Bingung Menjawab Pertanyaan Interview? Lakukan 5 Hal Ini

Interview menjadi tahap penting dalam proses pencarian kerja yang Anda lakukan. Ini akan menjadi salah satu pertimbangan pihak perusahaan dalam mengambil keputusan, apakah Anda diterima bekerja atau mungkin justru kandidat lainlah yang akan diterima. 

Penting untuk menjalani sesi interview ini dengan lancar, apalagi jika ternyata Anda memiliki banyak saingan untuk mendapatkan posisi yang Anda incar. Jangan sampai Anda tidak memiliki persiapan yang matang saat menghadiri interview seperti ini.

loader

Dalam sesi interview, seringkali peserta justru kebingungan dan tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer. Jika Anda mengalami hal seperti ini, maka Anda mungkin akan sedikit putus asa di tengah-tengah interview yang sedang Anda jalani. 

Rasa khawatir yang berlebihan bisa datang begitu saja, bahkan meski Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal. Hindari sikap yang kurang menguntungkan selama interview, bahkan meski Anda sedang kesulitan untuk menjawab pertanyaan.

Simak beberapa hal berikut ini, yang bisa Anda lakukan saat tidak bisa menjawab pertanyaan interview:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Hindari kepanikan

Rasa panik tentu akan menjadi hal yang paling umum terjadi saat Anda tidak bisa menghadapi pertanyaan interview. Anda mungkin akan kebingungan dan mulai merasa tidak nyaman dengan kondisi di sekitar Anda. Hal seperti ini tentu akan langsung terlihat pada gestur tubuh Anda. Dalam kondisi yang cukup parah, Anda bisa saja berkeringat dan kesulitan untuk fokus pada sesi interview tersebut.

Saat Anda tak bisa menjawab pertanyaan interview, hindari kepanikan yang berlebihan seperti di atas. Anda harus tetap fokus pada interview yang Anda jalani, sehingga Anda bisa tetap nyaman di depan interviewer tersebut. Cobalah untuk tetap berpikir positif, agar Anda bisa kembali fokus dan menyelesaikan sesi wawancara tersebut dengan baik. 

2. Tetaplah bersikap tenang

Kebanyakan orang akan langsung merasa gugup saat tidak mampu menjawab pertanyaan interview. Hal ini bahkan bisa terlihat jelas dari raut wajah dan juga gestur yang tidak lagi nyaman. 

Kondisi seperti ini bisa membuat Anda sulit untuk berpikir, bahkan tak lagi bisa fokus untuk menjawab pertanyaan yang baru saja disampaikan oleh interviewer. Bersikap tenang akan menjadi keputusan yang paling tepat, bahkan meski Anda tidak bisa menjawab pertanyaan interview. 

Cobalah untuk menarik napas dan membuat diri Anda lebih nyaman, sehingga Anda bisa lebih tenang dari sebelumnya. Kondisi seperti ini akan memungkinkan Anda lebih mudah untuk kembali berpikir jernih, sehingga Anda bisa mengatasi ketidaknyamanan dan kembali percaya diri. 

Sampaikan kepada interviewer bahwa Anda kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sikap ini akan menunjukkan bahwa Anda pribadi yang terbuka dan jujur.

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja

3. Dapatkan lebih banyak waktu

Saat menjalani sesi interview, berbagai pertanyaan tak terduga tentu bisa datang kapan saja. Hal ini bukan hanya mengejutkan Anda, namun juga bisa membuat Anda merasa kebingungan dan tak bisa menjawabnya. 

Namun meski begitu, hindari jawaban yang tidak sinkron, sebab hal ini akan membuat Anda terlihat tidak fokus dan asal-asalan saja dalam menjalani interview tersebut.

Jika Anda membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk berpikir, maka dapatkan hal tersebut dengan cara yang tepat. Cobalah untuk sedikit memperpanjang waktu, Anda bisa mengklarifikasi ulang pertanyaan interviewer dengan cara yang sopan. 

Di saat bersamaan, Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk memikirkan kembali pertanyaan interviewer dan menyiapkan jawaban yang paling tepat.

4. Jangan malu menceritakan pengalamanmu 

Selama sesi wawancara, interviewer tantu akan menanyakan banyak hal, termasuk berbagai hal yang berkaitan dengan CV yang kamu berikan. Selain itu, pertanyaan tentang pengalaman kerja dan berbagai hal lainnya sangat mungkin dilontarkan. Anda harus selalu siap untuk menghadapi semua pertanyaan ini sejak awal. 

Ceritakan tentang pengalaman kerja Anda selama ini, tentunya tanpa menjelekkan atau menjatuhkan pihak lain, bahkan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Sampaikan alasan mengapa Anda menginginkan pekerjaan yang baru, termasuk apa saja yang kelak akan Anda lakukan saat bergabung di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan Pribadi yang Sering Ditanyakan ketika Wawancara Kerja

5. Tetaplah bersikap terbuka dan jujur

Sikap Anda selama wawancara tentu akan lebih menyenangkan, jika Anda terbuka dan tidak berusaha untuk menutup-nutupi sesuatu. Anda harus jujur dan mencoba lebih terbuka, termasuk jika ternyata Anda gugup atau bahkan sedikit terkejut dengan pertanyaan interviewer. 

Sampaikan pengalaman yang Anda rasakan selama interview, sehingga interviewer memahami bisa melihat kejujuran dan sikap terbuka di dalam diri Anda.

Atasi Sesi Wawancara dengan Langkah yang Tepat

Kesulitan menjawab pertanyaan interview merupakan hal yang biasa terjadi dan kebanyakan pelamar pernah mengalami ini. Jika Anda menghadapi kondisi tersebut, berusahalah membuat diri Anda nyaman dan tetap tenang. 

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menghadapi semua pertanyaan, agar Anda bisa sukses dalam interview dan segera mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Membuat Wawancara Kerja Anda Lancar