Berkenalan dengan Jennie Blackpink, Si Cantik Multitalenta yang Dijuluki YG Princess

Sosok cantik Kim Jennie alias Jennie Blackpink selalu menarik untuk disimak. Tak hanya berparas menawan, perempuan multitalenta ini juga selalu mampu mencuri hati para penggemar. 

Peraih Golden Disk Award Song Division ini tercatat merupakan anggota Blackpink pertama yang dikenalkan ke mata publik. Namun, ia menjadi dikenal sejak kemunculannya dalam video musik penyanyi G-Dragon That XX serta penampilannya dalam single Black.

Jennie pun tak hanya cakap menggeluti dunia tarik suara. Belakangan, popularitas dan pengaruhnya yang besar membuatnya didapuk menjadi bintang iklan. Mulai dari kosmetik Hera hingga untuk rumah mode Chanel. Yuk, simak kisah selengkapnya!

Masa Kecil Jennie yang Mandiri

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Terlahir dari keluarga kaya nyatanya tak membuat Jennie Blackpink tumbuh jadi perempuan manja. Pasalnya, Jennie sudah sejak kecil belajar hidup mandiri di Auckland, Selandia Baru. Setelah ia mengaku ingin tinggal di Auckland, sang mama lantas mengirimkannya ke sana untuk belajar di ACG Parnell College.

Ayah Kim Jennie sendiri merupakan seorang pemilik rumah sakit. Sedangkan nama ibunya kerap dikaitkan dengan perusahaan media CJ E&M. Jennie kemudian mulai tertarik mencari tahu lebih banyak tentang YG Entertainment.

Setelah tinggal di Auckland, Jennie mulai tertarik dan mendengarkan musik KPop. Menaruh minat besar, ia pun mulai mencari tahu lebih banyak hal lagi mengenai YG Entertainment.

Kembali ke Kampung Halaman

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Kim Jennie yang merupakan anak tunggal itu kemudian beranjak remaja. Ibunya ingin agar putrinya melanjutkan sekolah hukum di Florida, Amerika Serikat. Namun, Jennie yang saat itu sudah menginjak usia 14 tahun menolaknya. 

Merengek, perempuan kelahiran Anyang, Korea Selatan, 16 Januari 1996 dengan tinggi badan 162 cm ini meminta pulang kembali ke kampung halaman. Lalu, ia pun bergabung dengan agensi yang membesarkan namanya untuk menjemput kesuksesan besar yang kini dikecapnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Itzy, Girlband KPop Terkini yang Dongkrak Pendapatan JYP Entertainment

Kontrak dengan YG Entertainment

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Jennie lantas bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2010. Menjadi trainee, ia lantas berlatih banyak hal. Mulai dari menyanyi, menari, rap dan masih banyak lagi. Perjalanan karir Jennie yang penyayang anjing ini masih panjang sebelum debutnya di tahun 2016 bersama Blackpink.

Sebelum itu, perempuan yang suka makan es krim susu dan taco ini tampil sebagai model di video klip G-Dragon. Ia juga pernah berduet dengan Seungri Bigbang dan Lee Hi. Meski begitu, rencana YG Entertainment yang hendak mendebutkan girlband memang sudah tercium sejak lama.

Sekitar tahun 2012 -2013 lalu, beredar rumor bahwa YG Entertainment akan mendebutkan girl group yang diberi nama Pink Punk, yang kemudian menjadi Blackpink.

Debut Bersama Blackpink

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Hingga akhirnya di bulan Agustus 2016, debut itu pun terjadi setelah Jennie menjalani training selama 6 tahun. Merilis digital single album bertajuk Square One, Blackpink langsung merajai sejumlah tangga lagu Internasional maupun di Korea Selatan.

Tak butuh waktu lama bagi Blackpink untuk menjadi trending topic di mana-mana. Beranggotakan empat orang member, Blackpink yang terdiri dari Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé ini juga merupakan grup pertama dari YG Entertainment yang tak punya Leader. 

Single yang bertajuk Boombayah, Whistle, hingga Ddu-Du Ddu-Du telah menerima begitu banyak cinta dari para fans sedunia. Dalam kurun waktu 24 jam setelah rilis, lagu Ddu-Du Ddu-Du tercatat meraih lebih dari 36 juta penayangan di YouTube. 

Dengan posisi Jennie sebagai vokalis dan rapper utama, Blackpink bersama para member lainnya telah berhasil meraih prestasi luar biasa. Salah satunya seperti album dan video klip mereka, Kill This Love, yang meraup 100 juta viewers dalam waktu kurang dari tiga hari di platform YouTube. 

Selain itu, Blackpink juga masuk nominasikan untuk Teen Choice Award. Bahkan mereka telah dengan suksesnya berhasil menggebrak festival Coachella yang ternama.

Square One tercatat menjadi album dengan chart paling tinggi untuk girlband bergenre KPop. Album ini menduduki urutan ke 40 di tangga lagu Billboard 200 serta puncak tangga album internasional. 

Baca Juga: Berkenalan dengan Izone, Girlband Keren Terkini yang Jadi Saingannya Twice

Menjadi YG Princess

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Jennie yang kerap disapa dengan nama Jeundeuk, Jenjen juga dikenal sebagai salah satu idol terpopuler dari YG Entertainment. Namun tak hanya itu saja, Jennie Blackpink memang multitalenta. Selain mahir bernyanyi, rap dan menari, ia juga andal bermain alat musik piano dan flute.

Bahkan Seungri Bigbang menyebutkan bahwa Jennie yang menguasai Bahasa Korea, Inggris, Jepang, dan Spanyol ini merupakan “Senjata Rahasia YG”. Kemampuan rap Jennie yang luar biasa membuat banyak fans percaya bahwa Jennie adalah salah satu rapper wanita terbaik di industri KPop.

Dengan pengalaman training paling lama di antara member Blackpink lainnya, serta sejumlah bakat yang dimiliki, tak heran jika predikat YG Princess kemudian melekat kepadanya.

Disebut Human Chanel and Gucci

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Kali ini julukan terkait dunia fashion juga ikut melekat kepada Jennie. Banyak pihak menilai, selera fashion Jennie indah. Ia juga sering mengenakan brand fashion kenamaan dunia, seperti Lanvin, Chanel, Gucci, hingga Givenchy.

Fakta ini membuatnya didaulat menjadi Brand Ambassador Chanel secara resmi. Ia pun jadi sering menghadiri berbagai event yang diadakan Chanel. Salah satunya, saat parfum terbaru Chanel dirilis pada 2018 lalu, di Perancis. Selain itu, para fans kerap mengelu-elukan sosok Jennie yang selalu tampak cocok menggunakan merek Gucci. Pasalnya, tak semua artis bisa tampil cantik saat menggunakan merek terkenal yang satu ini. 

Itulah sebabnya ia juga dijuluki Human Gucci. Selain tampak cocok dengan image Gucci yang berkelas dan elegan, Jennie juga punya aura yang unik, mahal, dan cantik.

Sukses dan Kaya Raya di Usia Belia

View this post on Instagram

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Tak hanya terlahir dari orangtua yang kaya raya, Jennie pun telah berhasil menjadi wanita sukses dan banyak harta di usia 20-an. Pasalnya, jumlah kekayaan dan penghasilan yang diraup Jennie terbilang fantastis!

Mengutip koreaboo.com, setiap member Blackpink sendiri sudah mendapatkan kekayaan bersih kurang lebih Rp 113 miliar, termasuk Jennie. Dan tentunya, angka ini akan terus bertambah di sepanjang karir dan kontrak mereka selama tiga tahun ke depan.

Jumlah kekayaan tersebut juga tak termasuk dengan kerjasama Jennie bersama sejumlah fashion brand yang populer sedunia. Selain itu, perempuan cantik ini juga meraup keuntungan dari debut albumnya yang bertajuk Solo. 

Dalam kurun waktu kurang dari sebulan, Solo yang rilis pada  12 November 2018 itu telah sukses meraih perhatian publik. Video klipnya yang berdurasi dua menit 57 detik tersebut bahkan sudah diputar lebih dari dari 100 juta kali di YouTube. 

Kini, video lagu Solo milik Jennie telah menjadi video musik solois perempuan KPop dengan penonton paling banyak. Bahkan menurut KBIZOOM, rekornya telah melampaui lagu I milik Taeyeon SNSD/ Girls’ Generation yang diputar lebih dari 164 juta.

Dua jam setelah rilis, Solo menjadi nomor satu di enam situs musik streaming online Korea Selatan, seperti Mnet, Melon, Genie, Naver Music, Olleh Music, dan Soribada. Jennie juga menjadi penyanyi wanita solo Korsel dengan jumlah viewers terbanyak dan diputar sebanyak 14,6 juta kali dalam waktu 24 jam.

Solo menempati peringkat pertama chart musik iTunes di 40 negara, seperti Hongkong, Vietnam, Singapura, dan Indonesia. Lagu ini juga menduduki posisi teratas iTunes Worldwide Song Chart Top 200 dan mengalahkan lagu penyanyi top dunia seperti Ariana Grande dan Lady Gaga.

Tampilkan yang Terbaik Meski Ibu Tak Merestui

Melihat usaha total dan dedikasinya selama bertahun-tahun, tak heran jika kini semua usaha Jennie kini berbuah manis. Hal ini tentu tidak mudah mengingat keinginannya menjadi idol tidak mendapat restu dari ibunya.

Mengomentari kesuksesan yang diraihnya, Jennie mengaku dirinya masih punya kekurangan dalam banyak hal. Meski begitu, ia bertekad akan selalu melakukan yang terbaik dengan selalu memberikan kinerja yang lebih baik dari waktu ke waktu. Hal ini semata-mata dilakukannya karena rasa tanggung jawab dirinya yang mewakili Blackpink. Dengan prestasi besar yang telah diraihnya, Jennie pun kini menjadi inspirasi banyak orang.

Baca Juga: Inspiring! Sering Dikomentari, Begini Kisah Perjuangan Panjang Lisa Blackpink Meraih Kesuksesan