Cara Dapatkan Nilai Plus Saat Wawancara Kerja Online

Melamar pekerjaan di era new normal, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pencari kerja. Setelah proses dasar, seperti seleksi CV (Curricullum Vitae) Anda akan mendapat undangan untuk proses seleksi kerja selanjutnya, yaitu wawancara. 

Di tengah situasi pandemi yang belum usai, kini HRD perusahaan cenderung akan wawancarai para pelamar kerja secara online seperti vidio call atau phone call. 

Bagi pelamar kerja yang saat ini tengah bersiap atau menunggu panggilan wawancara online. Pastikan Anda benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. Mulai dari persiapan dasar seperti memastikan sinyal koneksi internet lancar hingga berpakaian formal layaknya wawancara versi langsung atau tatap muka. 

Pupuk rasa percaya diri dan berpikirlah positif sebelum Anda diwawancarai. Tunjukkan dan yakinkan pewawancara saat melamar kerja atas keterampilan yang Anda miliki agar wawancara kerja online berhasil di level HDR atau user.

Sebagai bahan persiapan wawancara, ketahui apa saja hal-hal yang bisa menjadi nilai plus pada saat Anda wawancara kerja online. Apa saja itu? Simak ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

loader

Ilustrasi wawancara kerja online

  • Lakukan Riset dan Perkaya Wawasan 

Bersikap kreatif dan inovatif harus Anda terapkan dalam pikiran. Sehingga Anda tidak terlalu berada di zona nyaman. Pemikiran-pemikiran baru harus Anda gali yang nantinya akan di aplikasikan dalam pekerjaan nantinya. 

Lakukan riset terhadap posisi kerja yang Anda lamar. Carilah informasi terkini tentang bidang tersebut. Lalu, temukan juga hubungan atau benang merah antara pekerjaan yang Anda lamar dengan pengetahuan atau pengalaman yang Anda miliki. 

  • Miliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Poin penting selanjutnya adalah komunikasi. Seseorang cerdas atau tidak dapat dilihat dari cara berbicara. Menanggapi apa yang diungkapkan seseorang dengan baik adalah contoh menjalin komunikasi dengan baik. 

Usahakan ketika wawancara kerja online, Anda mendengarkan dengan baik pertanyaan yang diajukan dan menjawabnya dengan jelas dan tepat. 

Ingat, komunikasi yang baik itu tidak bertele-tele, HRD tidak akan menyukai penjelasan atau jawaban yang panjang tapi tidak berisi atau tidak nyambung. 

Jadi, pelajari cara menjawab pertanyaan dasar wawancara kerja dengan baik. Anda juga bisa berlatih sendiri dulu sebelum wawancara tiba agar menjadi lancar, tidak kaget dengan beragam pertanyaan yang akan diajukan. 

Baca juga : Lakukan Ini untuk Mengurangi Grogi ketika Wawancara Kerja

  • Miliki Kemampuan Pemrograman IT

Era yang sangat modern ini membuat industri kerja yang berhubungan dengan pemrograman, informasi dan teknologi (IT) dan digital menjadi lebih cepat maju. Bagi Anda yang sudah memiliki skills ini, hal ini bisa menjadi nilai plus. Siapkan portfolio pengalaman kerja atau project kerja yang pernah Anda lakukan. 

Saat wawancara, ceritakan dengan tegas dan lugas kesuksesan yang pernah Anda raih, tantangan/persoalan yang pernah dihadapi dan juga solusi yang Anda lakukan. Namun, bagi Anda yang belum memiliki skill ini, tak perlu berkecil hati. Anda bisa menambah ilmu baru dengan cara mengambil kursus online. 

  • Miliki Kemampuan Pemasaran

Bayangkan Anda sudah bekerja di suatu perusahaan. Jiwa-jiwa marketing harus tumbuh pada diri Anda. Kemampuan untuk memasarkan sesuatu akan menjadi nilai lebih ketika Anda berhasil membuat klien setuju untuk bekerja sama atau membeli produk yang ditawarkan. 

Sistem simbiosis mutualisme menjadi alasan utama untuk menjalin hubungan kerjasama. Jika Anda tidak memiliki kemampuan pemasaran yang baik. Maka pihak kantor atau perusahaan lain tidak akan tertarik dengan penawaran kerjasama Anda.