Baru Reuni, Begini Kabarnya F4 (JVKV), Bintang Meteor Garden yang Fenomenal

Masih ingat Meteor Garden yang dulu tayang di TV pada tahun 2002? Serial drama dari Taiwan ini tak hanya menampilkan si cantik Barbie Xu (berperan sebagai San Chai), tapi juga dibintangi oleh F4 (dibaca: Ef Tse). Flower 4/ F4 yang belakangan namanya diubah menjadi JVKV di tahun 2007 ini terdiri Jerry Yan, Vanness Wu, Ken Chu, dan Vic Chou. 

F4 dan Meteor Garden sempat menjadi viral pada zamannya. Di Indonesia sendiri, serial TV yang menyuguhkan ramuan kisah romansa berbumbu komedi dan drama ini tayang perdana di stasiun TV Indosiar. Beberapa tahun kemudian, sejumlah stasiun TV swasta lainnya turut memutar ulang TV series yang digandrungi banyak orang ini.

Tak hanya dibekali dengan kemampuan akting mumpuni dan visual yang menawan. F4 Meteor Garden juga telah merilis sejumlah karya musik sebagai grup dan solois. Lagu-lagu seperti Meteor Rain, Jue Bu Neng Shi Qu Ni, Can’t Help Falling In Love, Liu Xing Yu, hingga Di Yi Shi Jian.

Baca Juga: Profil 10 Artis Jepang Terkaya dari Musik yang Bisa Bikin Kamu Kagum

Meteor Garden Jadi Tayangan Kesayangan

Tak bisa dipungkiri bahwa Meteor Garden menjadi tayangan kesukaan banyak orang pada zamannya. Meteor Garden bercerita tentang kisah cinta segitiga antara San Chai (Barbie Xu) dengan Dao Ming Si (Jerry Yan) dan Hua Ze Lei (Vic Chou). Dalam kisah tersebut, F4 menjadi sekumpulan sahabat yang merupakan anak orang terpandang.

Namun tak banyak yang tahu bahwa kisah tersebut diangkat dari komik (manga) Jepang berjudul Hana Yori Dango yang ditulis oleh Yoko Kamio. Belakangan, Hana Yori Dango ini diangkat menjadi serial drama versi Jepang dan tayang tahun 2005.

Karya Musik F4 Meledak di Pasaran

Tak hanya mendulang ketenaran sebagai aktor. Jauh sebelum boyband besutan K-Pop menjadi trend, sejumlah album dan VCD pun pernah diluncurkan oleh grup musik F4. Karya pertama mereka, Meteor Rain (2001) sekaligus menjadi soundtrack dari Meteor Garden. Kemudian di tahun 2002, mereka kembali menelurkan F4 Music Party Live serta Fantasy 4ever.

Memasuki 2003, F4 lantas meluncurkan Fantasy Live Concert yang dilanjutkan dengan perilisan 360 Degrees: F4 Five Years Glorious Collection tiga tahun kemudian. Sementara itu, Waiting for You rilis di pasaran pada tahun 2007. Sedangkan di tahun berikutnya, mereka meluncurkan karya lainnya, Fabulous: F4 Best Selections (2008).

Fenomena F4 Fever Melanda Asia, Termasuk Indonesia

Kesuksesan Meteor Garden tak pelak menimbulkan F4 Fever di ranah Asia, termasuk Indonesia. Booming dan menjadi favorit pemirsa televisi, salah satu sinetron Indonesia konon sempat mengadaptasi konsep kisah tersebut. 

Sehingga serial drama serupa pun belakangan muncul dengan judul Siapa Takut Jatuh Cinta (2002). Saat itu, sinetron tersebut menampilkan Leony Vitria Hartanti dan F4 versi lokal yang terdiri dari Roger Danuarta, Steve Emmanuel, Indra L. Bruggman, dan Jonathan Frizzy.

Menuai sukses, Meteor Garden versi Koreanya pun muncul dengan judul Boys Over Flowers di tahun 2009. Serial drama ini dibintangi oleh para aktor kawakan nan menawan, seperti Lee Min Ho, Kim Bum, Kim Hyun Joong, serta Ku Hye Sun.

Kembali ke tanah air, Siapa Takut Jatuh Cinta kemudian diproduksi kembali pada tahun 2017. Sinetron ini ikut menampilkan bintang remaja seperti Natasha Wilona, Aliando Syarief, Bryan Domani, Verrel Bramasta, hingga Teuku Rassya.

Di tahun 2018, giliran Negeri Tiongkok yang mengadaptasi dan memproduksi serial drama Meteor Garden. Kali ini, para bintangnya terdiri dari Shen Yue serta F4 versi Negeri Tirai Bambu, yakni Dylan Wang, Connor Leong, Darren Chen, serta Caesar Wu.

F4 Eksis Bersolo Karier

Seiring berjalannya waktu, baik Jerry, Vic, Ken maupun Vanness akhirnya merilis karya musik mereka secara solo. Untuk Vic Chou misalnya, ia mengeluarkan album Make a Wish (2002) dan Remember, I Love You pada tahun 2004. Kemudian di tahun 2007, Vic merilis I’m Not F4 hingga The Best Collection (2009).

Adapun Ken Chu sempat meluncurkan On Ken’s Time (2005) yang diikuti oleh Getting Real (2009). Sedangkan Vanness Wu bisa dibilang merupakan member yang paling rajin menelurkan karya solo. Sejumlah album yang pernah dirilisnya antara lain yakni Body Will Sing (2002), Scandal (2006) hingga V DUBB di tahun 2007.

Berlanjut ke 2008, Vanness kembali menggarap album dan In Between diluncurkan. Selang dua tahun, ia berhasil mengeluarkan karya lainnya dengan judul Reflections (2010), serta V dan C’est La V yang keduanya rilis tahun 2011.

Sedangkan Jerry Yan, ia merilis album solo bertajuk Jerry for You di tahun 2004. Karya lainnya yang menarik dari Jerry ialah Freedom (2009) dan tak ketinggalan My Secret Lover yang rilis tahun 2010.

Baca Juga: BTS Makin Tajir Jadi Boyband Termahal di Dunia, Intip 5 Sumber Kekayaannya

Aktif Berkiprah di Industri Hiburan

Meski kini lebih sering tampil masing-masing, namun keempat member dari F4 Meteor Garden masih terus berkiprah di dunia entertainment, terutamanya di industri hiburan China dan Hong Kong. Jerry Yan dan Vic Chou disebut sebagai personil yang paling tekun bekerja, entah sebagai bintang iklan, film, TV Series dan lainnya.

Dengan demikian, tak heran jika keduanya pun memegang posisi para member dengan kekayaan paling besar. Jerry Yan menempati posisi yang paling tajir dengan total kekayaan mencakup 2,3 miliar Dollar AS (setara kurang lebih Rp32 triliun). Bintang serial Magic Kitchen dan The Hospital tersebut bisa meraup income lebih dari Rp150 miliar setiap tahunnya.

Bagaimana dengan kedua personil lainnya? Vanness Wu hingga kini masih eksis sebagai entertainer. Sementara kisah malang harus menimpa diri Ken Chu. 

Rupanya aktor tampan tersebut diserang penyakit langka yang disebut fibromyalgia. Kondisi ini membuat sang bintang mengalami kesakitan luar biasa di seluruh badannya. Ken yang pernah menerbitkan buku memasak berjudul Mei Wei Guan Xi (Delicious Relations) ini pun harus rela untuk mengambil jeda sejenak dari dunia hiburan. 

Akan Muncul F4 Versi Thailand

Setelah F4 berganti nama menjadi JVKV yang diambil dari inisial nama depan keempat personilnya, mereka sempat melangsungkan reuninya pada beberapa waktu lalu. Saat itu, hanya Vanness Wu yang dapat hadir secara fisik, sementara Vic, Jerry dan Ken hanya tampil dalam bentuk hologram. 

Info terbarunya, Thailand pun akan menayangkan kisah Meteor Garden dan F4 versi negeri mereka di tahun 2021 mendatang. Rencananya, sejumlah bintang seperti Bright Vachirawit, Tu Tontawan, Nani Hirunkit, Win Metawin, dan Dew Jirawat akan tampil dalam drama yang kisahnya digandrungi dunia tersebut.

Diri yang Otentik dan Kesuksesan

Menjadi diri yang otentik akan membuat posisi seseorang tak tergantikan. Bahkan bisa jadi akan ada pihak lain yang berusaha menirunya. Demikian juga dengan kiprah F4 yang sudah pernah menjadi trendsetter yang karya dan kehadirannya berkesan serta manis untuk dikenang.

Ketika kamu menjadi diri sendiri yang berkualitas, niscaya kamu akan dapat memberikan yang terbaik dan punya kelas tersendiri. Dengan begitu, posisimu akan menjadi tak tergantikan, menorehkan kesan dan selalu dikenang.

Baca Juga: Punya Segudang Prestasi, Begini Suksesnya Karier Wanna One yang Singkat