Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses

Cara menjadi Youtuber merupakan salah satu informasi yang paling banyak dicari belakangan ini. Bagaimana tidak, platform yang satu ini dianggap bisa menjadi sumber uang yang dapat  menghasilkan, bahkan dalam jumlah yang besar sekalipun. 

Kesuksesan sejumlah Youtuber tanah air merupakan hal yang banyak memotivasi orang untuk belajar bagaimana cara mendaftar jadi Youtuber. Tidak tanggung-tanggung, sejumlah Youtuber tanah air memang bisa mendapatkan jutaan subscriber di akun mereka, dan ini tentu bisa mendatangkan uang ratusan juta setiap bulannya. 

Bukan hanya sekedar ingin tahu cara menjadi Youtuber pemula saja, pada umumnya kebanyakan orang fokus untuk mencari informasi bagaimana cara daftar Youtube biar dapat uang, sebagaimana para Youtuber yang sudah ahli dan profesional. 

Keterbatasan peralatan tentu tidak akan menjadi masalah, sebab saat ini berbagai informasi terkait cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP juga bisa ditemukan dengan mudah. Lalu bagaimana cara menjadi Youtuber pemula yang anti gagal? 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Ini Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses 

loader

Youtuber adalah sebutan untuk orang-orang yang memiliki channel Youtube dan secara aktif menghasilkan karya yang mereka bagikan melalui channel tersebut kepada para subscribernya.  Cara mendaftar jadi Youtuber tentu tidak akan sulit, apalagi jika dilakukan dengan langkah yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara menjadi Youtuber pemula yang bisa dilakukan dengan mudah: 

1. Tentukan Tujuan yang akan Dicapai di Youtube 

Sama seperti usaha lainnya, cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP juga tentu harus diawali dengan tujuan yang jelas terlebih dahulu. Hal ini penting, agar kedepannya bisa selalu fokus pada tujuan yang telah ditentukan tersebut, sehingga hal-hal lainnya bisa dikesampingkan terlebih dahulu. 

Kesuksesan seorang Youtuber biasanya akan diukur dengan 3 poin berikut ini: 

  • Jumlah subscriber yang dimiliki di akun Youtube.
  • Engagement yang bisa didapatkan, dimana akun Youtube selalu memperoleh jumlah share, like dan juga komen yang banyak.
  • Monetisasi akun, di mana akun tersebut bisa menghasilkan uang dari berbagai iklan dan yang lainnya. 

Pilih salah satu atau bahkan ketiga poin diatas sekaligus. Namun jika ingin fokus, tidak ada salahnya untuk memilih satu per satu dan memilih yang lainnya kemudian seiring dengan berkembangnya channel Youtube itu sendiri.  

2. Buat Target yang Terukur

Jika sudah mengetahui cara daftar Youtube biar dapat uang, maka mulailah menentukan target yang akan dicapai. Buatlah target yang masuk akal/ terukur, sehingga bisa dicapai dan tidak hanya akan menjadi sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. 

Misalnya: bisa mendapatkan 1500 subscriber dalam waktu 5 bulan. Hal ini mungkin terlihat kecil pada awalnya, namun tentu bukan sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Target yang realistis seperti ini akan membuat perjalanan menjadi Youtuber bisa dilalui dengan menyenangkan. 

3. Pilihlah Niche yang Sesuai Passion dan Kemampuan 

Cara menjadi Youtuber pemula yang sukses adalah dengan memilih niche yang tepat sejak awal. Niche yang unik dan menarik mungkin akan mendatangkan banyak subscriber, namun ini akan sangat sulit jika tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Pilihlah niche yang sesuai dengan passion dan juga kemampuan yang dimiliki, agar lebih mudah untuk menyajikannya menjadi sebuah konten yang menarik. Selain itu, hal ini juga akan mendukung proses kreatif yang lebih maksimal.

Ada beberapa niche yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebagai cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP, antara lain: kuliner, fashion, lifestyle, traveling, teknologi, gaming, musik, dan yang lainnya. 

4. Tentukan Jenis Konten yang akan Dibuat

Jika sudah tahu cara daftar Youtube biar dapat uang, maka jangan lupa untuk memilih tipe konten yang tepat untuk channel tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertimbangannya: 

  • Educate, ini merupakan konten yang memberikan pemahaman tentang sesuatu kepada para viewer.
  • Entertain adalah jenis konten yang menghibur dan paling banyak disukai. 
  • Convert adalah konten yang akan mendorong viewer untuk melakukan sesuatu, misalnya pembelian atau yang lainnya. 

5. Temukan Ciri Khas Sendiri 

Cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP adalah dengan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga viewers akan mudah untuk mengingat akun maupun sosok Youtuber itu sendiri. 

Ciri khas ini bisa didapatkan dengan banyak cara, misalnya: menggunakan tagline tertentu, menggunakan pakaian atau atribut tertentu, memakai logat bahasa tertentu, dan yang lainnya. Konsistenlah pada ciri khas tersebut, sebab ini akan menjadi salah satu identitas sebagai Youtuber juga.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Youtuber adalah Profesi yang Menjanjikan

6. Rancang Konten yang Menarik

Jika sudah mengetahui cara daftar Youtube biar dapat uang dan memiliki akun, maka mulailah merancang konten yang menarik. Pastikan konten ini sesuai dengan segmen yang akan dituju, agar bisa memiliki banyak viewers dan mendatangkan banyak uang di channel tersebut. 

7. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara menjadi Youtuber pemula yang sukses, tidak harus selalu dengan peralatan yang luar biasa lengkap. Manfaatkan saja peralatan yang dimiliki seadanya terlebih dahulu dan maksimalkan dengan penggunaan yang tepat, agar konten yang dihasilkan bisa berkualitas. 

8. Buat Video dengan cara Profesional 

Jika belum memiliki kamera profesional untuk membuat konten, maka pelajari cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP. Jangan lupa untuk melakukan proses editing terlebih dahulu, sebelum akhirnya konten tersebut diunggah ke channel Youtube. 

Fokuslah dalam pembuatan konten ini, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Pada fase awal ini mungkin akan sedikit terasa sulit, namun jika sudah terbiasa dan sering dilakukan, maka proses pembuatan video ini tentu akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

9. Hiasi Channel Youtube 

Selain belajar tentang cara daftar Youtube biar dapat uang, pelajari juga cara untuk memaksimalkan tampilan channel Youtube itu sendiri. Buatlah channel dengan tampilan profesional dengan cara melengkapi profil dan mengatur hal lainnya di sana, sehingga channel lebih menarik dan memiliki ciri khas. 

10. Bangunlah Engagement dengan Audiens

Mulailah membangun engagement dengan para audiens, sehingga terjalin keterikatan positif. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti: mambangun komunikasi, menjaga konsistensi, melakukan live streaming, menanggapi respon yang masuk, dan yang lainnya.

11. Promosikan Konten Melalui Medsos 

Cara menjadi Youtuber pemula yang sukses juga bisa dimaksimalkan dengan penggunaan media sosial. Mulailah mempromosikan konten Youtube yang dibuat melalui medsos, sehingga lebih banyak orang yang melihatnya. Ini bisa menjadi salah satu cara menjadi Youtuber sukses dalam waktu cepat.

12. Memanfaatkan SEO

Selain mengetahui cara mendaftar jadi Youtuber yang benar, cara mempromosikan channel Youtube juga tak kalah pentingnya. Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan SEO untuk membuat channel semakin banyak dikenal dan dikunjungi orang. 

Gunakan judul yang tepat dan sesuai SEO pada setiap konten yang diunggah di channel tersebut, sehingga orang lebih mudah menemukannya. Semakin banyak kunjungan, maka tentu akan semakin mudah untuk mendapatkan lebih banyak uang. 

13. Lakukan Analisis

Manfaatkan Youtube Analytics untuk memantau performa setiap konten yang diunggah di akun Youtube. Hal ini akan mempermudah evaluasi dan juga hal lainnya yang dianggap penting untuk meningkatkan engagement di channel tersebut.

Baca Juga: Berkenalan dengan YouTuber Fadil Jaidi, Mantan Aktor Cilik yang Tolak Alphard dari Raffi Ahmad

Cara Mendapatkan Uang dari Adsense Youtube 

Jika sudah mengetahui cara mendaftar jadi Youtuber, maka peluang untuk mendapatkan uang dari platform yang satu ini semakin besar. Segera lakukan pendaftaran dan lakukan cara menjadi Youtuber yang menghasilkan uang dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung.

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar Youtube Adsense: 

  • Mematuhi semua aturan yang diterapkan oleh Youtube. 
  • Tinggal di wilayah/ negara yang menjadi partner Youtube. 
  • Memiliki jumlah jam tayang yang lebih dari 4000 selama kurun waktu 12 bulan terakhir. 
  • Memiliki jumlah subscribers lebih dari 1000.

Cara Mengaktifkan Adsense di Channel Youtube 

Jika sudah mengetahui cara mendaftar jadi Youtuber dan memenuhi semua persyaratan di atas, maka lakukan pendaftaran adsense dengan beberapa langkah berikut ini: 

  • Klik ikon Youtube yang terdapat pada pojok kanan atas.
  • Pilih menu "Creator Studio"
  • Pilih menu “Channel” 
  • Klik “Status and Features”
  • Klik “Monetization”
  • Klik “Enable”
  • Isi semua data yang dibutuhkan di sana dengan benar dan kirimkan. 
  • Tunggu hingga Youtube mengirimkan terkait kabar status pengajuan adsense tersebut.

Pahami dan Terapkan Cara Menjadi Youtuber yang Benar 

Cara menjadi Youtuber pemula sebenarnya tidaklah terlalu sulit, sebab ada banyak informasi yang bisa ditemukan terkait dengan hal ini. Namun meski begitu, pastikan untuk menemukan cara menjadi Youtuber yang benar dan mudah untuk diterapkan, agar keinginan untuk menjadi Youtuber sukses bisa diwujudkan dengan cepat.

Baca Juga: Jadi Vlogger Bisa Panen Banyak Uang dari Youtube. Begini Tipsnya!