Cara Buat e-KTP Tanpa Sesuai Domisili

Mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) kini tidak lagi ribet. Anda bisa membuat atau memperpanjang KTP Elektronik atau e-KTP di Kelurahan atau Kecamatan mana saja, tanpa harus sesuai domisili. Sistem pengurusan e-KTP tanpa sesuai domisili sudah berjalan di wilayah DKI Jakarta sejak April 2015. Perkembangan sistem pelayanan KTP dari kantor kelurahan atau kecamatan di mana saja ini diharapkan semakin mempermudah masyarakat untuk memiliki kartu identitas diri.

Proses pengurusan e-KTP semakin mudah, cepat, dan gratis. Pada tahap awal, sistem pengurusan e-KTP tanpa domisili hanya berlaku di Jakarta, yakni di wilayah Jakarta Timur (Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung), Jakarta Barat (Kelurahan Krukut). Ke depan, semua wilayah di Indonesia secara bertahap akan menerapkan sistem yang sama. Untuk informasi terbaru, Anda bisa langsung mendatangi dan bertanya ke kantor kelurahan/kecamatan terdekat atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. 

Berlaku Seumur Hidup

Masa berlaku e-KTP terbaru adalah seumur hidup. Format e-KTP terbaru mulai dirilis sejak 2012. Pada bagian informasi data diri tidak lagi mencantumkan masa berlaku kepemilikan KTP. Landasan hukum e-KTP tercantum dalam Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan. Berdasarkan UU No. 24 tahun 2013 pasal 64 ayat 7 huruf a : menginformasikan warga negara Indonesia yang telah memiliki e-KTP dengan batas berlaku KTP selama 5 tahun tidak perlu memperpanjang KTP karena e-KTP akan otomatis berlaku seumur hidup.

Anda tidak perlu khawatir, e-KTP format lama masih diakui dan memiliki fungsi yang sama seperti e-KTP baru meski masa berlaku habis. KTP Anda akan tetap aman digunakan untuk mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga terkait hingga bukti saat razia kepolisian. Tidak perlu terburu-buru mengganti dengan e-KTP baru, pemilik KTP wajib mengganti e-KTP miliknya jika terjadi perubahan terkait status perkawinan, alamat, serta kehilangan. 

 

loader

Format e-KTP baru berlaku hingga seumur hidup via dispenduk.mojokertokota.go.id

 

Bagi Anda yang berencana mengurus e-KTP baru atau memperpanjang e-KTP, berikut ulasan persyaratan dan prosedur pengurusan e-KTP tanpa sesuai domisili. 

Persyaratan membuat e-KTP baru

  • Telah berusia 17 tahun
  • Surat pengantar RT/ RW
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Kutipan Akte Nikah/Akta Kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 tahun 
  • Formulir permohonan KTP

Persyaratan perpanjangan e-KTP

  • KTP yang telah habis masa berlakunya
  • Surat pengantar RT/ RW
  • Fotokopi KK
  • Formulir permohonan KTP

 Prosedur membuat e-KTP baru atau perpanjangan: 

 

loader

Proses perekaman data e-KTP via jabar.pojoksatu.id

 

1. Datang ke Kantor Kelurahan/Kecamatan

Datang ke kantor kelurahan/kecamatan atau Kantor Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setempat untuk lapor diri.

2. Ambil Nomor Antrean

Ambil nomor antrean, lalu kumpulkan berkas dokumen persyaratan di loket yang ditentukan.  Tunggu pemanggilan nomor Anda. Petugas akan melakukan verifikasi data penduduk dari Kartu Keluarga dari pengecekan database kependudukan.

3. Pengambilan Foto dan Data Biometrik

Pengurusan e-KTP tidak dapat diwakilkan. Petugas akan melakukan pengambilan foto secara digital. Kemudian, pengambilan tanda tangan pada alat perekam tanda tangan elektronik, perekaman data sidik jari tangan (sidik jempol tangan kanan dan kiri, jari telunjuk kanan dan kiri), lalu proses scan retina (iris) mata. Jika sudah selesai pendataan. Petugas akan membubuhkan tanda tangan dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai tanda bukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto, tanda tangan, scan retina dan sidik jari. Seluruh proses perekaman data e-KTP memerlukan waktu sekitar 10-15 menit.  

