Asuransi Kesehatan: Pengertian, Jenis, hingga Cara Klaimnya

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang mengkover sebagian atau seluruh biaya perawatan atas terjadinya risiko kesehatan atau penyakit. Untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, nasabah wajib membayar premi.

Kepemilikan asuransi kesehatan saat ini semakin meningkat, terutama di tengah pandemi Covid-19. Hasil survei Danareksa Research Institute baru-baru ini menunjukkan, sebanyak 91% responden dan anggota keluarga sudah memiliki asuransi kesehatan.

Sebanyak 98,66% responden memiliki asuransi kesehatan yang berasal dari pemerintah atau BPJS Kesehatan. Namun ada juga yang mempunyai asuransi kesehatan swasta, serta memiliki keduanya.

Asuransi kesehatan swasta menjadi pilihan masyarakat sebagai pelengkap asuransi BPJS Kesehatan. Masyarakat memilih produk asuransi kesehatan swasta karena alasan lebih banyak manfaat, premi terjangkau, serta jaringan rumah sakit yang luas.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu penolong di kala kamu harus dirawat di rumah sakit. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih asuransi kesehatan terbaik yang menjawab kebutuhan keluarga.

Baca Juga: BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Pengertian Asuransi Kesehatan

loader
Asuransi Kesehatan adalah...

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan. Biaya tersebut meliputi, biaya medis, operasi atau pembedahan, obat-obatan, hingga biaya perawatan gigi.

Perusahaan asuransi pada dasarnya akan menanggung biaya pengobatan atau perawatan tertanggung asalkan sesuai ketentuan polis. Polis asuransi kesehatan adalah kontrak perjanjian kerja sama secara tertulis antara perusahaan asuransi dengan nasabah pemegang polis.

Biasanya di dalam polis asuransi kesehatan memuat beberapa hal, seperti risiko penyakit yang ditanggung, besaran uang pertanggungan, manfaat asuransi kesehatan yang diberikan, hak dan kewajiban perusahaan asuransi, pengecualian proteksi, sampai surat klaim.

Untuk mendapat perlindungan dari perusahaan asuransi, pemegang polis wajib membayar sejumlah premi asuransi kesehatan yang telah disepakati. Semakin mahal biaya premi asuransi kesehatan, semakin lengkap dan luas jangkauan manfaat asuransi yang diterima.

Manfaat Asuransi Kesehatan

loader
Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yakni:

1. Manfaat asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya

  • Rawat inap

Mengganti biaya pengobatan akibat musibah penyakit dan memerlukan perawatan atau menginap di rumah sakit sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kondisi polis asuransi kesehatan

  • Rawat jalan

Mengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan di rumah sakit atau menginap, namun hanya rawat jalan atau berobat jalan saja.

  • Melahirkan

Mengganti biaya persalinan atau melahirkan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis asuransi kesehatan.

  • Kacamata

Mengganti biaya lensa kacamata dan bingkai atau frame dengan surat pengantar dari dokter mata.

  • Gigi

Mengganti biaya pengobatan akibat perawatan dasar, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi dan gigi palsu pada perawatan gigi.

  • General chek up

Mengganti biaya pemeriksaan kesehatan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis asuransi kesehatan.

2. Manfaat asuransi kesehatan berdasarkan peruntukkannya

  • Meminimalisir kerugian uang

Risiko penyakit saat ini bukan hanya Covid-19. Tetapi juga penyakit berat lain, seperti stroke, jantung, kanker, diabetes, gagal ginjal yang terkenal dengan biayanya yang mahal.

Mendekap asuransi kesehatan dapat mengurangi beban keuangan yang harus kamu tanggung. Bahkan bisa dibiayai semua oleh perusahaan asuransi.

Dengan begitu, tabungan, dana darurat, atau harta lain tetap aman. Kamu juga bebas dari potensi utang karena ada asuransi yang mengkovernya.

  • Memberikan perlindungan bagi keluarga

Asuransi kesehatan dapat menjadi bukti cinta kamu terhadap keluarga. Bukan hanya diri sendiri yang diproteksi, tetapi juga seluruh anggota keluarga. Mulai dari pasangan, anak, orangtua, mertua.

Tak ada satupun yang bisa menjamin bila kondisi tubuhmu selalu sehat, produktif, dan mampu mencari nafkah dalam jangka panjang. Asuransi kesehatan dapat menanggung biaya pengobatan bila amit-amit kamu sakit parah, tidak dapat bekerja lagi.

Sehingga tidak menjadi beban keuangan keluarga karena dibayari perusahaan asuransi. Bila kamu meninggal dunia pun, ada santunan yang diberikan untuk ahli waris.

  • Mengelola keuangan secara teratur

Dengan memiliki asuransi kesehatan, dapat menjadi salah satu cara agar kamu lebih disiplin mengatur keuangan. Gaji setiap bulan dialokasikan sekitar 10% untuk membayar premi asuransi kesehatan.

Jadi, uang tidak habis sia-sia. Kamu menyisihkan untuk proteksi, selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan utang, investasi dan dana darurat, serta kebaikan atau amal.

Baca Juga: Asuransi Penyakit Kritis: Pengertian, Untung Rugi, Klaim, dan Cara Memilihnya

Jenis Asuransi Kesehatan

No

Jenis Asuransi Kesehatan

Keterangan

1

Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan dan mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit

2

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien, berupa pelayanan medis seperti pengamatan, diagnose, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lain yang tidak mengharuskan pasien tinggal di rumah sakit

3

Asuransi Kesehatan Wajib

Asuransi kesehatan yang dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu, seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai peraturan perusahaan tempat dia bekerja

4

Asuransi Kesehatan Sukarela

Asuransi kesehatan yang dilakukan secara bebas. Artinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat sesuatu aturan perusahaan

5

Asuransi Kesehatan Tanggungan Total

Asuransi kesehatan, di mana seluruh biaya perawatan nasabah akan ditanggung perusahaan asuransi. Baik rawat inap maupun rawat jalan yang jumlahnya sesuai polis asuransi

6

Asuransi Kesehatan Tanggungan Tinggi Saja

Asuransi kesehatan, di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan mengkover biaya rawat jalan kecil, missal pemeriksaan, diagnose, dan obat.

7

Asuransi Kesehatan Personal

Asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada satu pribadi saja sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi

8

Asuransi Kesehatan Kelompok

Asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota keluarga atau anggota perusahaan) dengan syarat dan ketentuan polis.

9

Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan yang hanya memberi perlindungan kesehatan saja, bukan investasi. Premi yang dibayarkan akan disimpan dan digunakan saat pemegang polis mengajukan klaim

10

Asuransi Kesehatan Unit Link

Asuransi kesehatan yang mempunyai dua manfaat sekaligus, yakni proteksi kesehatan dan investasi.

11

Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan memudahkan nasabah dalam membayar tagihan rumah sakit. Nasabah tidak perlu menalangi biaya berobat dari uang pribadi terlebih dahulu. Biaya akan ditanggung perusahaan asuransi

12

Asuransi Kesehatan Reimbursement

Asuransi kesehatan, di mana nasabah membayar biaya pengobatan atau perawatan rumah sakit terlebih dahulu. Selanjutnya, baru mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

Macam-macam Asuransi Kesehatan

loader
Macam-macam asuransi kesehatan

Ini macam-macam asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Asuransi kesehatan individu

Asuransi kesehatan individu adalah asuransi kesehatan yang hanya menanggung satu orang saja. Orang tersebut dinyatakan sebagai tertanggung di dalam polis. Jadi, asuransi kesehatan ini tidak bisa digunakan orang lain.

2. Asuransi kesehatan keluarga

Asuransi kesehatan keluarga adalah asuransi yang memberi jaminan perlindungan kesehatan bagi keluarga. Karena yang ditanggung anggota keluarga atau lebih dari satu orang, umumnya biaya premi asuransi kesehatan keluarga lebih mahal dibanding premi asuransi kesehatan individu.

3. Asuransi kesehatan anak

Asuransi kesehatan untuk anak adalah asuransi kesehatan yang menanggung seluruh biaya kesehatan anak saja. Dengan dikover asuransi, orangtua lebih tenang bila sewaktu-waktu terjadi risiko kesehatan terhadap sang anak, asalkan polis masih aktif.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Cashless: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Menggunakannya untuk Berobat

Contoh Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Contoh asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, antara lain:

No

Asuransi Kesehatan Terbaik

1

Asuransi Kesehatan Prudential

2

Asuransi Kesehatan Allianz

3

Asuransi Kesehatan Sinarmas

4

Asuransi Kesehatan Manulife

5

Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

6

Asuransi Kesehatan AXA

7

Asuransi Kesehatan BNI Life

8

Asuransi Kesehatan Lippo Insurance

9

Asuransi Kesehatan AIA

10

Asuransi Kesehatan Cigna

11

Asuransi Kesehatan Takaful

12

Asuransi Kesehatan Bumiputera

13

Asuransi Kesehatan Avrist

14

Asuransi Kesehatan Chubb

15

Asuransi Kesehatan Jagadiri

16

Asuransi Kesehatan Adira

17

Asuransi Kesehatan MAG

18

Asuransi Kesehatan Tokio Marine

19

Asuransi Kesehatan CAR

20

Asuransi Kesehatan Good Doctor

21

Asuransi Kesehatan PFI Mega Life

22

Asuransi Kesehatan Generali

23

Asuransi Kesehatan FWD

24

Asuransi Kesehatan Sequis Life

25

Asuransi Kesehatan Sunlife

26

Asuransi Kesehatan BCA Life

27

Asuransi Kesehatan Astra Life

28

Asuransi Kesehatan BRI Life

29

Asuransi Kesehatan Panin Dai-ichi Life

30

Asuransi Kesehatan Malacca Trust

31

Asuransi Kesehatan Bintang

32

Asuransi Kesehatan Mandiri Inhealth

Premi Asuransi Kesehatan Mahal atau Murah?

loader
Premi Asuransi Kesehatan

Besaran biaya premi asuransi kesehatan tergantung beberapa faktor, meliputi besaran tanggungan, usia, jenis kelamin, masa asuransi, tinggi dan berat badan, risiko pekerjaan, gaya hidup, dan kondisi kesehatan.

Selain itu, mahal atau murahnya premi asuransi kesehatan juga ditentukan biaya, manfaat yang diberikan, jangkauan manfaat maupun rumah sakit.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan Online

loader
Daftar Asuransi Kesehatan Online

Daftar asuransi kesehatan dapat dilakukan secara offline dan online. Offline dengan mendatangi langsung kantor perusahaan asuransi atau melalui agen asuransi.

Daftar asuransi kesehatan online, caranya sebagai berikut:

  • Tentukan produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial
  • Siapkan dokumen yang disyaratkan, seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), akte lahir, dan NPWP. Foto atau scan dokumen tersebut
  • Buka situs perusahaan asuransi yang dituju atau melalui marketplace produk keuangan maupun asuransi
  • Isi formulir pengajuan, paket asuransi kesehatan yang dipilih, dan unggah dokumen yang diminta
  • Pilih juga biaya premi asuransi kesehatan yang akan dibayarkan secara bulanan atau tahunan. Biaya premi tergantung kemampuan keuangan kamu
  • Setelah melakukan pendaftaran, lalu submit data, kamu akan mendapatkan nomor registrasi serta nomor virtual account untuk pembayaran
  • Lakukan pembayaran melalui transfer bank yang ditunjuk perusahaan asuransi
  • Selanjutnya kamu akan memperoleh bukti pembayaran. Pihak asuransi akan memproses pendaftaran dan kamu akan dihubungi pihak asuransi dalam beberapa hari mendatang.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Panduan cara klaim asuransi kesehatan, sebagai berikut:

  • Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku
  • Kuitansi asli dan rincian asli seluruh biaya perawatan
  • Fotokopi laporan medis yang menerangkan informasi mengenai penyakit yang dialami, tindakan pengobatan atau perawatan yang diberikan, serta rekomendasi dokter, seperti saat pasien lepas rawat inap
  • Mengisi dengan lengkap formulir pengajuan klain yang disediakan perusahaan asuransi. Formulir ini juga harus di paraf dokter yang merawat
  • Dokumen pendukung lain, seperti fotokopi hasil laboratoium, resep obat, atau surat kuasa dari rumah sakit untuk keperluan permintaan keterangan tambahan dari rumah sakit (jika diperlukan), dan sebagainya.

Pengajuan klaim penggantian biaya asuransi reimburse dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor cabang perusahaan asuransi terdekat di kota nasabah, atau mengirimkannya ke kantor pusat.

Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Asuransi kesehatan murah banyak ditawarkan perusahaan asuransi demi menggaet nasabah. Namun asuransi kesehatan premi murah belum tentu sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

Oleh karena itu, penting membeli produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan, bukan karena iming-iming premi murah atau lantaran terpaksa.

Pastikan bahwa perusahan asuransi yang produknya ingin kamu beli, terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Agen asuransinya pun harus memiliki sertifikasi keagenan agar terhindar dari penipuan.

Kunci lain memilih asuransi kesehatan terbaik, yaitu perhatikan jangkauan perlindungan, besar premi yang dibebankan, membaca polis, serta rekam jejak perusahaan guna memudahkan dalam klaim asuransi kesehatan.

Baca Juga: Beli Asuransi Kesehatan, Mending Premi Bulanan atau Tahunan?