Cara Cek Permohonan Status Permohonan PLN secara Online

PT PLN sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik terbesar di Indonesia memberikan berbagai layanan kelistrikan untuk masyarakat Indonesia. Bahkan, berbagai inovasi digital kini memudahkan masyarakat mengajukan permohonan layanan secara online. Jika sudah mengajukan, bagaimana cara mengecek status permohonan PLN tersebut?

PLN saat ini memang menyediakan banyak wadah untuk menampung permohonan pelanggan secara online hanya melalui ponsel maupun laptop. Setelah mengikuti langkah-langkah permohonan, pelanggan biasanya akan diminta menunggu konfirmasi pelaksanaan layanan oleh pihak PLN. Biasanya, mereka akan memberikan batas waktu konfirmasi hingga pelaksanaan pelayanan.

Akan tetapi, agar tidak penasaran kamu bisa mengecek status permohonan PLN yang sudah diajukan. Tidak perlu repot datang ke kantor PLN, kamu juga bisa mengecek status ini secara online.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Lupa, Ini Cara Cek ID Pelanggan PLN secara Online

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jenis Permohonan Layanan PLN

loader Status Permohonan PLN

Sebelum jauh membahas tentang cara mengecek status permohonan PLN. Sedikit informasi terkait jenis-jenis layanan yang disediakan PLN untuk pelanggan yang merupakan masyarakat Indonesia. Dilansir dari laman resmi PLN, ada tiga jenis permohonan layanan yang bisa diajukan. Berikut jenis permohonan layanan PLN.

  1. Permohonan Pasang Baru

    Layanan pasang baru adalah permohonan pemasangan meteran listrik baru oleh PLN. Layanan ini bisa digunakan, baik untuk kategori rumah tangga, unit bisnis, maupun layanan masyarakat. Untuk biaya sendiri, PLN memberikan harga berbeda tergantung pada besaran daya yang diinginkan.

    Kemudian, calon pelanggan bisa memilih jenis meteran prabayar atau pascabayar. Keduanya pun memiliki biaya berbeda pada setiap daya yang diminta. Kamu bisa menyesuaikan besaran daya dengan kebutuhan yang diperlukan.

  2. Permohonan Penyambungan Sementara

    PLN juga memberikan layanan untuk penyambungan listrik sementara. Sambungan sementara ini adalah pemasangan daya listrik dalam waktu temporal untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik lebih besar. Contohnya, untuk acara pesta, konser, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan daya listrik berkapasitas tinggi.

  3. Permohonan Ubah Daya

    Perubahan daya juga menjadi tugas PLN yang banyak diminta oleh pelanggan. Permohonan ubah daya ini bisa dilakukan untuk menaikan maupun penurunan daya listrik yang sudah terpasang. Pelanggan dengan kebutuhan listrik meningkat biasanya akan meminta layanan peningkatan daya. Hal ini membutuhkan biaya yang disesuaikan dengan besaran kenaikan daya.

    Sementara, tak jarang pula pelanggan yang meminta penurunan daya karena daya listrik rumahnya terlalu tinggi untuk penggunaan elektronik yang sedikit. Layanan ini biasanya hanya dikenakan biaya teknisi.

    Itulah beberapa jenis permohonan layanan yang disediakan oleh PLN. lalu bagaimana jika kamu ingin mengecek status permohonan yang sudah dibuat? Simak informasinya pada artikel ini!

    Cek Status Permohonan PLN secara Online

    Ada empat cara mengecek status permohonan PLN secara online tanpa biaya yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kamu bisa hemat waktu dan tenaga dibandingkan mendatangi kantor pusat maupun cabang PLN untuk menanyakan status permohonan layanan. 

    Dengan melakukan cek status permohonan PLN, kamu bisa mengetahui progres dari permohonan tersebut. Yuk, simak empat cara cek status permohonan PLN.

  4. Cek Status Permohonan PLN melalui Website PLN

    PLN merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Maka dari itu, berbagai layanan perusahaan ini wajib terintegrasi secara online untuk mengedepankan kemudahan dan kenyamanan pelanggan yang merupakan masyarakat Indonesia.

    Saat ini PLN melalui laman atau website resminya memberikan berbagai akses layanan untuk pelanggan di seluruh Indonesia. Salah satunya, permohonan layanan kelistrikan, mulai dari pengajuan hingga pengecekan. Kamu bisa cek status permohonan PLN di website resmi PLN dengan cara berikut.

    1. Buka laman resmi web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/status-permohonan-pelanggan atau layanan.pln.co.id/status-permohonan-pln.
    1. Masukkan nomor ID Pelanggan/Nomor Register/No Agenda/Kode Booking.
    2. Selanjutnya, masukkan kode atau captcha, lalu klik “Cari”.
    3. Muncul informasi jenis transaksi atau permohonan, data permohonan, dan data pemohon.
    4. Cek bagian paling bawah setelah data permohonan untuk status permohonan PLN.
    5. Status akan muncul secara lengkap, kamu bisa mencatat agar tidak lupa.

    Mudah bukan cek status permohonan PLN melalui website resmi PLN? Kamu bisa melakukan pengecekan kapan saja hanya dari smartphone.

