Alasan Kenapa Lebih Baik Punya Rumah Sendiri daripada Ngontrak Terus

Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia. tanpa tempat tinggal, seseorang tidak akan memiliki tempat peristirahatan setelah lelah beraktivitas. Dewasa ini, tentu saja pilihan untuk tempat tinggal semakin bervariasi.

Seperti: apartemen, rumah, kost-kostan, dan kondonium. Keempat pilihan tersebut tentu saja memiliki tarif yang berbeda-beda, tergantung dengan fasilitas yang tersedia. Namun, rumah masih tetap menjadi pilihan favorit. Masalahnya, lebih baik membeli rumah atau mengontrak?

Oke, pertanyaan ini sangat umum ditanyakan. Apalagi bagi mereka yang berstatus sebagai mahasiswa ataupun perantau. Perlu diketahui, memiliki rumah maupun mengontrak, sebenarnya sama bagusnya. Semuanya tergantung pada tingkat kenyamanan seseorang.

Saat ini, harga properti cenderung naik dari tahun ke tahun. Kenaikannya juga tergolong signifikan, apalagi untuk rumah dengan kualitas bangunan yang bagus. Namun, tidak semua orang memiliki kondisi finansial yang sama. Sehingga tak dapat dipungkiri jika mengontrak menjadi pilihan terbaik. Namun, Anda perlu berpikir dua kali ketika ingin mengontrak. Apalagi untuk jangka waktu yang sangat lama.

Meskipun kondisi finansial tidak sebaik orang lain tapi perlu memiliki rumah. Setidaknya satu rumah saja. Mengapa? Ini dia alasannya:

Baca Juga: Pilihan Produk Investasi yang Tahan Terhadap Inflasi

1. Harga Properti Semakin Meningkat

loader
Harga Properti Semakin Meningkat

Tak dapat dipungkiri, harga properti naik dari tahun ke tahun. Jika saat ini belum memiliki rumah, sudah seharusnya mulai memikirkan cara untuk menabung uang untuk membeli rumah. Jika terus-menerus menunda keinginan ini, yang ada harga properti semakin naik. Akibatnya jadi tidak mampu lagi untuk membelinya karena harganya semakin sulit untuk dijangkau.

Bila terhalang oleh faktor finansial, ada banyak pilihan yang dapat menopang keadaan finansial saat ini. Anda bisa memanfaatkan fasilitas KPR, pinjaman dari Bank, koperasi, dan kartu kredit. Hanya perlu memilih jasa mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum menjatuhkan pilihan, jangan lupa untuk memperhitungkan bunga yang dikenakan oleh setiap penyedia. Jatuhkan pilihan pada yang berbunga rendah agar proses cicilan bisa berjalan dengan lancar.

2. Lebih Nyaman

loader
Lebih Nyaman Tinggal di Rumah Sendiri

Apapun katanya, tinggal di rumah sendiri itu jauh lebih nyaman. Anda dapat melakukan apa saja sesuai keinginan. Ingin mendekorasi rumah, renovasi, mengecat rumah? Semuanya dapat dilakukan. Anda juga boleh tinggal sampai kapanpun karena status kepemilikannya sudah milik pribadi. Berbeda dengan mengontrak, dimana Anda kerap kali dihantui dengan biaya sewa dan berapa lama lagi akan mengontrak.

Bayang-bayang ini tentu saja menyebalkan. Untuk itu, lebih baik membeli rumah pribadi. Memang biaya yang dikeluarkan terlihat lebih besar di awal. Namun seiring berjalannya waktu, semua biaya dapat dilunasi dan Anda dapat tinggal dengan nyaman, tenteram, dan damai.

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

3. Sebagai Investasi yang Menjanjikan

loader
Investasi yang Menjanjikan

Properti seperti rumah memang menjadi investasi yang sangat menjanjikan. Harganya juga semakin mahal seiring berjalannya waktu. Sebagai jaminan hari tua nanti, rumah dapat dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan. Harga jual yang cenderung tinggi membuat Anda mampu memperoleh keuntungan berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Keuntungan tersebut nantinya dapat digunakan untuk membeli rumah baru atau menambah aset investasi yang lainnya. Sangat menggiurkan, bukan? Untuk itu, jangan ragu untuk menabung demi membeli sebuah rumah. It’s now or never?

4. Sebagai Prestise

loader
Sebagai Prestise

Mampu tinggal di rumah sendiri tentu saja menjadi kebanggaan bagi diri sendiri. Apalagi jika usia masih tergolong sangat muda dan belum menikah. Pasti banyak tetangga dan keluarga yang mengacungkan jempol jika hal ini terjadi, benar tidak? Memiliki rumah memang akan langsung menaikkan harkat dan martabat Anda di depan banyak orang. Sehingga orang tidak dapat meremehkan Anda.

Selain mendapat pujian, Anda juga dapat menyambut tamu kapanpun. Karena rumah ini termasuk rumah sendiri, jadi pintu rumah terbuka lebar bagi siapapun yang ingin datang berkunjung. Anda, teman, dan kerabat juga tidak perlu takut lagi jika harus membuat keributan di dalam rumah. Toh tidak akan ada yang datang memarahi, kecuali tetangga yang merasa terganggu.

Baca Juga: Perbedaan Membeli KPR Rumah Baru dan Rumah Bekas

Bisa Dibisniskan Kembali, bahkan Diwariskan

Keuntungan lain dengan memiliki rumah sendiri adalah peluang memanfaatkannya sebagai alat bisnis seperti dikontrakan atau dijadikan kos-kosan. Selain itu rumah juga bisa dijadikan tabungan untuk anak-anak kamu di masa depan, baik sebagai warisan atau dijual kembali.

Proses memiliki rumah sendiri memang tidak semudah jika dibandingkan sekedar mengontrak, tetapi keuntungan yang didapat tentu lebih besar.

Baca Juga: Lakukan Tips Berikut Ini agar Efektif Bekerja dari Rumah