Rincian Biaya Operasi Keloid 2023, hingga Prosedur Jalannya Operasi

Penampilan menjadi hal utama yang diperhatikan oleh banyak orang, terkhusus kalangan perempuan. Namun, tak jarang juga mereka memiliki masalah kulit yang tentunya cukup mengganggu penampilan. Salah satunya, keloid.

Biasanya, keloid muncul karena masalah bekas luka, baik itu bekas luka bakar, goresan, tindik, atau pun tercakar. Tentunya, keloid sangat mengganggu penampilan. Meja operasi adalah jalan efektif untuk membuatmu kembali percaya diri. 

Akan tetapi, harga operasi keloid yang lumayan, membuatmu harus menyiapkan dana secara matang. Sebelum mengetahui biaya keloid, lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai prosedur jalannya operasi. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Apa itu Keloid?

loader

Apa Itu Keloid?

Keloid merupakan bekas luka yang tumbuh di luar batas kulit yang mengalami luka atau cedera. Akhirnya, tampaklah tonjolan kulit pada bekas luka tersebut.

Ada beberapa penyebab keloid muncul, yaitu:

  • Luka bakar.
  • Luka bekas operasi.
  • Luka tergores.
  • Luka bekas cacar.
  • Luka bekas jerawat.
  • Luka suntik vaksinasi.

Sedangkan, untuk gejala munculnya keloid akan berbeda-beda tiap orangnya. Namun, umumnya gejala keloid berkisar pada hal-hal berikut. 

  • Banyak luka dengan banyak warna.
  • Teksturnya berbeda dengan kulit tubuh yang lain.
  • Muncul rasa sakit atau gatal di area kulit yang terkena keloid tersebut.

Memang keloid tidak menimbulkan risiko parah yang akan dialami penderitanya, namun tentunya keloid akan mengganggu penampilan. Maka, banyak orang yang memutuskan untuk menghilangkan keloid dengan jalan operasi.

Biaya Operasi Keloid

Operasi keloid dapat dilakukan apabila sudah ada rekomendasi dokter. Biasanya operasi keloid antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya, memiliki harga yang berbeda-beda. Hal ini tergantung fasilitas kesehatan dan kebijakan rumah sakit itu sendiri. 

Namun, biasanya untuk operasi keloid sendiri menyentuh kisaran Rp500.000 sampai Rp15.000.000. Sebelum melakukan operasi, alangkah lebih baiknya kamu melakukan konsultasi ke dokter terkait keloid yang diderita dan biaya untuk melakukan operasi keloid.

Biaya Operasi Keloid BPJS

Operasi keloid merupakan jenis operasi yang termasuk dalam operasi bedah estetika bukan operasi untuk menyembuhkan penyakit berbahaya. Maka dari itu, sesuai peraturan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang juga berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 28 Tahun 2014, operasi yang mengandung unsur estetika tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan BPJS. 

Operasi keloid ini tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya. Namun, sebenarnya dapat saja kamu melakukan operasi keloid menggunakan BPJS dengan catatan kondisi keloid yang muncul pada tubuhmu cukup mengganggu kesehatan. Hal ini tentunya, dapat kamu konsultasikan dengan dokter. 

Apabila hal tersebut terjadi, maka kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Sebab, biaya tersebut sudah ditanggung oleh pemerintah. Dengan catatan, kamu tidak memiliki tunggakan iuran BPJS.

Strategi Menyiapkan Biaya Operasi Keloid

Dengan tidak dilayaninya biaya keloid oleh BPJS secara leluasa, membuatmu pasti akan kebingungan apabila keloid sudah mengganggu penampilan. Perencanaan dana harus kamu lakukan dengan matang dan tepat. 

Biaya keloid yang cukup tinggi, tentu akan menguras kantongmu. Namun, apabila kamu merencanakan dana untuk melakukan operasi keloid ini, kamu tidak usah khawatir. Biasanya perencanaan danamu tidak akan meleset, dari biaya nantinya yang harus kamu keluarkan. 

Prosedur Operasi Keloid

loader

Prosedur Operasi Keloid

Operasi keloid yang banyak digemari adalah operasi cryosurgery, yaitu teknik pembekuan keloid menggunakan nitrogen cair. Cara ini menjadi efektif dalam menghilangkan keloid. Setelah dilakukan operasi, dokter bedah biasanya akan memberikan suntikan kortikosteroid untuk mengurangi rasa nyeri. 

Sebelum melakukan prosedur operasi keloid, konsultasikan dengan dokter jika kamu memiliki alergi terhadap anestesi, serta semua obat yang kamu gunakan, termasuk obat yang dijual bebas atau suplemen nutrisi yang kamu konsumsi.

Perawatan Setelah Operasi Keloid

Tim ahli bedah, akan memberikan perban di atas luka bekas operasi. Selain itu, biasanya dokter pun akan memberikan obat penghilang nyeri yang dapat membantu proses pemulihan dengan cepat.

Setelah proses operasi selesai, dokter akan memberikan jadwal untuk pemeriksaan setelah operasi biasanya jadwal pemeriksaan ini akan berlangsung enam sampai delapan hari setelah operasi. Untuk proses penyembuhan bekas luka ini, biasanya akan berlangsung enam sampai delapan minggu berikutnya.

Untuk penyembuhan total biasanya juga akan menghabiskan waktu sekitar satu bulan. Dokter pun tentu akan terus merekomendasikan kamu untuk melakukan konsultasi sampai bekas operasi tersebut benar-benar sembuh.

Risiko Melakukan Operasi Keloid

Tindakan operasi keloid dapat memberikan efek samping atau risiko yang harus dirasakan.

Namun, efek samping yang paling mungkin terjadi, yaitu munculnya kembali bekas luka ini dengan ukuran yang besar. Selain itu, terdapat beberapa risiko dilakukannya operasi keloid, yaitu:

  • Rusaknya jaringan atau pembuluh sehat.
  • Kelecetan pada kulit.
  • Infeksi.
  • Sensasi saraf terpengaruh.
  • Muncul kulit putih di bekas luka operasi.

Pencegahan Keloid 

Operasi keloid adalah jalan pengobatan terakhir yang bisa dilakukan. Untuk itu, penting untuk melakukan pencegahan keloid. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Melakukan kegiatan dengan hati-hati untuk melindungi kulitmu dari luka atau cedera.
  • Selalu membersihkan luka dengan benar.
  • Lindungi luka dari sinar matahari.
  • Sebisa mungkin hindari tato dan tindik.
  • Selalu waspada ketika melakukan tindakan bedah.

Operasi Keloid Cukup Mahal, Bekas Luka Jangan Disepelekan 

Penanganan setelah terkena luka penting untuk diperhatikan. Jika penanganannya buruk, maka akan menimbulkan risiko yang buruk juga. Salah satunya adalah keloid. 

Keloid akan sangat mengganggu penampilanmu. Maka, bekas luka di tubuh tidak boleh disepelekan. Sebab, akan berpengaruh terhadap munculnya keloid pada tubuh. 

Biaya operasi yang cukup mahal, harus dijadikan acuan ketika terkena luka, agar waspada menangani bekas itu dengan baik.