Biaya Operasi Polip Hidung 2023, Persiapan, dan Metode Operasinya

Polip hidung merupakan pertumbuhan jaringan lunak di dalam hidung dan biasa terjadi pada orang dewasa. Jaringan lunak tersebut lama kelamaan akan membesar dan dapat menutupi saluran pernapasan yang akhirnya menyebabkan seseorang sulit untuk bernapas. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pertumbuhan jaringan lunak ini juga akan semakin berpengaruh pada kesehatan apabila tidak ditindak lebih lanjut. Oleh karena itu, penanganan lebih serius pun perlu dilakukan.

Penanganan polip hidup dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat. Akan tetapi, lebih baik untuk menangani polip ini dengan tindakan operasi. Beberapa rumah sakit di Indonesia banyak menyediakan fasilitas dalam melayani tindakan operasi polip hidung. Tentunya, dengan biaya yang tidak sedikit.

Meskipun biaya operasi polip hidung cukup mahal, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini pemerintah telah memberikan fasilitas untuk melakukan operasi polip hidung dengan BPJS. Berikut informasi selengkapnya.

Baca Juga: Picu Infeksi Sinus, Kenali Penyakit Polip Hidung, Penyebab, hingga Cara Obatinya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Polip Hidung Tahun 2023

loader

Polip Hidung

Sebenarnya untuk masalah biaya operasi polip hidung, tiap rumah sakit memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, penggunaan asuransi dapat memudahkan kamu dalam melakukan operasi polip hidung. 

Apabila kamu tidak menggunakan asuransi, maka biaya yang dikeluarkan tentu akan cukup tinggi. Sementara itu, ketika menggunakan asuransi, maka biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih murah bahkan gratis. Apalagi jika menggunakan layanan BPJS.

Lebih lengkapnya, berikut rincian biaya operasi polip hidung pasien umum dan biaya operasi polip hidung dengan BPJS.

  1. Biaya Operasi Polip Hidung Untuk Pasien Umum

    Biaya yang dikeluarkan tanpa bantuan asuransi, biasanya akan membuat kantongmu kering, apalagi jika kamu tidak mempunyai dana lebih. Hal ini terjadi karena tidak adanya bantuan subsidi dari asuransi pemerintah atau pun asuransi swasta yang diikuti olehmu. 

    Beberapa rumah sakit di Indonesia memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan biaya operasi polip hidung ini. Rentang biayanya dimulai dari Rp3.600.000,- sampai Rp12.000.000,-.

    Berikut rincian biaya operasi polip hidung pasien umum di beberapa rumah sakit ternama di Indonesia.

    No.

    Rumah Sakit

    Estimasi Biaya

    1

    RS Sumber Waras Jakarta

    Mulai dari Rp4.700.000,-

    2

    RS Siloam Asri Mampang

    Mulai dari Rp5.200.000,-

    3

    RS Mayapada Jakarta

    Mulai dari Rp12.500.000,-

    4

    RS Immanuel Bandung

    Mulai dari Rp4.000.000,-

    5

    RSU Siloam Yogyakarta

    Mulai dari Rp3.800.000,-

    6

    RS Premier Surabaya

    Mulai dari Rp4.000.000,-

    Estimasi ini bisa saja tepat namun bisa juga tidak. Sebab, adanya perbedaan kebijakan antar rumah sakit. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan dana lebih apabila biaya operasi polip hidung ini melebihi estimasi biaya di atas. 

    Biaya operasi polip hidung ini juga berbeda di setiap daerahnya, misalnya saja biaya operasi polip hidung di Yogyakarta berbeda dengan biaya operasi polip hidung di Jakarta. Besaran biaya tersebut bergantung pada kebijakan rumah sakit. Tentunya, rumah sakit memiliki standar dalam menentukan biaya operasi polip hidung ini, entah itu dari metode ataupun fasilitas yang digunakan.

