Awalnya Ditentang Orang Tua, Kini Aktor Hyun Bin Jadi Bintang dengan Bayaran Paling Mahal

Siapa yang tak mengenal nama Hyun Bin. Oppa tampan dari Korea Selatan ini telah berkiprah di dunia hiburan sejak 16 tahun lalu. Beberapa serial drama telah meroketkan namanya, seperti My Name Is Kim Sam Soon dan Memories of the Alhambra.

Karir pria yang nama lahirnya adalah Kim Tae Pyung ini makin melejit setelah membintangi serial drama Secret Garden serta film Crash Landing On You. Bahkan kini, nama Hyun Bin telah masuk ke dalam daftar aktor dengan bayaran termahal di Korea Selatan.

Alhasil, popularitas sang bintang jadi kian tersohor hingga ke berbagai negara Asia, termasuk Filipina dan Indonesia. Soal prestasinya pun jangan ditanya. Sejauh ini, Hyun Bin sudah berhasil mengantongi berbagai penghargaan bergengsi.

Cinta Akting Sejak Remaja

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Kecintaan Hyun Bin kepada dunia akting sudah dirasakannya sejak masih usia remaja. Saat memasuki SMA, Hyun Bin ikut bergabung mengambil kelas drama.

Bermodalkan minat dan bakatnya, ia pun terbersit untuk mengasah keterampilannya lebih lanjut di dunia akting. Hyun Bin belakangan jadi semakin termotivasi setelah pertunjukan pertamanya mendapat atensi yang baik dari para penonton.

Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Keinginannya untuk mendalami seni peran sempat tak direstui orang tua. Hingga akhirnya, ayah dan ibu Hyun Bin akan mengizinkan putranya menjadi bintang film jika ia berhasil masuk seleksi di Chung-Ang University.

Tekad Hyun Bin semakin bulat untuk berprofesi sebagai aktor. Masa SMA dihabiskannya dengan terus mengasah kebolehannya dalam berakting. Kesungguhannya kian tampak setelah ia mengikuti kursus akting secara privat.

Demi cita-citanya, Hyun Bin mengundang guru seni drama ke rumah untuk mengajarinya. Pada masa itu, ia mulai belajar banyak hal seputar akting. 

Ia mempelajari beragam ekspresi wajah, bagaimana cara melontarkan lelucon agar penonton tertawa, serta memperlihatkan aura yang berkarisma di depan umum.

Baca Juga: Dari Skandal Hingga Prestasi yang Gemilang, Begini Lika-Liku Perjalanan Karir Park Bom Eks 2NE1

Masuk Kampus Impian Hingga Debut Pertamanya

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Ketekunan Hyun Bin membuahkan hasil. Berkat rajin berlatih, ia berhasil lulus seleksi dan masuk kampus impiannya. Ia lantas mengambil jurusan Teater dan terus mengembangkan kemampuan aktingnya.

Hingga tibalah momentum keberuntungan menghampiri pria dengan tinggi lebih dari 180 cm ini. Kemunculannya yang apik dimulai ketika ia membintangi serial drama berjudul Bodyguard (2003).

Kendati belum memerankan tokoh yang utama, namun Hyun Bin dapat memetik pengalaman dan ilmu yang lebih banyak dari penampilan perdananya itu.

Karir yang Bersinar Terang

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Rupanya pemilihan nama Hyun Bin mengandung arti yang positif bagi dirinya. Menurutnya, nama tersebut memiliki arti "bersinar terang". Tampaknya ia tak salah memilih nama itu.

Setelah berhasil membintangi Ireland pada tahun 2004, aktingnya kemudian dianugerahi penghargaan dari MBC Drama Awards. Adapun trofi yang ia pulang adalah award untuk Pendatang Baru Terbaik dan Populer.

Karir Hyun Bin semakin bersinar. Namanya kian meroket sewaktu membintangi My Name Is Kim Sam Soon. Tayang pada tahun 2005, saat itu ia beradu akting dengan lawan mainnya yakni Kim Sun Ah.

Mencapai Puncak Ketenaran

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Puncak ketenaran Hyun Bin diraihnya pada tahun 2010. Saat itu ia sukses membintangi serial drama Secret Garden yang jadi hits dan digemari banyak orang. Ia juga berhasil mendapat trofi Aktor Terbaik dari Baeksang Arts Awards berkat aktingnya dalam drama bertajuk Memories of the Alhambra.

Memasuki tahun 2011, Hyun Bin kemudian membintangi film berjudul Late Autumn. Film ini menjadi film pertamanya yang ia bintangi dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Selain itu, sejumlah film lainnya yang ia bintangi pun meraih sukses besar. Di tahun 2018, Hyun Bin lagi-lagi mendapat sorotan berkat aktingnya yang ciamik dalam film The Negotiation.

Film yang memasangkannya dengan Son Ye Jin itu lagi-lagi mendapat tempat di hati para penggemarnya. Chemistry yang kuat di antara keduanya berhasil menghidupkan kesan romantisme dalam film itu.

