Anti Tekor, Coba 7 Trik Ini untuk Menghemat Belanja Kebutuhan Rumah Tangga

Belanja menjadi salah satu tugas penting seorang ibu rumah tangga selain mengurus mengurus suami dan anak, memasak, membersihkan rumah. Sayangnya, harga bahan kebutuhan pokok yang kerap mengalami kenaikan membuat para ibu harus lebih pintar dalam mengatur keuangan, salah satu caranya dengan berhemat. 

Pada dasarnya, berhemat bisa dilakukan dalam berbagai cara. Misalnya saja dengan menghemat anggaran uang belanja secara sederhana sekaligus bijaksana. Sebab, jika kesulitan dalam mengatur keuangan, bukan tidak mungkin pengeluaran bulanan untuk keperluan rumah tangga justru membengkak. 

Dengan menghemat uang untuk belanja bulanan, kamu bisa mengendalikan pengeluaran dan menjaganya tetap terstruktur. Bahkan, ketika kamu menghemat anggaran belanja seperti ini malah membuat kamu lebih untung. Apalagi jika penghasilan keluarga belum mampu mencukupi segala keperluan rumah tahu. 

Setidaknya ada beberapa trik bijak dan sederhana untuk sekadar menyelamatkan finansial rumah tangga. Menariknya, trik di bawah ini tidak akan membuat keluarga kamu susah maupun kekurangan karena menghemat. Berikut beberapa di antaranya yang bisa mulai kamu terapkan. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Buat catatan belanja secara detail

loader
Buat catatan belanja

Trik yang pertama adalah membuat catatan rencana pembelanjaan demi menghemat pengeluaran rumah tangga. Melalui cara satu ini, dijamin kamu bisa lebih mudah dalam mengingat detail barang yang habis ataupun perlu dibeli. 

Tak hanya itu saja, kamu bisa semakin terbantu berkat catatan semacam ini. Salah satunya adalah menghindari keinginan untuk membeli barang tidak penting.  

2. Tulis daftar menu selama seminggu

Umumnya, pos pengeluaran paling boros dalam rumah tangga adalah soal makanan. Guna mengantisipasi pemborosan yang terjadi coba buat daftar menu untuk makan selama seminggu. Artinya, kamu harus membeli beberapa bahan makanan untuk tujuh hari kedepan. 

Jika ingin lebih mudah, coba tiru metode food preparation yang kini sedang trending di media sosial. Dengan begitu, biaya pengeluaran makanan bakal jauh lebih murah daripada harus membeli eceran. 

Baca Juga: 8 Cara Cermat Atur Keuangan dari Penghasilan Harian Tidak Tetap

3. Belanja di pasar tradisional

Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat anggaran belanja bulanan rumah tangga secara sederhana adalah berbelanja di tempat atau pasar tradisional. Sebab, pasar tradisional selalu memiliki harga jual yang cukup murah dibandingkan supermarket terdekat. 

Hal ini disebabkan supermarket mencantumkan harga yang telah mengalami proses akumulasi biaya pajak. Jadi tak heran jika barang yang dijual pun cenderung jauh lebih mahal dibandingkan pasar tradisional. Menariknya lagi, kamu berkesempatan untuk tawar menawar barang yang diinginkan. 

4. Bedakan belanja secara harian, mingguan, dan bulanan

Selama ini, mungkin kamu masih suka mencampur aduk antara belanja secara harian, mingguan, ataupun bulanan. Padahal, trik membedakan belanja sesuai waktu bisa sangat membantu arus keluar masuk uang agar tak terjadi pemborosan. 

Contohnya untuk belanja bulanan seperti, gas LPG, minyak goreng, beras, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya yang memang tahan untuk sebulan. Kemudian untuk belanja mingguan, seperti telur, galon air minum, daging, bumbu dapur, makanan instan, dan bahan olahan lainnya. 

Tak ketinggalan pula belanja harian yang sebagian besar pasti tidak mampu bertahan lama. Contohnya seperti, buah, sayur, roti, dan lain sebagainya. 

5. Membatasi penggunaan credit card

loader
Membatasi penggunaan kartu kredit

Sebaiknya, mulai hari ini batasi atau kurangi penggunaan kartu kredit ketika hendak berbelanja kebutuhan rumah. Sebab, jika kamu kurang bijak dalam penggunaan kartu kredit, kamu justru bisa menggunakannya secara berlebihan. 

Bukan itu saja, kamu pun semakin sulit untuk mengatur tiap pos pengeluaran finansial. Malah bisa jadi, kamu berbelanja melebihi budget yang tersedia. 

6. Jangan ragu membandingkan harga sebelum membelinya

Salah satu cara menghemat anggaran belanja rumah tangga secara bijak dan sederhana adalah membandingkan harga tiap barang sebelum melakukan pembelian. Tentu saja, kamu boleh membandingkan harganya dengan jenis sama tetapi beda merk maupun beda tempat pembelian. 

Selain itu, pastikan kamu memang benar-benar membeli barang sesuai kebutuhan dengan harga termurah. Akan tetapi, jangan lupa memastikan bahwa kualitasnya memang sama dari barang dengan harga lebih mahal. Pasalnya, hal semacam ini bisa sedikit membantu saat kamu sedang melakukan penghematan meski selisihnya tidak banyak. 

Baca Juga: Cara Atur Gaji Rp3 juta untuk Pasangan 1 Anak, Pasti Cukup!

7. Manfaatkan promo dan diskon

Tak sedikit orang yang sengaja berburu diskon maupun promo di tanggal-tanggal gajian. Bagaimana tidak, momen semacam ini tentu bisa dimanfaatkan untuk sekadar dijadikan cara menghemat anggaran belanja keluarga. 

Namun, sebelum melakukan perburuan barang tersebut juga dulu untuk memastikan harga tiap barang yang diincar melalui website resmi supermarket terkait. Hal ini bertujuan agar kamu tak perlu membuang waktu berkeliling sambil mencari barang diskon. 

Pandai Mengelola Prioritas dalam Rumah Tangga Jadi Kunci Utama

Dari trik di atas, bisa diketahui bahwa sebenarnya kamu bisa melakukan banyak cara demi menghemat uang untuk belanja bulanan keluarga. Tentu saja, bukan mengirit hingga harus menyiksa diri. Akan tetapi, bisa memprioritaskan kebutuhan yang seharusnya didahulukan. 

Sehingga, berapapun penghasilan yang didapatkan cukup dalam memenuhi kebutuhan. Pada dasarnya, menghemat uang seperti ini tak sulit dilakukan. Kamu hanya butuh kedisiplinan tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk mengendalikan nafsu belanja supaya pengeluaran tidak melebihi budget. Tetap semangat buat hemat belanja, ya!

Baca Juga: 8 Pos Keuangan Ini Wajib Dialokasikan Agar Finansial Rumah Tangga Ideal