Mengenal Axie Infinity, Cara Kerja dan Dapatkan Crypto Gratis

Akhir-akhir ini investasi kripto atau crypto sedang menjadi topik obrolan panas di hampir berbagai kalangan masyarakat. Baik itu bicara soal cara investasinya, keuntungan dan kerugiannya sampai mitos atau rumor-rumor aneh seputar investasi mata uang digital ini.

Tapi apa sih investasi crypto itu?

Sebelum membahas ap aitu investasi crypto, kamu harus memahami dulu apa itu crypto/kripto. Kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, membuat mata uang kripto hampir tidak mungkin dipalsukan. Kripto juga dapat digunakan untuk transaksi seperti pembayaran atau transfer dari satu orang ke orang lainnya secara online.

Dengan semakin populernya keberadaan mata uang kripto saat ini, pemanfaatannya sebagai instrument investasi pun juga ikut meroket. investasi kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer dikalangan banyak orang saat ini, terutama para millennial dan gen z berkat kecanggihan teknologi saat ini.

Nah, untuk bisa memperoleh sebuah kripto cara yang bisa dilakukan tidak hanya membeli sejumlah mata uang digital dari kantong sendiri. Ada beberapa cara lain salah satunya dengan bermain game yang memberikan reward mata uang kripto kepada pemenangnya, yang jika dikumpulkan berikutnya bisa ditukarkan dengan mata uang Rupiah, Dollar atau mata uang negara lainnya.

Salah satu platform yang menyediakan cara mendapatkan mata uang kripto dengan bermain games adalah Axie Infinity. Apa itu Axie Infinity secara lengkap?

Pengertian Axie Infinity

loader

Axie Infinity adalah video game online berbasis NFT yang dikembangkan oleh studio Vietnam Sky Mavis, yang menggunakan cryptocurrency AXS dan SLP berbasis Ethereum. Untuk bisa bermain di Axie Infinity pemain harus memiliki Axie atau hewan peliharaan digital dalam game blockchain ini. Axies ini yang disebut sebagai non-fungible token (NFT) ERC-721.

Permainan ini mengusung konsep Play-to-Earn karena pemain dapat mendapatkan keuntungan atau penghasilan dalam bentuk NFT Axie Infinity Shard (AXS) dan Small Love Potion (SLP). Axie Infinity dikembangkan oleh Sky Mavis, sebuah studio game yang berfokus pada teknologi yang didirikan pada awal 2018. Game Axie terinspirasi oleh game Pokemon dan Tamagotchi.

Axie Infinity dikategorikan sebagai game NFT yang memungkinkan seseorang agar bisa mendapatkan mata uang dari bermain game saat mereka berkembang biak, membesarkan, bertempur, dan memperdagangkan makhluk Axie di pasar. Misi Axie Infinity adalah menyediakan media yang menyenangkan dan mendidik untuk memperkenalkan dunia pada teknologi blockchain. 

Semua aset seni dan data Axie bisa diakses oleh pihak ketiga, memungkinkan pengembang komunitas untuk membangun alat dan pengalaman mereka sendiri untuk meningkatkan alam semesta Axie Infinity lebih jauh.

Baca Juga:  Ethereum - Pengertian, Keuntungan dan Cara Kerja

Cara Kerja Axie Infinity

loader

Axie Infinity menggunakan teknologi blockchain. Namun, alih-alih menambang blok baru pada rantai (menyelesaikan masalah matematika kompleks yang menghasilkan hash yang diterima), Axie Infinity menyediakan struktur ‘Play to Earn’.

Pemain bisa mendapatkan penghasilan dengan bersaing dalam pertempuran PVP, membiakkan Axies dan kemudian menjualnya di pasar, atau mengumpulkan Axies langka. 

Pemain akan mendapatkan Smooth Love Potions (SLP) yang merupakan cryptocurrency dan diperlukan untuk membiakkan Axie. Berikutnya SLP ini bisa ditukarkan ke Ethereum dan diubah ke Fiat. Kamu juga juga bisa membeli SLP langsung melalui Uniswap atau Binance.

Berikutnya, ada dua token utama pada game Axie Infinity, yaitu token AXS (Axie Infinity Shards) dan SPL (Smooth Potion Love). Keduanya merupakan jenis token ERC-20 pada blockchain Ethereum. Token AXS difungsikan untuk tata kelola platform. Pemegang token dapat memberikan suara dan keputusan terhadap pengembangan platform.

Pemain juga akan dapat memperoleh $AXS saat mereka memainkan berbagai game di dalam Axie Infinity Universe dan melalui inisiatif konten yang dibuat pengguna.

Pemain bisa menukarkan token AXS atau SLP yang telah diperoleh menjadi mata uang fiat lewat platform crypto exchange. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menukarkan token AXS ke Rupiah lewat Pintu, aplikasi jual beli crypto di Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti.

Baca Juga: Mengenal Binance Coin dan Cara Investasinya untuk Pemula

Cara Menghasilkan Uang dari Axie Infinity

Ada beberapa cara/kegiata yang bisa dilakukan untuk bisa memperoleh crypto gratis dari game Axie Infinity, berikut selengkapnya:

Nama Kegiatan/Aktivitas

Keterangan

Axies Scholarship

Sistem scholarship yang ada di dalam game Axie bertujuan untuk memberi “bantuan” dalam bentuk Axies bagi pemain yang tidak memiliki modal.

