Berperan Kembangkan dan Promosikan Industri Investasi, Yuk Kenali Apa Itu APRDI dan Profilnya

Jika berbicara tentang produk investasi, reksa dana selalu menjadi salah satu instrumen yang pasti dibahas oleh para investor. Bukan tanpa alasan, reksa dana merupakan produk investasi yang banyak digandrungi para pemilik modal untuk mengembangkan asetnya seiring waktu. Pasalnya, produk ini memiliki cara kerja yang lebih simpel dan bisa dijangkau oleh investor dari kalangan mana pun. 

Namun, tahukah kamu jika terkait perkembangan reksa dana yang begitu pesat di Indonesia, terdapat sebuah organisasi yang memiliki andil cukup besar di dalamnya? Ya, organisasi tersebut dikenal dengan sebutan Dewan APRDI atau Asosiasi Pelaku Reksa Dana Indonesia yang bertugas untuk mengembangkan sekaligus mempromosikan industri investasi reksa dana di Tanah Air.

Tentunya, selain itu, ada banyak hal penting dan menarik lainnya untuk dibahas seputar APRDI ini. Nah, jika kamu ingin mengenal lebih lanjut tentang apa itu APRDI, termasuk profil, struktur kepengurusan, hingga tugas, wewenang, dan fungsinya, simak penjelasannya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Sekilas tentang APRDI

loader

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, APRDI adalah sebuah organisasi yang menjadi wadah perkumpulan dan pertemuan untuk para pihak yang terlibat pada aktivitas pengelolaan investasi di pasar modal serta pasar uang Indonesia. 

Sebagai organisasi, APRDI telah didirikan sejak tahun 1999. Pendirian organisasi ini didasari dari kesepakatan para pelaku industri pengelolaan investasi, terutama reksa dana, yakni Manajer Investasi, Bank Agen Penjual, dan Bank Kustodian.

Menjadi organisasi resmi yang memiliki tugas khusus, APRDI mempunyai visi dan juga misi yang jelas. Untuk visi dari organisasi ini sendiri adalah menjadi wadah utama terkait kebersamaan serta persatuan dari asosiasi atau perkumpulan pelaku industri pengelolaan investasi di pasar modal serta pasar uang Indonesia. Visi ini juga ditujukan untuk mewujudkan kondisi industri investasi di Indonesia yang memiliki kualitas tinggi. 

Sementara itu, ada 3 misi utama yang ingin diraih oleh APRDI, antara lain:

  • Meningkatkan hubungan kerja sama antara para anggota asosiasi dan perkumpulan untuk mencapai cita-cita di mana industri pengelolaan pasar uang dan pasar modal Indonesia dengan daya saing bertaraf internasional.
  • Melakukan aktivitas peningkatan dari kualitas sumber daya manusia untuk terlibat pada industri pengelolaan investasi di pasar uang dan pasar modal Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti pendidikan berkelanjutan, edukasi dan pendidikan berkelanjutan, sosialisasi terkait pengelolaan investasi di pasar modal serta pasar uang Indonesia. 
  • Menjalankan peran penghubung antar anggota perkumpulan atau asosiasi melalui otoritas pembinaan, pengawasan, dan pengaturan. Selain itu, organisasi ini juga menjadi penghubung anggota perkumpulan dengan institusi lain, baik yang ada di Indonesia ataupun yang ada di negara lain guna mewujudkan industri investasi dengan kualitas yang tinggi.  

Di samping itu, APRDI menjadi pihak penyelenggara dari ujian sertifikasi profesi serta penyelenggaraan pendidikan profesi lanjutan atau PPL WAPERD alias Wakil Agen Penjual Reksa Dana serta Wakil Manajer Investasi atau WMI. 

Di tahun 2018, organisasi ini mengubah bentuknya menjadi Dewan APRDI dan menjadi induk dari 6 organisasi asosiasi yang menjadi pelaku pengelolaan investasi Indonesia. Keenam asosiasi yang dibawahi oleh Dewan APRDI ini, antara lain:

  • AMII atau Asosiasi Manajer Investasi Indonesia
  • ABKI atau Asosiasi Bank Kustodian Indonesia
  • ABAPERDI atau Asosiasi Bank Agen Penjual Efek Reksa Dana Indonesia
  • PWMII atau Perkumpulan Wakil Manajer Investasi Indonesia
  • APII atau Asosiasi Penasihat Investasi Indonesia
  • PAPERDO atau Perkumpulan Agen Penjual Reksa Dana Online

Struktur Kepengurusan APRDI

Terkait pengurus, tentu APRDI diisi oleh sejumlah individu dengan kompetensi dan kemampuan, serta pengalaman yang tak perlu diragukan lagi. Berikut adalah deretan nama seluruh struktur kepengurusan APRDI periode 2022 sampai 2025.

Dewan Pengawas APRDI Tahun 2022 – 2025

  • Firdaus Djaelani
  • Prihatmo Hari Mulyanto
  • Margeret  Tang

Presidium Dewan APRDI Tahun 2022 – 2025

  • Marsangap P. Tamba
  • Afifa
  • Astrid L. Toruan
  • Lilian Halim
  • Mungki Ari Adil
  • Fahmi Arya

Bendahara dan Direktur Eksekutif

  • Vina Lucitha Damayanti (Bendahara)
  • Mauldy Rauf Makmur (Direktur Eksekutif)

Baca Juga: Mengenal Konsep Behavioral Finance pada Investasi dan Bias Kognitif di Dalamnya

Tugas yang Diemban APRDI

loader

Secara umum, tugas dari APRDI adalah menjadi wadah agar bisa saling berdiskusi dan berkomunikasi seputar beragam hal yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan kualitas industri dari pengelolaan investasi di Indonesia. Tidak hanya itu, organisasi ini juga menjadi pihak yang menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi serta penyelenggara pendidikan profesi lanjutan atau PPL WAPERD atau Wakil Agen Penjual Reksa Dana serta WMI atau Wakil Manajer Investasi. 