4. Pengambilan e-KTP

Setelah perekaman semua data selesai. e-KTP akan dicetak. Proses pembuatan hingga pencetakan e-KTP memerlukan waktu hingga 14 hari. Beberapa kendala umum dalam memprosesan e-KTP, antara lain perbedaan data diri, kepemilikan KTP ganda, minimnya ketersediaan blangko e-KTP atau kerusakan pada alat pencetak e-KTP. Pada beberapa wilayah Jakarta, e-KTP bisa selesai dalam waktu satu hari, asalkan semua persyaratan lengkap, fasilitas pembuatan e-KTP tersedia dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Kartu Indonesia Pintar: Apa itu, Manfaat, dan Siapa Berhak Menerima

Proses Mudah, Tanpa Biaya

loader

Warga menggunakan fasilitas mobil keliling e-KTP via casip.bandungkab.go.id

 

Seluruh proses pembuatan e-KTP tanpa sesuai domisili ini tidak dipungut biaya alias gratis. Para petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di setiap Kelurahan telah mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat. Diharapkan sudah tidak ada lagi pungutan liar dalam pengurusan e-KTP. Selain gratis, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas layanan e-KTP melalui mobil keliling dan bank. Hadirnya dua layanan pendukung tersebut diharapkan akan semakin mempermudah akses masyarakat hingga pelosok Tanah Air agar memiliki kartu identitas nasional. 

1. Mobil Keliling e-KTP

Mobil Keliling e-KTP melayani perekaman data e-KTP hingga pencetakan e-KTP mulai dari Senin-Jumat atau Sabtu-Minggu. Layanan Mobil Keliling e-KTP masih terbatas, hanya tersedia di wilayah DKI Jakarta, Semarang, Bandung, dan Tangerang. Anda bisa memanfaatkan layanan mobil keliling e-KTP untuk mengurus e-KTP baru maupun perpanjangan e-KTP. Jadwal dan lokasi kedatangan mobil keliling bisa diakses melalui kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat. 

2. Pembuatan e-KTP di Bank

Pembuatan e-KTP juga bisa dilakukan di bank. Terdapat empat bank umum yaitu Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI); dan 25 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang siap melayani pengurusan e-KTP. Kerjasama dengan pihak bank bertujuan mempermudah penduduk dalam melakukan transaksi perbankan, misalnya untuk pengajuan kredit atau pembukaan rekening.

Tapi cara ini tidak kami rekomendasikan, karena ketika hal ini dikonfirmasikan kepada bank swasta terbesar di Indonesia, BCA. Layanan call center customer service BCA yang di hubungi melalui 021-1500 888, pada Rabu 16 Maret 2016, menjelaskan berdasarkan data BCA, belum ada pelayanan jasa pembuatan e-KTP. Nantinya, jika ada peraturan atau prosedur baru terkait hal ini, akan diinformasikan kembali. Hal yang sama terjadi ketika kami melakukan konfirmasi kepada Call Center Bank Mandiri melalui 021-14000, staf Mandiri Call menginformasikan saat ini belum ada informasi layanan pembuatan e-KTP. 

Baca Juga: Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Mengurusnya

Gratis dan Mudah Prosesnya!

Dari tahun ke tahun, proses kepemilikan kartu identitas diri atau KTP semakin mudah dan cepat seiring dengan perkembangan teknologi. Sistem birokrasi atau cara pengurusan KTP tidak lagi rumit, dan biaya pembuatan e-KTP Indonesia itu gratis. Manfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia, persiapkan semua persyaratan dokumen e-KTP yang diperlukan, pilih tempat yang nyaman dan dekat untuk pengajuan dan pengurusan e-KTP Anda. Ikuti semua prosedurnya, dan milikilah e-KTP seumur hidup Anda. 

Baca Juga: BPKB Hilang? Ini Dia Cara Mengurusnya