Cara Memulai Bisnis Food Truck, Kisaran Modal dan Pilihan Mobilnya

Food truck bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin segera terjun ke dunia bisnis kuliner. Bisnis yang satu ini memang tidak ada matinya dan selalu mengalami perkembangan yang menjanjikan, jadi wajar saja jika banyak orang yang tergiur untuk menekuninya. 

Di tanah air, food trucks sendiri sudah dikenal luas dan cukup berkembang selama belasan tahun belakangan. Biasanya banyak yang jual food truck di wilayah perkotaan, khususnya di kawasan perkantoran atau lokasi-lokasi yang selalu ramai di jam-jam makan siang. 

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Makanan kreatif dan Kisaran Modalnya

Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

Mulai Bisnis Food Truck dengan Cara yang Tepat 

loader

Food Truck

Foodtruck merupakan konsep berjualan makanan dengan menggunakan mobil yang berukuran cukup besar, di mana kendaraan tersebut memiliki sebuah dapur kecil sebagai area untuk menyiapkan makanan-makanan yang akan dijual kepada pelanggan. 

Harga food truck biasanya bisa bersaing dengan harga makanan sejenis di pasaran. Namun pelanggan kerap menganggap kuliner yang satu ini lebih praktis, jika dibandingkan dengan membeli langsung makanan di restoran atau melalui layanan pesan antar yang tentu saja membutuhkan waktu dan biaya lebih besar. 

Namun sebagaimana jenis bisnis kuliner lainnya, food trucks juga harus direncanakan dengan matang. Hal ini penting untuk memastikan bisnis tersebut minim risiko dan bisa menguntungkan, meskipun  harga mobil food truck bekas murah. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk memulai bisnis food truck dengan sukses:  

  1. Tentukan Makanan dan Minuman yang akan Dijual 

    Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin jual food truck adalah menentukan makanan dan minuman apa saja yang akan dijual. Pada umumnya, food truck menjual berbagai makanan yang sudah siap saji atau setidaknya yang bisa diolah dengan mudah dan cepat. Namun jika ingin menyasar lebih banyak pelanggan, maka membuat food trucks yang menyajikan aneka makanan khas Indonesia juga tak ada salahnya. 

  2. Rancang Spesifikasi Food Truck yang Tepat 

    Harga mobil food truck bekas murah, namun sangat penting untuk merancang keseluruhan mobil ini dengan baik sejak awal. Pertimbangkan peralatan apa saja yang akan dibutuhkan untuk menjalankan bisnis kuliner ini dan bagaimana penataannya di dalam mobil yang akan digunakan nanti. Hal ini penting, untuk memastikan semua aktivitas selama jual food truck bisa berjalan dengan lancar.

  3. Cari Inspirasi Desain Secara Online 

    Untuk mendapatkan desain food truck yang paling tepat, tidak ada salahnya mencari inspirasi secara online. Ada banyak desain yang bisa ditemukan dengan mudah, sehingga bisa disesuaikan dengan rancangan yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu untuk lebih mudah menemukan desain yang tepat dan benar-benar cocok dengan ide makanan serta minuman yang akan dijual nantinya. 

  4. Temukan Ahli Desain yang Profesional  

    Di tanah air sendiri memang belum banyak layanan yang menyediakan jasa pembuatan food trucks seperti ini. Luangkan waktu untuk mencari dan menemukan jasa pembuat food trucks yang benar-benar profesional dan bisa diandalkan. Mengingat harga mobil food truck bekas murah, maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan budget lebih untuk jasa desain ini demi mendapatkan desain yang benar-benar tepat untuk digunakan. 

  5. Temukan Lokasi yang Tepat untuk Berjualan 

    Lokasi jual food truck tentu akan sangat menentukan kesuksesan bisnis yang satu ini. Pilihlah lokasi bisnis yang strategis dan bisa mendatangkan banyak pembeli untuk makanan yang dijual. Lokasi ini juga akan ikut menentukan harga food truck kepada konsumen. Jika berada di kawasan sekitar perkantoran, maka harga makanan ini tentu bisa dijual sedikit lebih mahal daripada di kawasan kampus/ sekolah.

  6. Dapatkan Izin untuk Berjualan 

    Jika sudah menentukan lokasi bisnis, maka mulailah mengurus izin untuk berjualan di lokasi tersebut. Pastikan tidak ada larangan untuk berjualan di lokasi yang telah dipilih. Agar lebih aman, temui pihak yang berkepentingan dengan urusan tersebut dan dapatkan izin resmi untuk bisa memulai bisnis food trucks ini dengan nyaman dan tenang. 

  7. Temukan Supplier Terbaik dan Bisa Dipercaya 

    Jangan lupa untuk mencari supplier yang tepat untuk berbagai bahan mentah yang akan digunakan dalam bisnis makanan ini. Cek layanan seperti apa yang mereka berikan, apakah ada layanan antar atau masih harus dijemput sendiri. Pastikan untuk memilih supplier yang profesional dan bisa dipercaya, agar urusan bisnis dengan mereka ke depannya bisa berjalan lancar. Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga saat memilih supplier ini. 

  8. Lakukan Promosi Melalui Media Sosial 

    Media sosial merupakan wadah promosi yang bisa menjangkau banyak orang. Manfaatkan layanan tersebut untuk mempromosikan bisnis, sehingga lebih banyak orang yang mengetahui dan datang untuk membeli. Bukan hanya menggunakan gambar yang berkualitas saja, cantumkan juga harga food truck untuk meyakinkan calon pelanggan yang mau datang dan membeli makanan tersebut. 

  9. Bergabunglah dengan Komunitas Pebisnis Food Truck 

    Jika ingin bisnis menjadi besar, maka bergabunglah dengan komunitas yang menekuni bisnis yang sama. Hal ini akan memungkinkan untuk bertemu dengan pebisnis lainnya, berdiskusi dan memiliki wawasan yang lebih luas terkait bisnis yang sedang dijalankan tersebut. Selain itu, kesempatan ini juga akan membuka peluang untuk membangun jaringan yang lebih luas dari sebelumnya. 

  10. Pastikan Proses Pengolahan dan Penyajian Makanan Simple 

    Mobil food trucks hanya memiliki ruang yang terbatas, sehingga penting untuk mengatur segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Penting untuk membuat proses dan penyajian makanan bisa berjalan dengan sesimpel mungkin, agar pengelolaan bisnis ini tidak kewalahan. Hal ini juga sangat berkaitan dengan pemilihan menu makanan dan minuman yang akan dijual nantinya. 

Estimasi Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Food Trucks

loader

Bisnis Food Truck

Meski harga mobil food truck bekas murah, namun secara keseluruhan modal untuk memulai bisnis ini juga tidak bisa dianggap enteng. Budget untuk membayar harga mobil food truck bekas murah ini tentu saja mencapai puluhan juta rupiah. 

Daripada membeli mobil baru untuk jual food truck, sebagian besar pebisnis memang lebih memilih mobil bekas untuk menjalankan bisnis ini. Selain itu, bisnis ini juga membutuhkan sejumlah peralatan dan hal lainnya yang tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar.

Berikut ini adalah estimasi perhitungan modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis food trucks:

Item

Biaya

Mobil (GranMax Second)

Rp70.000.000

Karoseri Custom

Rp28.000.000

Peralatan Masak (Panci, Wajan, Kompor, dll)

Rp5.500.000

Meja dan Kursi

Rp4.000.000

Kulkas Mini

Rp1.500.000

Genset

Rp3.500.000

Bahan Makanan

Rp4.000.000

Gaji Pegawai (1)

Rp2.500.000

Biaya lain-lain

Rp1.000.000

Total

Rp120.000.000

Berdasarkan perhitungan di atas, maka modal awal untuk memulai bisnis food truck ini sekitar Rp120 juta. Penting untuk mempertimbangkan besaran modal ini dengan harga food truck yang akan dijual nantinya, agar bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan. 

Baca Juga: 11 Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Merintis Sebuah Perusahaan

Rekomendasi Mobil Food Truck dan Kisaran Harganya 

Untuk menjalankan bisnis food truck dengan baik, maka akan dibutuhkan kendaraan yang tepat. Di Indonesia sendiri ada beberapa mobil yang sekiranya bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk kendaraan bisnis yang satu ini. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan mobil yang bisa dijadikan sebagai kendaraan untuk bisnis food truck: 

  1. Daihatsu GranMax

    Harga baru: Rp193 jutaan

    Harga bekas: Rp60 jutaan. 

  2. Suzuki APV

    Harga baru: Rp213 jutaan.

    Harga bekas: Rp85 jutaan .

  3. Isuzu ELF

    Harga baru: Rp300 jutaan.

    Harga bekas: Rp100 jutaan.

  4. Mitsubishi Colt T120ss

    Harga baru: - 

    Harga bekas: Rp70 jutaan.

  5. Nissan Evalia

    Harga baru: - 

    Harga bekas: Rp110 jutaan.

Pastikan untuk memilih mobil yang tepat untuk menjalankan bisnis ini. Selain itu, sesuaikan juga harga food truck kepada pelanggan, mengingat modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini juga terbilang besar. 

Rencanakan dan Jalankan Bisnis Food Truck dengan Benar 

Bisnis food truck menjadi salah satu bisnis kuliner menarik dan masih cukup jarang di tanah air. Meski terbilang simpel dan mudah dijalankan, bisnis yang satu ini membutuhkan modal awal yang cukup besar. Rencanakan dan mulai bisnis food truck dengan cara yang tepat, agar bisnis tersebut bisa berjalan lancar dan mendatangkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Bisnis Cuci Sepatu: Cara Memulai, Modal, dan Tips Suksesnya