Mengenal Binance Coin dan Cara Investasinya untuk Pemula

Investasi kripto atau cryptocurrency adalah jenis investasi yang menawarkan return tinggi/high return. Cryptocurrency sendiri adalah mata uang digital yang hanya ada dan bisa digunakan di dunia maya.

Cryptocurrency sendiri adalah mata uang digital yang hanya ada dan bisa digunakan di dunia maya. Investasi kripto, khususnya bitcoin diperkenalkan pertama kali oleh Satoshi Nakamoto pada Januari 2009. Investasi kripto merupakan investasi online yang bisa diakses oleh hampir setiap orang di seluruh dunia.

Selain itu, cryptocurrency juga bisa dijadikan sebagai alat pembayaran transaksi pembelian online dengan ditukarkan menjadi mata uang lain seperti Dollar, Yen, Rupiah dan mata uang lainnya.

Investasi mata uang kripto saat ini telah menjadi instrumen investasi yang paling diminati di hampir seluruh dunia. Ini bisa terlihat dari semakin bertambahnya jenis mata uang kripto baru yang bisa dibeli saat ini.

Salah satu jenis investasi kripto populer lainnya selain bitcoin dan altcoin yang saat ini juga memiliki banyak peminat adalah Binance coin.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa Itu Binance Coin?

loader

Binance coin (BNB) merupakan koin kripto yang dibuat oleh Binance. Binance sendiri adalah salah satu platform pertukaran kripto terbesar di dunia. Binance didirikan pada 2017 di Hong Kong. Nama “Binance” adalah kombinasi dari kata “bitcoin” dan “finance.”

Dalam ekosistem Binance, BNB digunakan sebagai utility token untuk mendapatkan potongan harga saat membayar trading fees pada platform Binance. BNB sendiri merupakan aset kripto terbesar yakni di urutan ke 4 di dunia setelah Bitcoin dan Ethereum.

Keunggulan Binance Coin (BNB):

  • Binance berkembang menjadi platform exchange kripto terbesar.
  • Memiliki potensi kenaikan yang cukup besar.
  • Terdapat kebijakan burning (pembakaran koin yang beredar) setiap 4 bulan sekali.
  • Cocok menjadi investasi jangka panjang
  • Interface sangat bagus dan komplit
  • Memiliki banyak cryptocurrency terdaftar
  • Kecepatan proses sangat tinggi
  • Bisa ditemkan pada tiga jaringan berbeda yaitu:
    • BEP-2 di Binance chain
    • BEP-20 pada Binance Smart Chain
    • ERC-20 di jaringan Ethereum

Baca Juga: Cryptocurrency: Pengertian, Jenis dan Cara Investasi Kripto

Cara Berinvestasi Binance Coin (BNB)

loader

Tertarik berinvestasi kripto dengan BNB (binance coin)? Berikut cara membuat akun di Binance untuk bisa berinvestasi kripto Binance coin (BNB):

Cara membuat akun:

  1. Klik link ini https://accounts.binance.com
  2. Klik Register.
  3. Gunakan alamat email yang sering digunakan dan yang diperiksa secara teratur.
  4. Membuat kata sandi, gunakan campuran angka, simbol, huruf besar dan kecil.
  5. Baca dan setujui Persyaratan Penggunaan Binance dan klik Register.
  6. Kamu akan diminta untuk menyelesaikan teka-teki yang mudah dijawab untuk membuktikan kamu bukan robot untuk tujuan keamanan.
  7. Akan ada email yang dikirimkan ke alamat email yang digunakan untuk registrasi
  8. Buka email, dan klik Verify Email untuk menyelesaikan pendaftaran
  9. Amankan akun dengan mengaktifkan 2FA (fitur otentikasi dua faktor)

Cara membali Binance coin (BNB):

  1. Masuk ke akun Coinbase dan klik Accounts. Selanjutnya, klik Send di mana tertulis ETH Wallet.
  2. Masukan penerima (recipient)
  3. Masukan alamat cryptocurrency contohnya, Ethereum (ETH) dari akun binance kamu
  4. Masuk ke akun binance dan klik Funds lalu Deposits
  5. Masukkan cryptocurrency yang dibutuhkan alamatnya.
  6. Salin dan tempel ke dalam kotak Penerima di akun Coinbase.
  7. Ketik berapa banyak Ethereum yang ingin dikirim ke akun Binance dan klik Send.
  8. Akun binance sudah didanai dan saldonya bisa digunakan untuk trading.

Cara Trading di Binance:

  1. Masuk ke akun Binance Login kamu.
  2. Klik Exchange di taskbar dan pilih Basic untuk pemula atau Advance untuk yang sudah berpengalaman
  3. Pilih Trading Pair
  4. Pilih jenis trading yang ingin dilakukan seperti Limit Order, Market Orders atau Stop-limit Orders
    • Limit order, memungkinkan pengguna untuk menetapkan harga maksimum yang bersedia mereka bayar untuk koin atau harga minimum yang ingin mereka jual.
    • Market orders, memungkinkan pengguna untuk berdagang koin dengan harga pasar saat ini. Jenis perdagangan ini adalah yang tercepat dan paling sederhana.
    • Stop-limit orders memungkinkan pedagang untuk membeli atau menjual koin setelah mencapai harga tertentu. Orde semacam ini sering digunakan oleh pro-trader. Jadi untuk kamu yang masih pemula sebaiknya tidak menggunakan jenis trading yang ini.
  5. Pilih jumlah yang ingin ditrade
  6. Klik market jika kamu senang dengan harga pasar yang sedang ditampilkan
  7. Masukkan jumalh ripple (atau koin pilihan kamu) yang ingin dibeli.
  8. Lalu klik Buy XRP

Binance membebankan biaya penarikan yang berbeda untuk cryptocurrency yang berbeda tapi masih rendah.

Baca Juga: Dompet Bitcoin: Jenis dan Rekomendasi Terbaiknya untuk Menyimpan Aset Bitcoin

Keuntungan Berinvestasi Kripto

loader

Berikut keuntungan yang bisa didapatkan dari berinvestasi cryptocurrency baik itu berinvestasi bitcoin, altcoin, binance coin atau mata uang digital lainnya:

1. High Return

Investasi mata uang kripto adalah salah satu jenis investasi yang dikenal bisa memberikan high return atau keuntungan yang tinggi selain saham. Harga mata uang kripto seperti bitcoin bisa meningkat cukup drastis.

Hanya dalam waktu hitungan bulan saja nilainya bisa menembus all-time high yang baru. Harga bitcoin pernah naik hingga 354% pada tahun 2020 yang membuatnya bisa mengalahkan return aset keuangan lainnya.

Dengan strategi yang tepat, kamu bisa membeli mata uang dengan murah tapi bisa menjualnya dengan harga yang mahal layaknya saham.

2. Universal

Seluruh dunia bisa menggunakan cryptocurrency. Oleh karena itu, cryptocurrency dianggap universal karena tidak ada syarat apa pun untuk menjadi penggunanya bahkan pengguna tidak harus menggunakan nama asli dan menyertakan data pribadi apapun.

3. Cepat dan Mudah

Transaksi dengan cryptocurrency terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan transaksi di bank. Contohnya transfer antarbank internasional biasanya bisa memakan waktu hingga lebih dari satu hari. Sementara itu, perdagangan bitcoin hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit hingga satu jam.

4. Transparan

Setiap pengguna cryptocurrency bisa melihat semua transaksi yang sudah pernah dilakukan. Namun, tentunya pengguna tetap tidak akan bisa mengetahui transaksi tersebut dilakukan oleh siapa karena hanya dalam bentuk angka tanpa identitas.

5. Bisa Dgunakan sebagai Alat Bayar di Banyak e-Commerce

Sekarang mata uang kripto bitcoin bisa dijadikan sebagai alat pembayaran dibeberapa transaksi digital, meskipun belum banyak.

PayPal yang juga merupakan alat pembayaran transaksi online terbesar di dunia sudah menerima pembayaran dengan Bitcoin. Pengguna PayPal bisa menyimpan dan melakukan transaksi dengan Bitcoin di PayPal.

Bisa digunakan sebagai alat pembayaran jual-beli online untuk beberapa e-commerce internasional/luar negeri seperti e-Bay dan Amazon.

6. Aman dan Sah

Investasi crypto telah mendapatkan kepastian hukum soal diperbolehkannya perdagangan Bitcoin di Indonesia membuat investasi di aset kripto ini menjadi lebih aman secara regulasi.

Kenali Risikonya, Maksimalkan Keuntungannya

Dibalik kemudahan dan keuntungan investasi pasti ada risiko, tapi bukan berarti tidak bisa dihindari atau diminimalisir. Dengan memahami jenis investasi yang dipilih secara baik mulai dari manfaat, keuntungan sampai kerugiannya otomatis kamu bisa menjalani investasi apapun dengan lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Altcoin: Pengertian, Jenis dan Daftar Altcoin Terbaik