Bisnis Rumahan Modal Minim, Begini Tips Sukses Bisnis Es Krim Tanpa Mixer

Menjalankan bisnis rumahan menjadi salah satu pilihan tepat. Apalagi disaat pandemi seperti ini yang bekerja di rumah bisa sekaligus menjalankan bisnis. Salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada habisnya adalah kuliner. Namun, menjual makanan hal yang sangat biasa, tapi ada satu bisnis kuliner rumahan yang pastinya disukai semua kalangan terutama anak yang sangat menyukai jajan, yaitu es krim. 

Jika Anda bisa membuat es krim yang lezat dan sehat, maka potensi penjualan yang tinggi tentu tidak sulit diharapkan. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang juga besar dari bisnis yang satu ini. Berbeda dengan bisnis lainnya yang membutuhkan modal besar, bisnis es krim ini bisa saja Anda rintis dengan modal minim. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, Anda bahkan bisa memulainya tanpa mixer sama sekali.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Lengkapi peralatan dan bahan baku es krim

ek krim
Lengkapi peralatan dan bahan baku

Sebagaimana bisnis rumahan lainnya, Anda dapat memulai bisnis es krim ini dengan peralatan yang tidak terlalu rumit. Proses pembuatannya juga terbilang simpel, sehingga resiko kegagalan dalam proses produksi akan bisa Anda minimalisir dengan baik. 

Ada beberapa peralatan yang perlu dilengkapi untuk memulai bisnis ini, termasuk bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi, berikut peralatannya: 

  • Freezer khusus untuk es krim. 
  • Kompor dan gas elpiji.
  • Alat pengaduk dan alat penyaring.
  • Panci berukuran sedang.
  • Baskom berukuran besar.
  • Kemasan es krim

Bahan baku yang dibutuhkan:

  • Susu sapi segar.
  • Gula pasir.
  • Whipped cream.
  • Stabilizer khusus untuk es krim.
  • Tepung maizena
  • Bahan baku, seperti buah-buahan meses dan lainnya.

Total biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan juga bahan baku di atas hanya sekitar Rp3,5 jutaan saja. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan biaya tak terduga untuk kegiatan produksi tersebut setidaknya 10% dari total biaya di atas. 

Baca Juga: Punya Bisnis Rumahan? Ini 6 Cara untuk Mengembangkannya

Tips Sukses Memulai Bisnis Es Krim Rumahan

es krim
Tips sukses memulai bisnis es krim rumahan

Meski modal untuk memulai bisnis es krim rumahan ini minim budget, Anda tetap harus menjalaninya dengan rencana yang matang. Jangan sampai tujuan Anda mendapatkan keuntungan, justru berakhir dengan sejumlah kerugian. Pahami proses produksi dengan baik, sehingga es krim yang dihasilkan bisa berkualitas baik dan layak untuk dipasarkan. 

Selain itu, produk ini tentu harus bisa bersaing di pasaran dan mendatangkan angka penjualan yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memulai bisnis es krim rumahan:

1. Pilih jenis es krim yang tepat

Memilih jenis es krim yang tepat terlebih dahulu. Anda bisa mengeluarkan ide dengan membuat es krim yang baru dan berbeda dengan jenis es krim lainnya di pasaran. Pemilihan rasa juga menjadi poin penting dalam urusan yang satu ini. Jika Anda bisa membuat es krim dengan rasa yang unik dan lezat, maka peluang produk tersebut untuk laris manis di pasaran tentu akan semakin besar. 

2. Susun anggaran dan siapkan modalnya

Keuangan selalu menjadi poin penting yang wajib dicermati dalam bisnis, termasuk saat Anda ingin memulai bisnis es krim rumahan ini. Susunlah anggaran bisnis yang tepat dan efisien, agar Anda lebih mudah mengelola segala sesuatunya dengan maksimal. Selain itu, siapkan modal yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan bisnis tersebut, sehingga Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar dan sesuai dengan rencana awal.

3. Pakai bahan baku yang berkualitas baik

Kualitas bahan baku akan sangat menentukan kualitas produk yang dihasilkan. Hal ini juga akan mempengaruhi nilai gizi yang terkandung di dalam produk es krim tersebut. Hindari bahan baku berkualitas rendah, meskipun harganya terbilang jauh lebih murah. Jika ingin menghasilkan es krim yang lezat dan sehat, pastikan Anda selalu menggunakan bahan baku yang berkualitas baik sejak awal.

Baca Juga: Bisnis Rumahan yang Lagi Kekinian dengan Omzet Di Atas Gaji Bulanan

4. Gunakan logo, merek dan kemasan yang unik

Meski hanya es krim rumahan, Anda tetap harus membangun brand bisnismu dengan serius. Hal ini bisa dimulai dengan pemilihan kemasan yang tepat, termasuk dengan mempertimbangkan ukuran serta bentuk dan desainnya. Selain itu, buatlah logo dan juga merek yang unik, agar lebih menarik dan mudah diingat orang.

5. Manfaatkan sosial media

Jangan lupa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan es krim buatanmu. Anda bisa menggunakan Facebook, Instagram, maupun platform lainnya untuk urusan yang satu ini. Jika memungkinkan, menggunakan layanan jasa influencer juga dapat dijadikan sebagai pilihan.

Rencanakan Bisnis Rumahan dengan Matang

Meski bisnis es krim ini terbilang sangat mudah dijalankan, tetap saja yang namanya bisnis perlu adanya perencanaan yang matang. Mulai dari persiapan, saat produksi dan penjualan. Lebih penting lagi saat mengelola keuangan bisnis. Dengan begitu, bisnis rumahan bisa berjalan lancar dan memberikan keuntungan yang lumayan.

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona