Cuannya Melimpah, Ini 6 Alasan Kenapa Investasi Emas Selalu Jadi Pilihan

Di zaman sekarang, semua orang pasti mengharapkan kondisi keuangan yang sejahtera dan terus berkembang di masa depan. Agar hal tersebut bisa diraih, selain dengan memantapkan jenjang karier dan penghasilan, tidak sedikit orang yang melakukan investasi. 

Instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan pun beragam. Salah satunya adalah emas yang dari dulu tidak pernah sepi peminat. Bukan tanpa alasan, investasi emas selalu jadi opsi menarik bagi investor karena memang menawarkan banyak keuntungan yang menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan. Tak hanya risikonya yang rendah, investasi emas juga menjanjikan imbal hasil tinggi dalam jangka panjang untuk para pemiliknya.

Tapi, selain itu, ada 6 alasan kenapa investasi emas menjadi instrumen investasi primadona banyak orang, termasuk investor pemula sekali pun. Untuk tahu selengkapnya, berikut ulasan kenapa investasi emas selalu jadi pilihan favorit para investor.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Mengapa Emas Selalu Jadi Instrumen Investasi Favorit?

loader

Investasi Emas

1. Risiko Rendah dan Mudah Ditoleransi

Banyak orang enggan berinvestasi karena khawatir dengan risikonya. Jika kamu adalah salah satunya, investasi emas ini bisa menjadi pilihan untuk memulai langkah awal menanam modal dengan aman. Pasalnya, risiko investasi emas jika dibandingkan dengan kebanyakan instrumen investasi lain bisa dibilang sangat rendah. 

Investor umumnya tak perlu merasa takut nilai investasinya menurun karena harga emas seiring waktu cenderung stabil dan meningkat secara konsisten. Agar lancar berinvestasi, kamu hanya perlu menghitung selisih antara nilai jual emas dengan nilai belinya dan memastikan ada keuntungan yang didapat. Tentunya, jangan lupa untuk mengurangi beban biaya pada perhitungan tersebut untuk memastikan capital gain yang diperoleh.

Hal ini tentu berbeda dengan investasi saham yang nilainya cenderung fluktuatif dan bisa menurun seiring waktu. Karena sifatnya tersebut, investasi emas sering kali dijadikan pilihan aman untuk investasi jangka panjang seperti di atas 5 tahun.

2. Memiliki Sifat Lindung Nilai

Alasan lain kenapa investasi emas banyak dipilih adalah instrumen ini memiliki sifat lindung nilai. Apa maksudnya? Pada dasarnya, sifat lindung nilai berasal dari kenaikan harga emas yang setiap tahunnya mampu melampaui laju inflasi di hampir semua kondisi ekonomi setiap negara. 

Jika nilai uang fiat melemah, harga emas sering kali mengalami kenaikan atau bergerak stabil. Ketahanannya terhadap inflasi ini menjadikan minat investor untuk berinvestasi emas tak pernah surut. Sebab, memiliki logam mulia ini bisa membantumu menjaga nilai kekayaan di kondisi ekonomi yang sedang kalut sekali pun. 

3. Jauh dari Risiko Kebangkrutan

Selain mempunyai sifat lindung nilai, investasi emas juga digandrungi karena jauh dari risiko kebangkrutan. Berbeda dengan saham yang nilainya bisa terus menurun dan anjlok, nilai emas cenderung tetap stabil dan kecil kemungkinan untuk kehilangan seluruh nilainya. Khususnya pada produk emas batangan, nilainya berpotensi terus terjaga dan telah dibuktikan dengan minat terhadap logam mulia ini yang tak pernah surut sejak ratusan tahun lalu.

4. Variasi Harga yang Lebih Terjangkau

Tak kalah menariknya, saat ini investasi emas bukan lagi instrumen investasi premium yang hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja. Semenjak kehadiran investasi secara digital, kini menanam modal di instrumen emas bisa dilakukan dengan modal yang terjangkau. Bahkan, investasi emas bisa dimulai dengan modal 10 ribu saja di sejumlah platform investasi online

Selain itu, emas batangan juga kerap diproduksi dengan ukuran yang kecil sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, misalnya 0,1 gram atau bahkan di bawahnya. Jadi, tak ada alasan lagi enggan investasi emas karena saat ini harganya cukup terjangkau dan mudah untuk dijalani. 

5. Proses Pencairan Mudah dan Praktis

Alasan lain kenapa investasi emas menarik untuk dilakukan adalah proses pencairan dari logam mulia ini tergolong mudah dan praktis. Karena peminatnya banyak, menjual emas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Sehingga, ketika membutuhkan dana mendesak, kamu tak perlu pusing mencairkan emas karena bisa langsung menjualnya.

6. Tingkat Permintaan Selalu Tinggi

Terakhir, alasan kenapa investasi emas selalu layak jadi pilihan investor adalah permintaan terhadap komoditas ini sangat tinggi. Hingga sekarang, emas masih dianggap sebagai barang berharga dan banyak dicari, entah itu untuk investasi, perhiasan, dan sebagainya. Karena fakta ini, harga emas selalu meningkat seiring waktu dan populer jadi instrumen investasi. 

Punya Banyak Nilai Plus, Investasi Emas Cocok Jadi Pilihan Investor Pemula

Pamor emas yang menjadi primadona investor ketika ingin menanam modal ternyata bukan sekadar isapan jempol belaka. Nilainya yang cenderung stabil, konsisten meningkat seiring waktu, dan tahan terhadap inflasi membuat logam mulia ini kerap dijadikan instrumen investasi. Bahkan, karena banyaknya nilai plus yang diberikan, investasi emas bisa menjadi pilihan bagi investor pemula yang baru ingin menanam modal dengan aman dan minim risiko.