Selain tugas utamanya tersebut, ada beberapa peran yang diemban oleh APRDI, antara lain:

1. Wadah Pertemuan

Tugas pertama dan utama yang dimiliki oleh APRDI adalah menjadi suatu wadah pertemuan dari perkumpulan yang terlibat di sektor dan aktivitas pengelolaan investasi pasar uang dan pasar modal di Indonesia. 

2. Standardisasi Anggota

Tugas lainnya dari organisasi ini adalah mengembangkan standarisasi kode etik dan profesionalisme dari setiap anggotanya. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjunjung tinggi sikap profesionalisme anggota saat menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan investasi di pasar modal serta pasar uang Indonesia. 

3. Promosi Industri Pengelolaan Investasi

Selain itu, APRDI juga bertugas untuk mempromosikan sekaligus mengembangkan industri dari pengelolaan investasi di pasar modal serta pasar uang Indonesia. Tugas tersebut mencakup pengembangan dan promosi di lingkup nasional ataupun internasional sehingga mampu menyediakan pilihan investasi yang terbaik bagi masyarakat.

4. Penghubung Antar Anggota Perkumpulan

APRDI juga memiliki tanggung jawab untuk menjadi pihak penghubung antar para anggota perkumpulannya dan mempunyai otoritas pembinaan, pengawasan, dan pengaturan terkait penyusunan kebijakan serta peraturan undang-undang sebagai rangka mewujudkan kondisi masyarakat investasi berkualitas unggul di Indonesia. 

5. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan

Tugas APRDI yang terakhir adalah menyelenggarakan pendidikan serta pelatihan sebagai langkah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota terkait industri pasar modal serta pasar uang Indonesia. Hal ini mencakup pula peran aktif organisasi sebagai wadah pelatihan dan pendidikan untuk profesi yang berhubungan dengan industri tersebut.

Selain itu, APRDI juga menyelenggarakan sertifikasi untuk profesi pada industri pasar uang dan pasar modal Indonesia yang menjadi syarat untuk memperoleh sertifikasi di Indonesia sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Baca Juga: Tentang ROI dalam Investasi Properti, Begini Rumus dan Cara Akurat Menghitungnya

Wewenang yang Dimiliki APRDI

Berdasarkan dari tugas yang diembannya, ada beberapa wewenang yang dimiliki oleh APRDI, yaitu:

  • Menyediakan wadah pertemuan pada perkumpulan yang terlibat aktivitas pengelolaan investasi pasar uang dan pasar modal di Indonesia.
  • Mengembangkan standarisasi kode etik para anggotanya pada penyelenggaraan kegiatan pengelolaan investasi
  • Mempromosikan dan mengembangkan industri pengelolaan investasi di pasar modal serta pasar uang Indonesia.
  • Menjadi penghubung para anggota perkumpulan melalui otoritas pengaturan, pembinaan, dan pengawasan. 
  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota dengan menjalankan peran aktif menjadi wadah edukasi dan pelatihan profesional terkait industri pasar uang dan pasar modal Indonesia. 

Fungsi dari Adanya APRDI

Terakhir, terkait fungsi dari didirikannya APRDI adalah menjadi kesepakatan dari para pelaku di industri pengelolaan investasi, di mana secara khusus berfokus pada instrumen reksa dana. Para pelaku industri pengelolaan investasi yang bersepakat untuk mendirikan organisasi ini adalah Manajer Investasi, Bank Agen Penjual, dan Bank Kustodian. 

Sesuai namanya, APRDI atau Asosiasi Pengelola Reksa dana Indonesia berguna untuk menjadi wadah bagi para pelaku industri pengelolaan investasi di Indonesia dalam berkomunikasi serta berdiskusi terkait pengembangan dan juga peningkatan kualitas industri tersebut. 

Tidak hanya itu, fungsi dari organisasi ini adalah menjadi penyelenggara dari ujian sertifikasi profesi serta penyelenggara PPL atau Pendidikan Profesi Lanjutan dari WAPERD dan WMI di Indonesia. Melengkapi perannya, APRDI juga merupakan induk organisasi terhadap 6 asosiasi pelaku pengelolaan investasi di Indonesia, yakni AMII, ABKI, ABAPERDI, PWMII, APII, dan PAPERDO. 

Punya Peran Penting di Dunia Investasi Indonesia, APRDI Penting Dipahami Investor

Itulah penjelasan tentang apa itu APRDI, struktur kepengurusan, tugas, sampai wewenang dan fungsinya. Menjadi organisasi yang menjadi wadah utama kebersamaan dan persatuan asosiasi pelaku industri pengelolaan investasi di pasar modal dan pasar uang Indonesia, APRDI memiliki visi merealisasikan industri investasi berkualitas tinggi di Indonesia. Dengan perannya yang begitu penting tersebut, tentu organisasi ini wajib dipahami oleh para pelaku dunia investasi di Indonesia, termasuk para investor dan pemilik modal.

Baca Juga: Dorong Karier dan Value, Yuk Cari Tahu Cara Terbaik Investasi Diri dan Jenisnya