  2. Biaya Operasi Polip Hidung Untuk Pasien BPJS

    Operasi polip hidung dengan BPJS merupakan langkah terbaik untuk berhemat. Sangat berbanding terbalik dengan estimasi biaya yang dikeluarkan apabila membayar biaya operasi tanpa bantuan asuransi. Operasi polip hidung dengan BPJS tidak dikenakan biaya. Hal ini disebabkan beberapa rumah sakit sudah melakukan kerja sama dengan pemerintah untuk melayani pasien. 

    Penggunaan BPJS ini dapat dilakukan apabila kamu sudah membayar iuran setiap bulannya dengan tepat waktu dan tidak adanya tunggakan. Selain itu, kamu juga harus mengikuti beberapa prosedur, yaitu mendapatkan surat rujukan fasilitas kesehatan pertama (Faskes tingkat 1). 

Persiapan Sebelum Melakukan Operasi Polip Hidung

Ketika mulai merasakan gejalanya, kamu harus cepat berkonsultasi ke dokter. Dengan tujuan untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan agar tidak semakin berlarut merasakan nyeri akibat gangguan polip ini. 

Konsultasi ke dokter wajib dilakukan ketika sudah meminum obat, tetapi tidak ada reaksi terhadap polip yang diderita. Selanjutnya, jika kamu diberikan saran untuk melakukan operasi, alangkah baiknya untuk melakukan operasi tersebut dengan segera agar gangguan polip yang dialami tidak semakin mengganggu. 

Selain hal tersebut, apabila kamu merupakan seorang perokok aktif, kamu diharuskan untuk berhenti merokok dua puluh empat jam sebelum operasi dilakukan. Tentunya hal ini sebagai langkah mempermudah proses operasi nantinya.

Kemudian, hal lainnya yang perlu dipersiapkan adalah biaya untuk operasi polip hidung serta dukungan dan doa dari orang-orang terdekat agar proses operasi polip hidungmu berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Penyakit Sinusitis, Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Proses Operasi Polip Hidung

Operasi polip hidung sebenarnya dianggap efektif untuk menghilangkan polip hidung secara permanen. Proses operasi polip hidung dilakukan melalui operasi endoskopi, yaitu operasi dengan memasukkan endoskop dengan kamera ke bagian hidung yang terkena polip. 

Sebelum dilakukan operasi polip hidung, kamu akan diberikan anestesi terlebih dahulu. Setelah itu tim bedah akan menggunakan alat untuk mengangkat polip serta jaringan lainnya yang menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran hidung. 

Tidak perlu takut, sebab operasi ini dilakukan tidak seperti operasi-operasi pada umumnya. Prosedur atau cara operasi polip hidung dilakukan tidak invasif dan tidak terjadinya proses pengangkatan jaringan normal pada hidung. 

Setelah melakukan operasi polip hidung, diperlukan perawatan yang baik agar nantinya proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat. Salah satunya dengan menggunakan kortikosteroid hidung untuk mencegah kembali tumbuhnya polip. Selain itu, juga digunakan nasal pack untuk mengurangi pendarahan. Selama menggunakan nasal pack, biasanya kamu akan bernapas menggunakan mulut untuk sementara waktu. 

Biaya Operasi Polip Hidung Cukup Mahal, Kesehatan Hidung Harus Diperhatikan

Beragam cara dapat dilakukan agar kamu tidak perlu melakukan operasi polip hidung. Cara efektifnya, yaitu dengan melakukan pencegahan. Contohnya, dengan sering menjaga kebersihan hidung, melindungi diri dari ancaman infeksi virus, hindari asap dan debu, serta kontrol alergi dengan baik. 

Adanya pencegahan tersebut, dapat menjadi langkah efektif dalam mencegah munculnya polip. Selain itu, dapat menjauhkanmu dari pusingnya memikirkan dana operasi polip hidung yang cukup mahal. Maka, perhatikan dan sayangi hidungmu. Sebab, kesehatan hidung akan berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari. 

Baca Juga: Rincian Biaya Operasi Sinusitis 2023

Disclaimer: Seluruh informasi yang terdapat dalam artikel ini terutama mengenai rincian atau estimasi biaya, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan biaya operasi yang sesungguhnya. Harap melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter dan pihak rumah sakit tempat kamu dirawat untuk mendapatkan informasi harga dan perawatan yang lebih akurat.