  5. Cek Status Permohonan PLN melalui Aplikasi PLN Mobile

    loader

    PLN Mobile

    Selanjutnya, cek status permohonan PLN juga bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Perlu diketahui, ini merupakan inovasi dan bentuk digitalisasi PLN yang merilis aplikasi resmi untuk memberikan kenyamanan pelayanan kepada pelanggan.

    Di PLN Mobile, kamu bisa melakukan dan mengakses berbagai informasi kelistrikan, mengajukan permohonan, mengecek berbagai data pelanggan, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara cek status permohonan PLN di aplikasi? Simak cara berikut!

    1. Unduh aplikasi PLN Mobile di ponsel melalui Play Store maupun App Store.
    2. Lakukan pendaftaran dengan klik “Daftar” jika kamu belum memiliki akun.
    3. Jika sudah memiliki akun, pilih “Login”.
    4. Jika sudah login, pilih menu “layanan listrik”.
    5. Kemudian, pilih “riwayat” pada bagian pojok kanan atas layar.
    6. Muncul tampilan list permohonan.
    7. Klik untuk melihat lebih detail.

    Cek status permohonan PLN di aplikasi sangat praktis. Selain untuk cek status permohonan, aplikasi PLN Mobile juga menyediakan berbagai informasi dan layanan kelistrikan PLN yang lengkap. Maka sebaiknya tetaplah memiliki aplikasi ini untuk kebutuhan lainnya.

  6. Cek Status Permohonan PLN melalui Email

    Cek status permohonan PLN secara online juga bisa kamu lakukan melalui email. Cara ini juga terbilang praktis karena kini hampir semua masyarakat Indonesia, terutama millennial memiliki email yang digunakan sehari-hari untuk pekerjaan.

    Nah, kamu bisa mengirimkan pesan berisikan cek status permohonan PLN yang dengan menyertakan data-data lengkap, ke email pln123@pln.co.id. Berikut langkah cek status permohonan melalui email.

    1. Buka email
    2. Pilih menu tulis
    3. Masukan alamat email pln123@pln.co.id.
    4. Isi subject email, misalnya (cek status permohonan PLN).
    5. Tulis isi pesan terkait informasi status permohonan layanan secara detail.
    6. Masukan nama dan nomor ID/kode booking.
    7. Lampirkan foto bukti permohonan.
    8. Kirim email dan tunggu balasan.
  7. Cek Status Permohonan PLN melalui Media Sosial

    Status permohonan PLN juga bisa dicek melalui media sosial, seperti Twitter dan Facebook PLN. Media sosial PLN memiliki admin yang responsif dalam menjawab setiap pertanyaan pelanggan.

    Bahkan, di media sosial PLN, kamu juga bisa mengajukan berbagai permohonan dan informasi. Berikut cara cek status permohonan PLN melalui media sosial Twitter PLN.

    1. Buka media sosial Twitter PLN @pln_123.
    2. Sampaikan permintaan cek status permohonan melalui direct message (DM).
    3. Jangan lupa, sertakan nomor register/ID pelanggan/kode booking.
    4. Tunggu admin media sosial PLN membalas permohonan tersebut.

    Itulah empat cara cek status permohonan PLN untuk memastikan permohonan layanan kelistrikan yang kamu ajukan sudah berjalan atau diproses. Adapun selain cara di atas, kamu juga bisa mengecek status permohonan PLN melalui layanan call center PLN 123.

    Layanan tersebut akan menyambungkan kamu dengan pihak operator PLN yang membantu mengecek status permohonan kamu. Operator PLN akan meminta nomor ID Pelanggan, nomor atau nama pemohon layanan. Kemudian, mereka akan mengkonfirmasi status permohonan PLN kamu.

    Namun, perlu kamu ketahui bahwa layanan call center PLN 123 tidak bebas biaya. Untuk penggunaan ponsel, biaya pulsa yang dibebankan cukup besar. Kamu perlu menyiapkan sejumlah pulsa untuk menelpon. Besaran biaya pun berbeda-beda, tergantung penggunaan provider dan lama waktu telepon. Maka dari itu, sebaiknya gunakan telepon rumah atau telepon kantor agar dikenakan biaya lokal.

    Baca Juga: PLN Pasang Baru, Ketahui Biaya hingga Syaratnya

Pastikan Status Permohonan PLN dalam Proses

Demikianlah informasi cara cek status permohonan PLN secara online yang memudahkan kamu melakukan pengecekan. Melalui cara ini, kamu juga bisa memastikan permohonan layanan yang sudah diajukan telah diproses.

Jangan sampai kamu menunggu pelayanan terlalu lama, terlebih untuk pelayanan darurat yang membutuhkan respons cepat dari pihak PLN. Jika berbagai cara online di atas tidak mendapat konfirmasi jawaban. Kamu sebaiknya mendatangi kantor PLN untuk mengetahui proses status permohonan PLN yang sudah dibuat.

Jangan sampai terjadi kekeliruan atau kelalaian dari pihak PLN sehingga merugikan kamu sebagai pelanggan. Semoga tulisan pada artikel ini dapat menjadi informasi yang menambah pengetahuan kamu seputar PLN, ya!

Baca Juga: Token Listrik Gagal Terus Saat Dimasukkan, Ini Penyebabnya