Cara Mudah dan Hemat Mendesain Interior Rumah yang Menarik

Sebagian orang, mendesain interior rumah kerap menjadi hal yang sulit dilakukan. Budget yang tinggi tentu sering menjadi alasan untuk mengabaikannya. Padahal, mendesain interior rumah tidaklah harus selalu menelan budget yang tinggi. 

Anda juga bisa berkreasi dan membuat desain yang menarik, bahkan yang benar-benar sesuai dengan keinginan meski dengan budget yang lebih hemat.

Bagi yang belum tahu caranya, simak beberapa langkah mudah berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk mendesain interior rumah dengan budget hemat.

1. Pilih warna cat yang tepat

cat dinding rumah
Pilih warna yang cat yang tepat

Cat menjadi salah satu penentu untuk kesuksesan sebuah desain interior rumah. Pemilihan cat ini pada umumnya tidak bisa hanya didasarkan pada selera pemilik rumah saja, namun Anda juga perlu menyesuaikannya dengan fungsi dan berbagai aspek lainnya di dalam setiap ruangan rumah.

Pemilihan warna cat yang tepat akan membuat tampilan rumah menjadi maksimal, bahkan meski dengan perabotan yang tidak berlebihan. Pastikan Anda memilih warna cat yang tepat untuk setiap ruangan rumah. Anda bisa memberi sentuhan warna yang hangat untuk kamar tidur dan ruang keluarga. Sedangkan untuk ruangan lainnya, nuansa yang sedikit lebih segar dan cerah juga bisa menjadi pertimbangan. 

2. Kerjakan sendiri

Saat ingin mengubah desain interior rumah, biaya mempekerjakan orang lain merupakan salah satu yang paling besar. Ini akan menyita banyak anggaran, sehingga akan lebih baik jika Anda mengerjakan segala sesuatunya sendiri. 

Anda bisa mulai dengan mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, lalu mengerjakan satu demi satu bagian dari proyek ini. Selain bisa bekerja dengan lebih tenang, pengerjaan yang seperti ini juga akan memberikan Anda kepuasan dan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: Ruang Keluarga Makin Nyaman dengan 5 Desain Minimalis Gaya Lesehan

3. Minta bantuan teman dan keluarga

renovasi rumah
Minta bantuan teman atau keluarga

Jika merasa kesulitan saat bekerja sendiri, maka jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain. Cobalah untuk menghubungi teman dan juga keluarga yang memiliki waktu luang untuk membantu Anda menyelesaikan proyek tersebut. Bekerja dengan beramai-ramai seperti ini akan membuat rumah Anda cepat selesai dan tentunya tidak melelahkan. 

Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik terlebih dahulu, sehingga ketika mereka tiba pekerjaan bisa langsung dimulai. Lakukan pembagian tugas sesuai dengan keahlian masing-masing orang, agar hasilnya bisa lebih maksimal. Selain hemat biaya, momen seperti ini juga akan memberi Anda waktu yang banyak bersama teman dan keluarga.

4. Gunakan kanvas pada area dinding

Area dinding akan menjadi bagian yang menyita banyak perhatian, sehingga penting untuk membuatnya semenarik mungkin. Anda bisa menghias area ini dengan lebih mudah, tanpa harus mengeluarkan banyak uang. 

Cat beberapa kanvas dengan menggunakan cat lateks, lalu gantungkan pada area dinding yang tepat. Dinding rumah akan segera tampil segar dan berbeda dari sebelumnya.

5. Hiasi dinding dengan piring-piring 

dinding
Hiasi dinding dengan piring

Selain kanvas, Anda juga bisa memanfaatkan piring untuk mempercantik area dinding di rumah. Pilihan warna yang unik dan bentuk yang menarik, akan membuat dinding lebih terlihat indah dengan hiasan piring-piring ini. 

Anda bisa menggantung piring ini pada ara dinding yang tampak kosong, sehingga tampilannya yang menonjol dapat memberikan nuansa yang berbeda. 

Baca Juga: Intip 9 Desain Rumah Terbaik Untuk Kaum Millenials

6. Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan menjadi bagian penting dari sebuah ruangan. Pilihan lampu dan penempatannya yang tepat, akan membuat tampilan keseluruhan ruangan rumah menjadi benar-benar berbeda. 

Anda juga bisa menggunakan lampu dengan desain yang unik pada beberapa ruangan, agar kesan estetik bisa didapatkan. Gunakan pencahayaan yang tepat dan sesuai kebutuhan, agar tampilan seluruh rumah menjadi jauh lebih nyaman. 

7. Manfaatkan kain

Kain menjadi salah satu bahan yang murah dan bisa digunakan untuk mempercantik seluruh ruangan di rumah. Pilihan warna dan desain yang tepat, bisa membuat berbagai sudut ruangan menjadi lebih menarik. Kain ini bisa digunakan sebagai furniture pilihan yang menarik, seperti aksesoris dan berbagai hal lainnya yang dapat mempercantik rumah.

Rencanakan dan Desain Rumah dengan Tepat

Mendesain rumah tidak harus selalu dengan budget mahal, bahkan bisa melakukan ini sendiri. Hitung dan siapkan budget yang tepat, agar Anda bisa menghasilkan desain rumah menarik dengan budget hemat. Selain lebih murah, cara ini juga akan memungkinkan Anda mendapatkan hasil desain yang lebih maksimal. Jika dana yang dimiliki kurang, Anda bisa memanfaatkan pinjaman online dengan pilihan bunga yang rendah.

Baca Juga: Saat Desain Rumah, Anda Perlu Perhatikan 10 Poin Penting ini