Sering Mengganggu, Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Saat beraktivitas, sakit kepala kerap tiba-tiba datang dan mengganggu. Terkadang, rasa sakit pada kepala hanya menyerang di satu bagian saja. Adapun gejala sakit kepala biasanya dirasakan di sebelah kiri

Sakit kepala sebelah kiri biasanya menyerang di saat yang tidak tepat, seperti saat sedang fokus bekerja atau belajar. Hal ini membuat produktivitas menurun akibat rasa sakit yang mengganggu. Alhasil, pekerjaan bisa terhambat.

Agar tidak berlanjut, sakit kepala sebelah kiri harus diatasi dan dicegah. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang ampuh? Berikut adalah penjelasannya.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

loader

Sebelum mengetahui cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri, kenali terlebih dahulu penyebab sakit kepala. Adapun sakit kepala sebelah kiri biasa terjadi karena sejumlah hal. Faktor pertama penyebab sakit kepala sebelah kiri adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Bagi kamu yang sering begadang atau memiliki kualitas tidur yang buruk, sakit kepala sebelah kiri kerap menyerang. Sebab, gaya hidup ini bisa membuat hormon stres meningkat dan memicu tegang di kepala sebelah kiri.

Dari faktor makanan, kamu juga bisa terserang sakit kepala akibat makan makanan asin terlalu banyak. Sebab, konsumsi garam yang terlalu tinggi bisa membuat sirkulasi darah menurun, kepala pun menjadi cenat-cenut.

Faktor kedua adalah migrain. Migrain merupakan kondisi medis saat kepala terasa sakit berdenyut hanya di satu bagian kepala. Migrain pun bisa disebabkan karena sejumlah faktor, seperti stres, kelelahan, atau terlalu banyak konsumsi asupan tertentu.

Faktor ketiga yang bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri adalah terjadi infeksi atau alergi pada saluran pernapasan. Apabila terjadi infeksi, sakit kepala sebelah kiri merupakan salah satu gejalanya. Sementara itu, apabila menderita alergi, sakit kepala disebabkan dari reaksi penyempitan saluran napas.

Meskipun sering menyerang karena penyebab tersebut, kamu harus mewaspadai datangnya sakit kepala sebelah kiri apabila diiringi dengan tanda-tanda tertentu, seperti muncul mendadak dengan nyeri yang tak tertahankan, atau disertai dengan kesulitan bicara dan mati rasa. Kamu juga harus mewaspadai apabila sakit kepala sebelah kiri disertai dengan gangguan penglihatan.

Apabila gejala tersebut muncul dan tak kunjung sembuh, segera temui dokter untuk meminta pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, sakit kepala sebelah kiri yang tidak normal bisa jadi merupakan gejala untuk penyakit yang lebih berat, seperti stroke atau tekanan darah tinggi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Setelah mengetahui penyebab sakit kepala sebelah kiri, kamu bisa mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Berikut adalah pemaparannya.

1. Beristirahat

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri adalah beristirahat. Sebab, biasanya sakit kepala sebelah kiri terjadi karena berlebihan dalam melakukan kegiatan tertentu. Jadi, hentikanlah semua kegiatan yang sedang kamu lakukan dan habiskan waktu untuk beristirahat hingga sakit kepala sebelah kiri menghilang.

2. Minum Air Hangat

Seperti diketahui, sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi karena penyempitan sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi air hangat, rasa hangat bisa memicu pembuluh darah yang menyempit menjadi longgar kembali. Alhasil, aliran darah pun netral kembali dan rasa sakit kepala pun berkurang.

 3. Kelola Stres

Salah satu faktor penyebab sakit kepala sebelah kiri adalah stres. Apabila kamu merasa stres saat sakit kepala menyerang, maka kelolalah stres dan tenangkan dirimu. Untuk menghilangkan stres, kamu bisa melakukan berbagai teknik relaksasi, seperti meditasi atau memenuhi diri dengan afirmasi positif.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menjadi pemicu yang menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Oleh karena itu, saat sakit kepala menyerang, pastikan kamu mengonsumsi cairan tubuh yang sesuai dengan kebutuhan harian. Adapun kebutuhan cairan yang harus dipenuhi adalah 2 liter per hari.

