Ada Masalah pada Listrik, Jangan Panik! Segera Hubungi Layanan PLN 123

Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa disingkat PLN adalah sebuah badan usaha yang bertugas menyediakan dan menyalurkan listrik di seluruh wilayah Indonesia. Terlihat dari namanya, PLN adalah badan usaha milik negara.

Memiliki tanggung jawab dalam melayani kebutuhan masyarakat, terutama dalam bidang kelistrikan. Namun, dalam mengemban tugas tersebut, PLN harus berusaha ekstra keras agar kepuasan pelanggan senantiasa terjaga.

Salah satu cara yang dilakukan oleh PLN dalam upaya menjaga kualitas pelayanan adalah dengan mengeluarkan nomor call center yang dikenal dengan PLN 123. Dengan adanya PLN 123, pelanggan dapat melakukan pengaduan atau mendapatkan informasi mengenai layanan PLN yang terbaru.

Memiliki fungsi penting dalam menjaga kualitas pelayanan, PLN 123 adalah layanan PLN yang wajib dipahami oleh setiap masyarakat Indonesia. Untuk itu, agar lebih mengerti tentang apa itu PLN 123, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Resmi Hadir, Simak Keunggulan, Biaya dan Cara Pasang Internet ICONNET PLN

Apa Itu Layanan PLN 123?

loader

Hubungi PLN 123

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, PLN 123 adalah sebuah layanan dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan adanya layanan PLN 123 ini, pelanggan diharapkan dapat mengadukan segala hal yang berkaitan dengan pelayanan PLN. Layanan PLN 123 juga terus aktif selama 24 jam sehari.

Melalui layanan PLN 123, masyarakat juga dapat mengajukan permintaan pemasangan listrik sambungan baru, mengganti daya listrik, pemasangan layanan listrik sementara, dan juga melaporkan masalah atau gangguan yang dialami pelanggan. PLN 123 juga dapat memberikan informasi perihal tagihan listrik dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, pelanggan PLN tidak perlu mengunjungi kantor resmi PLN dalam melakukan pengaduan gangguan ataupun permintaan pemasangan jalur listrik baru.

Cara Menghubungi Layanan PLN 123

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, PLN telah meluncurkan layanan PLN 123 di berbagai platform. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat dengan mudah menghubungi layanan PLN 123 24 jam tersebut. Berikut beberapa platform PLN 123, antara lain:

  1. Saluran Telepon 123

    Jika ingin menghubungi layanan PLN 123, kamu dapat menggunakan saluran telepon ataupun handphone. Untuk pengguna telepon, bisa juga melalui layanan PLN 123 dengan nomor 123. Sementara untuk pengguna telepon genggam, hanya perlu menambahkan kode area tempat di mana kamu tinggal. 

    Sebagai contoh, jika tinggal di Jakarta, gunakan format nomor (021) 123. Akan tetapi, menghubungi layanan PLN 123 melalui telepon genggam akan dikenakan biaya pulsa. Untuk itu, pastikan memiliki pulsa yang cukup.

  2. Media Sosial

    Layanan PLN 123 juga dapat dihubungi melalui beberapa jejaring sosial media populer, seperti Twitter dan Facebook secara gratis. Bagi pengguna Twitter, dapat menghubungi layanan PLN 123 melalui akun @pln_123. Untuk Facebook, layanan PLN 123 memiliki nama PLN 123. Jadi, kamu dapat dengan mudah mencari layanan PLN 123 di media sosial Twitter dan Facebook.

    Sementara itu, melalui email atau surat elektronik, kirim ke alamat pln123@pln.co.id.

  3. Aplikasi PLN Mobile

    PLN juga telah meluncurkan sebuah aplikasi smartphone dengan nama PLN MOBILE. Tentunya, layanan PLN MOBILE ini cukup memudahkan pelanggan yang memiliki ponsel pintar. Aplikasi PLN MOBILE dapat dengan mudah diunduh secara gratis di App Store ataupun Play Store di smartphone.

    Melalui aplikasi PLN MOBILE, pengguna bisa mendapatkan ragam fitur menarik mengenai layanan PLN, di antaranya tagihan serta riwayat pembelian dan pengisian token listrik pra bayar, bisa mengajukan permohonan pemasangan listrik baru, pengubahan daya listrik, dan juga penyambungan listrik sementara. Selain itu, pengguna juga dapat melihat informasi mengenai tarif listrik dan juga berita terbaru mengenai PLN dan sebagainya.

  4. Situs PLN

    Selain itu, pengaduan laporan gangguan PLN juga dapat dilakukan melalui situs dan surel resmi PLN. Dengan begitu, laporan yang disampaikan kepada PLN dapat langsung diketahui dan ditangani oleh layanan PLN 123.

Baca juga: Biaya Pasang Listrik Terbaru: Rincian dan Cara Pendaftarannya

Jenis Gangguan Listrik yang Bisa Dilaporkan Melalui PLN 123

Layanan PLN 123 tentu akan menerima segala jenis gangguan listrik yang dilaporkan oleh pelanggannya. Beberapa jenis gangguan tersebut bahkan bisa sangat mengganggu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, terlebih jika masalah kelistrikan terjadi pada malam hari.

Berikut berbagai jenis gangguan listrik yang perlu masyarakat ketahui, yaitu:

  1. Power Failure

    Jenis gangguan listrik inilah yang kerap disebut dengan istilah mati lampu. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah hilangnya sumber listrik dari mesin utama atau pusat.

  2. Power Surge

    Power surge merupakan gangguan listrik yang terjadi saat voltase listrik secara tiba-tiba meningkat 2 kali lipat. Salah satu penyebab utama dari gangguan listrik ini adalah sambaran petir dan semacamnya.

  3. Power SAG

    Jika power surge terjadi saat voltase listrik mendadak tinggi, power SAG terjadi saat voltase turun hingga sebanyak 80%. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah penggunaan listrik yang melebihi daya yang terpasang di rumah ataupun kantor.

  4. Over Voltage dan Under Voltage

    Over voltage dan under voltage adalah gangguan listrik yang jarang sekali disadari oleh pengguna layanan PLN. Karena tidak menyebabkan gangguan listrik seperti mati lampu, gangguan listrik ini sering kali baru diketahui setelah berlangsung selama beberapa waktu. Jika terlalu lama dibiarkan, gangguan listrik jenis ini dapat membuat peralatan elektronik cepat rusak.

  5. Electrical Line Noise

    Electrical line noise dapat terjadi karena adanya gelombang listrik yang tidak tepat. Penyebabnya bisa jadi karena adanya sambaran petir, frekuensi radio, hingga pemasangan listrik yang kurang tepat.

  6. Switching Transient

    Switching transient terjadi saat voltase mengalami penurunan dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya, gangguan listrik jenis ini hanya terjadi dalam beberapa nano detik saja dan tidak terlalu mengganggu aktivitas pengguna.

    Dengan banyaknya gangguan listrik yang mungkin terjadi, kamu dapat dengan mudah menghubungi layanan PLN 123 untuk menyampaikan masalah tersebut. Jadi, tidak perlu risau dengan gangguan listrik yang tengah terjadi.

Melaporkan Masalah Listrik Makin Mudah

Sebagai penyedia layanan listrik di seluruh wilayah Indonesia, PLN berusaha untuk memberikan pelayanan yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kemudahan dalam akses layanan PLN 123 yang mempermudah masyarakat untuk melakukan pengaduan gangguan atau permintaan pemasangan listrik. Oleh karena itu, jika memerlukan bantuan dari PLN, kamu dapat langsung menghubungi layanan PLN 123 melalui ragam platform yang telah disediakan.

Baca juga: Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak