tersebut terbukti mampu menjaga tubuh dari risiko penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, dan juga diabetes tipe ll. Tak berhenti sampai di situ, omega-3 dipercaya pula dapat menjaga elastisitas kulit dan membuatnya terhidrasi sehingga mencegah munculnya keriput. 

    Sebuah penelitian dari Rush University, Chicago, di tahun 2005 juga menguak fakta tentang manfaat ikan berminyak yang mampu memperlambat penurunan mental akibat penuaan. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi ikan berminyak sebanyak 1 kali dalam seminggu mampu memperlambat proses penuaan kognitif mencapai 13 persen setiap tahunnya.

  5. Mulai Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

    Tak dapat dipungkiri jika tubuh membutuhkan asupan antioksidan agar tetap sehat. Kandungan tersebut juga berperan dalam menghalau aktivitas radikal bebas yang semakin meningkat akibat produksi antioksidan alami oleh tubuh menurun. Beberapa jenis makanan yang kaya akan antioksidan dan disarankan untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan terjaga kondisi mentalnya adalah buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. 

  6. Lebih Aktif Melakukan Hubungan Intim

    Cara hidup sehat dan awet muda selanjutnya adalah dengan rutin melakukan hubungan intim. Aktivitas seks mampu meningkatkan keintiman secara emosional, mengurangi stres, membuat tubuh rileks, serta merasa lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehidupan seks yang aktif dan juga memuaskan cenderung membuat seseorang merasa lebih sehat dan bugar. 

    Di sisi lain, kaum hawa yang merasa terpuaskan kuantitas dan kualitas seksualnya mempunyai harapan hidup 1,5 tahun lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak. Sedangkan untuk kaum pria yang merasakan orgasme lebih banyak dalam setahun mampu menambah harapan hidup sampai 3 tahun. 

  7. Tumbuhkan Sikap Percaya Diri

    Selain menjaga kondisi fisik, mental, serta sosialnya, orang yang mampu menginjak usia senja diketahui memiliki efikasi diri atau self efficacy yang lebih tinggi. Efikasi diri sendiri adalah perpaduan dari kepercayaan serta keyakinan akan diri sendiri. 

    Orang yang memiliki efikasi diri tinggi lebih cenderung menjadikan masalah sebagai hal yang menantang dan harus dihadapi. Sementara itu, kemunduran atau kegagalan dianggap sebagai alasan yang mampu meningkatkan kemampuan dan pengalaman berharga untuk ke depannya. 

  8. Tingkatkan Kekuatan Otot dan Stamina

    Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa pria usia 70 tahun dengan kebiasaan mengangkat beban secara rutin selama 10 tahun lebih mempunyai kondisi otot selayaknya orang berumur 28 tahun. Melakukan sejumlah sesi latihan fisik pada rutinitas olahraga mingguan dapat menjadi pilihan yang bijak jika kamu ingin mempertahankan kondisi dan massa otot saat ini.

    Fleksibilitas otot pun akan mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia karena jaringan ikat pada otot menegang, persendian lebih kering, dan otot memendek akibat cairan sinovial yang mengering. Cara untuk menyiasati masalah penuaan tersebut adalah dengan rutin melakukan peregangan dan mobilisasi guna membantu meredakan efek penuaan di otot dan juga sendi. 

  9. Jaga Kesehatan Kulit

    Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian miliki tubuh sehat, pikiran jauh dari stres, dan awet muda adalah dengan melindungi kesehatan kulit. Terdapat 2 faktor yang memengaruhi penuaan, yakni, faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi gen yang diwariskan, sedangkan untuk faktor ekstrinsik meliputi kebiasaan merokok dan paparan sinar matahari. 

    Apabila kamu seorang perokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Kebiasaan merokok juga mampu memicu perubahan biokimia pada tubuh yang mampu mempercepat proses penuaan. Seseorang yang aktif merokok hingga 10 batang per hari, bahkan lebih, selama 10 tahun lebih mungkin untuk mengalami masalah kulit kasar dan keriput dibandingkan dengan non perokok. 

    Selanjutnya, jika sering terpapar sinar matahari, biasakan untuk menggunakan pelindung matahari atau sun block pada kulit mulai dari sekarang. Dengan mendapatkan perlindungan dari sinar ultraviolet, kulit akan terjaga dari risiko kerusakan dan perubahan, sebagai contoh, muncul bintik penuaan, kerutan halus, dan pembuluh darah terlihat. 

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri

Saatnya Wujudkan Mimpi Miliki Tubuh Sehat, Awet Muda, dan Bebas Stres

Setelah mengetahui 9 cara hidup sehat dan awet muda, kamu bakal menyadari bahwa mendapatkan tubuh sehat, awet muda, dan bebas stres tak sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa menjalani semua aktivitas tersebut dimanapun dan kapanpun diinginkan. Yang terpenting adalah lakukan secara rutin dan disiplin agar mimpi tersebut bisa terwujud. 

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat