Asuransi Perjalanan Covid Belgia, Syarat Masuk Belgia 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Pergi ke negeri coklat rasanya impian semua penggemar coklat. Tentunya, kamu pasti pernah merasakan kenikmatan Belgium Chocolate atau Coklat Belgia. Yup, coklat berkualitas tinggi ini berasal dari negara Belgia.

Pingin kan pergi ke Belgia untuk melihat surga coklat secara langsung? Nah, karena kasus pandemi Covid-19 baru saja melandai di seluruh penjuru dunia, tentunya terdapat syarat-syarat tertentu untuk bisa masuk Belgia yang sesuai dengan kondisi saat ini. Apa saja syaratnya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Yunani, Syarat Masuk Yunani 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Syarat Umum Masuk ke Belgia

loader

Syarat Masuk Belgia

Seperti syarat masuk pada umumnya, persyaratan yang dibutuhkan untuk memasuki Belgia ialah paspor yang masih aktif dan juga visa. Paspor aktif yang dimaksud ialah paspor yang masih aktif hingga setidaknya 3 bulan sejak hari kepulangan dari Belgia. Simpelnya, setidaknya paspor masih aktif selama kamu berada di Belgia atau dalam zona Schengen.

Sebagai bagian dari Uni Eropa, memasuki Belgia tidak membutuhkan visa Belgia melainkan visa Schengen yang digunakan untuk memasuki Belgia. Adapun syarat yang perlu disiapkan untuk mengurus visa ialah sebagai berikut.

  • Formulir aplikasi visa Belgia yang dapat dilihat di sini.
  • Pas foto 3x4 sebagai 2 lembar.
  • Paspor yang masih aktif dengan setidaknya dua halaman yang masih kosong.
  • Cover letter yang menjelaskan tujuan bepergian ke Belgia dan juga detail lainnya.
  • Formulir pemilihan bahasa.
  • Rencana pulang-pergi Belgia yang mengandung tanggal kedatangan, tanggal keluar dari Belgia, dan juga nomor pesawat.
  • Asuransi perjalanan yang menanggung area Schengen dengan tanggungan minimal sebesar 30.000 Euro.
  • Bukti akomodasi selama di Belgia.
  • Bukti status kependudukan.
  • Bukti kecukupan finansial selama di Belgia.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Kanada, Syarat Masuk Kanada 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Syarat Tambahan Masuk ke Belgia

Karena kondisi pandemi Covid-19 yang sudah tidak terlalu, batasan-batasan yang dibuat untuk masuk suatu negara pun mulai dikendorkan. Begitu pula dengan Belgia.

Pada dasarnya, pergi ke Belgia tidak lagi dibutuhkan syarat-syarat yang berkenaan dengan penyebaran virus Corona. Syarat-syarat yang dimaksud ialah sertifikat vaksin, hasil tes negatif PCR atau antigen, pengisian form deklarasi kesehatan, dan sebagainya. Namun, jika kamu datang dari negara yang terdeteksi munculnya varian virus Corona yang baru, ada baiknya untuk tetap menunjukkan bukti-bukti kesehatan yang diperlukan.

Jika pada saat kedatangan kamu mengalami gejala virus Covid-19, lakukanlah tes Covid-19. Informasi selanjutnya dapat dilihat di sini. Selagi nunggu hasil tes, lakukanlah isolasi mandiri terlebih dahulu. Jika hasil tes positif, lanjutkan isolasi mandirimu dengan mengikuti aturan ini.

Ketentuan Protokol Kesehatan di Belgia

Per 23 Mei 2022, Belgia telah mengangkat aturannya terkait wajib masker. Dengan kata lain, selama berada di Belgia, kamu tidak perlu lagi untuk menggunakan masker selama beraktivitas. Namun, masker masih sangat direkomendasikan untuk dipakai jika kamu berada dalam tempat dengan kesibukan yang tinggi, seperti kendaraan umum dan keramaian, atau berada dalam fasilitas kesehatan.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Islandia, Syarat Masuk Islandia 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi Tempat Wisata di Belgia

  1. Royal Palace of Brussels

    loader

    Royal Palace of Brussels

    Jalan-jalan ke Belgia rasanya tak lengkap kalau tidak ke ibu kotanya, Brussels. Nah, di Brussels ini salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi ialah istana kerjaannya. Kapan lagi kamu dapat mendatangi istana kerajaan, kan?

    Terdapat beberapa area istana yang menjadi ruang publik sehingga pengunjung dapat menikmati kemegahan istana. Tak perlu khawatir mengenai biaya untuk masuk ke bangunan megah ini karena kamu tidak akan dipungut biaya apapun. Dengan nuansa klasik ini, tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan!

  2. Atomium

    loader

    Atomium

    Masih di Brussels, tempat ini juga tidak boleh dilewatkan apalagi bagi penggemar sains. Sesuai dengan namanya, bangunan ini berbentuk seperti rangkaian atom. Di dalamnya, terdapat berbagai pameran sains yang mind blowing. Harga masuk ke Atomium ini cukup dengan mengeluarkan 12 euro yang dapat dibeli secara online pula.

  3. Pierre Marcolini Chocolatier

    loader

    Pierre Marcolini Chocolatier

    Seperti yang telah disebutkan di atas, Belgia merupakan negara yang dikenal dengan kenikmatan coklatnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan Pierre Marcolini Chocolatier. Bagi penggemar coklat, tentunya tempat ini bagaikan surga dunia. Berbagai coklat dan camilan manis lainnya dapat ditemukan di sini. Bawakan coklat ini sebagai oleh-oleh kerabatmu di Indonesia agar mereka merasakan nikmatnya coklat Belgia asli.

  4. Kastil Gravensteen

    loader

    Kastil Gravensteen

    Jika suka dengan bangunan bersejarah, bangunan yang satu ini juga wajib dikunjungi, yaitu Kastil Gravensteen. Kastil yang dibangun sejak tahun 1100-an ini berada di Sint-Veerleplein, Ghent, yang dapat diakses menggunakan transportasi umum, seperti kereta api dan bus.

    Meskipun sudah tua dan kuno, kastil ini masih sangat terawat sehingga kamu bisa dengan luwes memasuki kastil megah ini. Pemandangan kastil ini juga tidak kalah menarik perhatian. Kamu bisa langsung melihat pemandangan indah melalui kastil ini.

  5. Durbuy

    loader

    Desa Durbuy

    Ingin ke desa kuno kaya di film-film? Yap, kamu bisa datangi salah satu desa kuno di Belgia yang bernama Durbuy. Letak desa ini tidak jauh dari ibu kota Belgia, hanya memakan waktu kurang lebih dua jam. 

    Keunikan dari desa ini ialah kamu akan lebih sering bertemu dengan wisatawan ketimbang penduduk lokalnya. Hal ini disebabkan desa ini sudah berdiri sejak abad pertengahan sehingga penduduk lokalnya hanya 500 orang saja. Dengan kata lain, desa ini merupakan desa wisata.

  6. Dinant

    loader

    Sungai Dinant

    Jika ingin menikmati wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi sungai cantik di Belgia. Dengan jarak 65 km dari Belgia, kamu bisa menikmati tidak hanya sungai, tetapi juga monumen dan bangunan antik yang mengitari sungai ini. Ditambah, pada sungai ini juga terdapat Goa Han dan Goa Dinant.

  7. Beer Tasting

    loader

    Beer Tasting

    Selain coklat, Belgia juga terkenal dengan birnya. Berbagai varian bir dengan kualitas terbaik dapat ditemukan di Belgia. Kamu dapat melakukan beer tasting jika mengunjungi Belgia. Salah satu rekomendasi beer untuk wisatawan mancanegara adalah Poe Chenelle Kelder. Di sini, kamu dapat menemukan setidaknya 150 jenis bir.

    Tak disangka ternyata bir memiliki varian rasa yang begitu banyak, ya! Maka, jangan lewatkan kesempatan ini dan rasakan keunikan varian bir yang ada di Belgia. Untuk yang tidak meminum alkohol, tenang saja karena di sini kamu juga dapat mencoba berbagai varian non-alcoholic bir, lho!

    Ketika melakukan beer tasting, kamu tidak meminumnya di dalam bar. Bahkan, beer tasting ini dapat dilakukan di kafe saja agar suasana lebih santai dan nyaman.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Jerman, Syarat Masuk Jerman 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Aman Jalan-Jalan dengan Asuransi Perjalanan Covid Belgia

Itulah penjelasan mengenai syarat masuk Belgia. Meskipun di antara syarat-syarat tersebut tidak diperlukan asuransi perjalanan yang menanggung Covid-19, ada baiknya kamu tetap mengambil perlindungan tersebut. Sebab, virus Covid-19 masih ada di antara kita dan kemungkinan untuk terpapar masih ada.

Asuransi perjalanan Covid-19 ini dapat dijadikan sebagai tindakan preventif. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, kamu dapat menghemat pengeluaranmu seandainya terpapar virus ini karena biaya perawatan kesehatan, khususnya Covid-19 tidaklah murah.

Selama perjalanan di Belgia, taati terus protokol kesehatan, meskipun anjuran penggunaan masker sudah diangkat. Jika merasakan gejala Covid-19, segera lakukan tes dan isolasi mandiri. 

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.