Punya Segudang Prestasi, Begini Suksesnya Karier Wanna One yang Singkat

Masih ingat boyband beken Korea Selatan, Wanna One? Kendati kariernya tak berlangsung lama, namun grup berformasikan sebelas orang personel ini menjadi idola banyak fans. Boyband tersebut terdiri dari Kang Daniel, Lai Guanlin, Lee Daehwi, Park Jihoon, Ong Seungwoo, Kim Jaehwan, Ha Sungwoon, Hwang Minhyun, Yoon Jisung, Park Woojin, dan Bae Jinyoung.

Mengibarkan karier mereka di bawah naungan Swing Entertainment, Wanna One memang telah bubar. Kontrak mereka berdurasi singkat dan padat, yang berlangsung dari Agustus 2017 hingga Desember 2019. Namun deretan prestasi dan penghargaan yang mereka raih dalam waktu rekam jejak mereka memang patut diacungi jempol.

Mereka telah memboyong tak hanya Asia Artist Award 2017-2018, Soribada Best K-Music Awards 2017-2018, Mnet Asian Music Awards 2017-2018 dan Melon Music Awards 2017-2018. Sejumlah penghargaan lain seperti Korea Popular Music Awards 2018, Gaon Chart Music Award 2018, Seoul Music Awards 2018, MBC Plus x Genie Music Awards 2018, dan Golden Disc Awards 2018 juga berhasil Wanna One dapatkan.

Baca Juga: Sempat Rehat dari Panggung Hiburan, Begini Sekelumit Perjalanan Karir Kang Daniel Wanna One

Showcase Debut yang Spektakuler

Wanna One dibentuk dari acara survival competition bernama Produce 101 Season II. Saat itu, ajang tersebut diselenggarakan oleh Mnet. Sebelum debut mereka dimulai pada tahun 2017, para personel Wanna One sudah menggalang banyak fans.

Mengusung musik bergenre Pop dengan unsur EDM, R&B dan Hip Hop, debut mereka ditandai dengan digelarnya acara premier di Gocheok Sky Dome pada Agustus 2019. Konser mereka berlangsung sukses dan spektakuler bahkan dipadati oleh sekitar 20 ribu orang penonton.

Wanna One tercatat sebagai idol dan boyband pertama Korsel yang melakukan debut di venue paling besar Negeri Ginseng tersebut. Sebelumnya, BTS dan EXO pun pernah menggelar konser di Gocheok Sky Dome, namun bukan sewaktu debut. 

Jadi Hits dan Meledak di Pasaran

Mini album bertajuk 1x1=1 (To Be One) dirilis di pasaran dan sukses menjadi hits. Single mereka yang berjudul Energetic serta Burn It Up berhasil merajai berbagai chart musik. 

Untuk lagu Energetic, lagu tersebut berhasil merajai seluruh chart dalam layanan streaming dalam negeri. Sedangkan video musiknya mencatat rekor karena langsung ditonton sebanyak 4 juta kali sehari setelah rilis.

Memasuki November, mereka meluncurkan album 1-1=0 (Nothing Without You). Single utama mereka—Beautiful, kembali meledak di pasaran. Penjualan kedua rilisan album tersebut sangat fenomenal dan berhasil menembus sejuta keping copy. 

Capaian yang fantastis ini membuat Wanna One menjadi grup Korea Selatan ketiga dengan penjualan yang menembus angka sebesar itu. Berkat prestasi tersebut, Wanna One digadang-gadang sebagai boy band K-Pop pertama dalam abad 21 yang debut albumnya laku keras sejuta keping copy.

Pembagian Unit dan Tur Keliling Dunia

Jadwal masih terus padat di tahun 2018. Mereka tak hanya meluncurkan lagu dan video klip I Promise You (IPU). Wanna One juga mempromosikan mini album selanjutnya yang bertajuk 0+1=1 (I Promise You) yang telah mencapai 700 ribu copy. 

Single mereka selanjutnya, Boomerang, kembali mendapat sambutan meriah dari para fans fanatik mereka. Kemudian, mereka dibagi ke sejumlah unit dan melakukan kolaborasi dengan Nell, Zico, Dynamic Duo, hingga Heize. 

Selanjutnya Wanna One kembali meluncurkan album terbaru mereka, yakni 1÷x=1 (Undivided). Single bertajuk Light dikeluarkan ke pasaran. Tur dunia mereka—One: The World kemudian dimulai. 

Wanna One menikmati serunya tur keliling dunia dan di 13 kota besar setelah sebelumnya kontrak mereka beralih dari YMC Entertainment ke Swing Entertainment. Kemudian kembali merilis album 111 = 1 (Power of Destiny) di bulan November 2018.

Boyong Segudang Prestasi dalam Waktu Singkat

Dengan sepak terjang selama lebih kurang dua tahun, boyband satu ini telah berhasil menorehkan segudang penghargaan dan prestasi besar. Di tahun 2018 dan 2019, Wanna One meraih Piala Bonsang dari Penghargaan Musik Seoul.

Di tahun 2018, Mnet Asian Music Award memberikan mereka penghargaan Worldwide Fans’ Choice. Mereka memenangkan Artis Pendatang Baru Pria Terbaik 2017 dan 2018 dari ajang yang sama.Tak hanya itu saja, Mnet Asian Music Award juga memberi mereka penghargaan Best of Next Artist 2017 serta DDP Best Trend 2018.

Selain itu, mereka sempat meraih Golden Disk Award Rookie Artist Award 2018. Sedangkan di tahun berikutnya, ajang bergengsi tersebut kembali menganugerahkan penghargaan Divisi Album untuk 0+1=1 (I Promise You), Best Group Performance, dan Cosmopolitan Artist Award 2019.

Mereka juga tercatat pernah meraih penghargaan Rising Star dari Busan One Asia Festival Award 2017 dan masih banyak lagi.

Aktif dalam Kegiatan Peduli Sosial

Para personel Wanna One tak hanya good looking dan berbakat. Mereka juga mempunyai hati malaikat. Kebaikan hati mereka tercermin dari keterlibatan Wanna One di sejumlah kegiatan peduli sosial.

Mereka pernah berkontribusi dalam penggalangan donasi Christmas Jumper Day untuk anak-anak. Wanna One juga terlibat dalam galang amal bersama Korea Heart Foundation. Bersama UNICEF, Wanna One juga memberikan donasi berupa 8070 selimut bagi anak-anak yang berlatar belakang lemah ekonomi. 

Ribuan selimut yang merupakan simbol dari tanggal gelaran debut tersebut dibagikan saat musim dingin berlangsung. Yakni bulan kedelapan—Agustus, pada tanggal tujuh.

Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers

Pembubaran dengan Konser Penutup

Setelah agensi mereka mengumumkan jadwal pembubaran, Wanna One kemudian menggelar konser penutup karier mereka Therefore. Konser yang berlangsung selama empat hari tersebut digelar pada Januari 2019, di venue yang sama ketika debut mereka dilakukan.

Terkait pembubaran yang mematahkan hati para penggemar, Wannable (sebutan untuk penggemar Wanna One) sempat membuat petisi agar grup idola mereka dapat terus berkarier. 

Meski karier dan kebersamaan mereka sebagai idol dan boyband telah berakhir, namun semangat para personel terus berkobar. Sebagai entertainers, beberapa di antara mereka masih berkiprah di industri hiburan. 

Tak hanya menapaki karier baru sebagai penyanyi solo tapi juga kembali ke agensi manajemen sebelumnya, hingga gabung dengan grup lama serta terjun ke dunia akting.

Reuni dengan Lima Personel

Meski kebersamaan mereka berkarier sangat singkat, namun menurut Sports Seoul, Wanna One berhasil meraup keuntungan 80 miliar KRW (Rp1 triliun 47 miliar). Kabar terbarunya, Wanna One menghelat reuni dengan kelima personel saja. Penampilan tersebut dijadwalkan berlangsung di KCON: TACT Season 2 mulai tanggal 16 hingga 25 Oktober 2020. 

Bersama Ha Sung Woon, Park Ji Hoon, Kim Jae Hwan, Park Woo Jin, dan Lee Dae Hwi akan menghibur para fans setia yang merindukan mereka. Sayangnya para member lainnya tak dapat bergabung dikarenakan wajib militer serta sejumlah kesibukan padatnya.

Maksimalkan Peluang dan Berikan Manfaat

Kadang kehidupan hanya memberi waktu singkat bagi individu untuk bersinar di suatu bidang dan tempat. Meski begitu, jika kesempatan tersebut digunakan dengan maksimal, maka hasil kerja itu dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi banyak orang. 

Seperti Wanna One, karya dan prestasi mereka yang singkat namun berkenan di dunia hiburan. Kesan baik mereka akan terus dikenang dan menjadi inspirasi banyak orang, selain diapresiasi oleh para penggemarnya. 

Baca Juga: Berkenalan dengan Izone, Girlband Keren Terkini yang Jadi Saingannya Twice