Terdapat dua pihak, yaitu Scholars (pemain baru) dan Managers (investor atau orang yang memiliki banyak item).

Umumnya Scholars tidak memiliki cukup modal dan Axies, namun memiliki banyak waktu. Sebaliknya, Managers memiliki banyak modal, namun tidak memiliki cukup waktu untuk bermain.

Untuk tetap bisa memperoleh penghasilan dari game, Managers biasanya meminjamkan Axies-nya kepada Scholars agar bisa digunakan ketika bertanding.

Nantinya, keuntungan yang diperoleh dibagi berdasarkan persetujuan kedua belah pihak. Managers biasanya mendapatkan komisi ketika meminjamkan Axies.

Menyelesaikan Misi Harian/Quest

Misi harian yang dimaksud bisa beragam mulai dari hanya masuk ke akun hingga bermain melawan pemain lain atau komputer.

Dengan melakukan tugas harian, nantinya para pemain akan diberikan imbalan berupa 50 SLP dimana saat ini 1 SLP atau Smooth Love Potion bernilai sekitar Rp5.000.

Perlu diingat bahwa tugas harian ini akan kedaluwarsa setiap 24 Jam, sehingga pemain harus menyelesaikan tugas sebelum 24 Jam selesai.

24 Jam ini terhitung dari 07.00 WIB hingga 06.00 WIB di hari berikutnya, sama seperti waktu pembaruan harga pasar crypto.

Bermain Melawan Pemain Lain

Bermain melawan pemain lain ini memiliki kemiripan dengan game animasi Pokemon. Dimana pemain akan memiliki Axie atau “monster peliharaan” yang dapat dikembangbiakkan dan dapat digunakan untuk bertarung.

Dalam game Axie Infinity, kamu akan memiliki karakter peliharaan digital yang disebut Axies. Axies dikategorikan ke dalam dua kelas, yaitu kelas normal dan rahasia. Axies normal mencakup Beast, Bug, Aquatic, Bird, Plant, dan Reptile.

Pemain biasanya berlomba untuk mendapatkan hadiah dalam game Axie Infinity lewat pertandingan dengan pemain lain atau secara PVP (Player vs Player). Pemain yang berhasil memenangkan pertempuran biasanya akan diberi imbalan dalam bentuk aset crypto.

Atau bisa juga bermain dalam mode petualangan. Jika berhasil melawan monster dan menyelesaikan misi petualangan, pemain akan diberi sejumlah hadiah.

Untuk memulai permainan ini pemain harus memiliki minimal tiga Axie yang akan membentuk satu tim, yang nantinya dapat melawan Axie lain.

Nantinya pemain dapat masuk ke mode Arena untuk mulai bermain melawan pemain lainnya di seluruh dunia.

Pendapatan dari melawan pemain lain bervariasi dan bergantung pada berapa piala atau trophy yang dimiliki oleh pemain.

Bermain Melawan Komputer

Bermain melawan komputer yang dapat dilakukan pada mode Advanture dimana maksimal pendapatannya adalah 100 SLP per hari.

Dalam mode ini pemain dapat menghasilkan SLP dengan melawan komputer sehingga bukan melawan pemain lain.

Perlu diingat bahwa SLP akan di dapatkan jika menang dan jika kalah, SLP tidak akan di dapatkan oleh pemain sehingga tidak ada penghasilan.

Oleh karena itu, sebelum bermain, ada baiknya menyusun rencana atau strategi terlebih dahulu agar dapat menghasilkan SLP.

Menjual Axies di Marketplace

Pemain bisa membiakkan Axies lalu menjualnya dengan kisaran harga tertentu di marketplace. Axies akan diperdagangkan secara kompetitif dan dihargai dengan nilai tinggi jika memiliki level tinggi, kuat dalam pertandingan, atau merupakan spesies langka.

Pemain biasanya menciptakan kombinasi Axies yang langka dan kuat dengan cara mengawinkan Axies dengan kualitas gen yang baik.

Axie ini berbentuk NFT atau NonFungible Token, sehingga saat menjual Axie, pemain akan menjual NFT asli dari wallet pribadi.

Untuk mengembangbiakkan Axie, pemain membutuhkan SLP sebagai bahan untuk mendorong proses pengembangbiakan terjadi.

Farming/Mengembangbiakkan Token SLP

Token SLP digunakan dalam game untuk mengembangbiakkan Axies. Pemain dapat memperoleh token SLP dengan cara farming (istilah khusus dalam game untuk mengumpulkan sejumlah resource di game, dalam hal ini SLP).

Nantinya pemain dapat menjual token SLP di platform exchange crypto untuk memperoleh uang.

Jangan Cuman Keuntungan, Pahami juga Risikonya

Dibalik kemudahan dan keuntungan pasti ada risiko, tapi bukan berarti tidak bisa dihindari atau diminimalisir. Dengan memahami jenis investasi yang dipilih secara baik mulai dari manfaat, keuntungan sampai kerugiannya otomatis kamu bisa menjalani investasi apapun dengan lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Dompet Bitcoin: Jenis dan Rekomendasi Terbaiknya untuk Menyimpan Aset Bitcoin