Meraih Prestasi Prestisius

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Tampan dan berbakat, Hyun Bin berhasil memboyong beberapa piala prestisius dari berbagai acara penghargaan. Ia pernah dianugerahi Top Actor Excellence Award dan Best Actor Popularity Award. Pada tahun 2005, ia juga meraih predikat Best Couple Award dengan Sun Ah dari MBC Drama Awards.

Berkat aktingnya yang memukau dalam Secret Garden, Penghargaan Seni Baeksang memberinya kemenangan untuk Kategori Televisi: Daesang. Selain itu, ia juga mendapat penghargaan Aktor Terpopuler dari Penghargaan Seni Baeksang. Trofi tersebut ia raih melalui aktingnya untuk film A Millionaire's First Love (2006).

Baca Juga: Begini Perjalanan Karir Twice yang Fenomenal

Dapat Pujian Saat Wajib Militer

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Sejak Maret 2011 hingga Desember 2012, Hyun Bin diharuskan menjalani wajib militer di Negeri Ginseng. Menjadi peserta wamil membuat sang aktor menjalani berbagai pelatihan militer yang ditentukan.

Namun rupanya, Hyun Bin lagi-lagi berhasil menjalaninya dengan baik. Tak hanya sering dipuji, sosoknya malahan merupakan inspirasi di mata para prajurit lainnya. 

Bahkan, Menteri Pertahanan Korea Selatan serta sejumlah pejabat berwenang lainnya menganugerahkan Hyun Bin penghargaan yang paling tinggi. Semua itu diberikan karena Hyun Bin telah melayani masyarakat dan instansi militer dengan setia.

Menurut salah satu pejabat tinggi, Hyun Bin bahkan tak pernah meminta untuk dianakemaskan serta perlakuan istimewa lainnya hanya karena ia seorang aktor kenamaan.

Prestasi yang ia torehkan selama menjalani wajib militer ini membuat Hyun Bin mendapat tempat di Angkatan Laut. Di sana ia ditugaskan berpatroli di perbatasan negaranya. Karena pengabdian dan kinerja yang baik, ia dianugerahi sebuah kehormatan, yakni menjadi teladan bagi para tentara lainnya.

Mengalami Banyak Kendala

View this post on Instagram

A post shared by Hyun Bin (현빈) (@hyunbin_actor) on

Sama seperti kisah lainnya, perjalanan karir seorang Hyun Bin pun tak selalu berjalan mulus. Malahan di awal karirnya ia sempat mengalami banyak kendala. Pasalnya, ia pernah mendapat rating buruk untuk sejumlah serial drama yang dilakoninya.

Feedback yang tak mengenakkan itu membuatnya terpacu untuk menjadi lebih baik lagi. Ia terus berusaha mengembangkan kemampuannya dan memberikan yang terbaik.

Selain itu, ia juga pernah berpindah-pindah agensi manajemen dalam merintis karirnya demi sejumlah penyesuaian. Di awal, Hyun Bin bekerja di bawah naungan AM Entertainment. Kemudian agen tersebut melakukan merger bersama SM Entertainment. Hyun Bin lantas mengundurkan diri dari AM Entertainment.

Keputusan ini lantas membuat Hyun Bin membentuk agensi dengan Shin Min Ah. Di tahun 2012, agensi yang dinamakan O Entertainment tersebut akhirnya resmi didirikan.

Namun memasuki tahun 2016, Hyun Bin kembali melakukan perubahan dan bergabung masuk ke Vast Entertainment. Bersama agensi ini, Hyun Bin terus melebarkan sayapnya dalam industri hiburan hingga kini.

Hyun Bin Dapat Bayaran Paling Mahal

Komitmen dan kerja keras Hyun Bin di dunia hiburan telah berbuah manis. Selain tinggal dengan nyaman di kawasan Villa Heuk Seok (Mark Hills), sang aktor pun menjadi semakin kaya raya.

Sekarang, sang bintang telah dinobatkan sebagai pelaku akting dengan harga paling mahal. Menurut sejumlah data, fee Hyun Bin per episodenya kini tembus 839 ribu USD (kira-kira Rp 1 miliar lebih).

Artinya, saat Hyun Bin berhasil merampungkan 16 episode untuk serial Crash Landing on You, ia akan mengantongi pendapatan lebih dari Rp 17 miliar.

Terus Bertekun Sampai Akhir

Dalam perjalanan karir, Anda diajarkan untuk terus bertekun dan belajar mengembangkan kemampuan. Hal itu tak bisa dilakukan dalam waktu sebentar. Itulah sebabnya Anda dituntut untuk berkomitmen dan percayakan semuanya pada proses.

Bertekun pun belum tentu akan membuat Anda segera meraih sukses. Karena ada kalanya Anda merasa sudah cukup mumpuni, sedangkan tidak demikian di mata orang lain.

Itulah sebabnya Anda perlu menerima masukan yang membina dari pihak lain dan keluar dari zona nyaman, serta melakukan sejumlah perubahan dan penyesuaian apabila diperlukan. Seperti yang dialami Hyun Bin, ia pun berhasil menemukan tempatnya dan terus bersinar sampai sekarang.

Baca Juga: Nonton Drama Korea Online Sepuasnya di 6 Aplikasi Ini, Dijamin Gratis!