5. Lakukan pijatan

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi karena otot yang tegang. Untuk merelaksasi otot, kamu bisa melakukan pijatan di titik sakit kepala, telapak tangan, atau bahu. Untuk memaksimalkan pijatan, gunakan pula minyak angin yang hangat agar terasa lebih nyaman.

6. Kompres Kepala

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri, kamu juga bisa mengompres bagian kepala yang sakit. Adapun kompres dapat berupa air hangat atau air dingin, sesuai dengan kenyamanan kamu. Dengan kompres, kepala dapat lebih rileks sehingga sakit kepala pun dapat menghilang.

7. Mandi Air Hangat

Apabila kamu masih sanggup beraktivitas saat sakit kepala, kamu bisa mandi air hangat. Sebab, mandi air hangat bisa merelaksasi otot yang tegang. Jadi, sakit kepala pun bisa berkurang, bahkan hilang. Kamu juga bisa berendam dengan air hangat untuk menambah efek relaksasi.

Cegah Sakit Kepala Sebelah Kiri dengan Hal Berikut

Selain mengatasi sakit kepala sebelah kiri, kamu juga harus mencegah datangnya penyakit tersebut. Berikut adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sakit kepala sebelah kiri.

1. Beristirahat dengan Cukup

Salah satu faktor penyebab sakit kepala sebelah kiri adalah kurang tidur atau kebiasaan begadang. Oleh karena itu, beristirahatlah dengan cukup, yakni selama 7 hingga 9 jam setiap hari. Jangan pula terlalu banyak tidur karena hal ini dapat memicu sakit kepala sebelah kiri.

2. Hindari Stres Berlebihan

Selalu kelola rasa stres pada setiap kegiatan yang sedang dilalui. Apabila stres dirasa akan melanda, lakukanlah berbagai teknik relaksasi yang bisa membuatmu rileks. Sebut saja, meditasi, mendengar ASMR, atau mengatasi sumber stres.

3. Penuhi Asupan Kebutuhan Cairan Harian

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala sebelah kiri. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu minum air mineral sebanyak 2 liter per hari atau sama dengan 8 gelas per hari. Apabila aktivitasmu banyak, minumlah lebih dari batas yang dianjurkan agar cairan tubuh selalu terjaga.

4. Hindari  Konsumsi Kafein, Garam, dan MSG Berlebih

Untuk diketahui, zat-zat tertentu pada makanan yang dikonsumsi secara berlebih dapat memicu sakit kepala sebelah kiri. Contohnya adalah kafein pada kopi atau teh, garam, dan monosodium glutamate (MSG). Konsumsilah zat-zat tersebut sesuai dengan anjuran WHO.

5. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga bisa membuat tubuhmu makin bugar. Dengan berolahraga, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur dan terpicu untuk memenuhi konsumsi cairan harian. Selain itu, berolahraga juga bisa mengurangi stres sehingga suasana hatimu bisa selalu baik.

Seluruh upaya mencegah sakit kepala sebelah tak hanya membuat kamu terhindar dari sakit kepala itu sendiri. Lebih dari itu, kamu bisa menjaga kesehatan dan menepis kemungkinan penyakit yang bisa timbul di kemudian hari. Dengan demikian, kamu tak perlu merogoh banyak kocek untuk mengatasi penyakit.

Meskipun demikian, kamu tetap harus bejaga-jaga terhadap kemungkinan terburuk dengan menyisihkan uang untuk keadaan darurat. Kamu juga bisa memakai asuransi kesehatan agar masalah kesehatan yang mungkin menyerang bisa diatasi dengan mudah.

Jaga Kebugaran untuk Hilangkan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Yuk, selalu jaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar terhindar dari sakit kepala sebelah kiri! Sebab, jika sakit menyerang, akibatnya bisa berujung pada penurunan produktivitas. Bahkan, jika terlalu sering, kamu bisa merogoh kocek yang banyak untuk membeli obat.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri adalah dengan beristirahat yang cukup, mandi dan kompres air hangat, serta mengelola stres. Selain itu, selalu hindari faktor-faktor pemicu sakit kepala sebelah kiri agar penyakit tak datang lagi, ya.