Saat Desain Rumah, Anda Perlu Perhatikan 10 Poin Penting ini

Tinggal di rumah dengan desain impian merupakan salah satu pencapaian besar yang diinginkan oleh semua orang. Namun, memilih desain dan mengatur interior dengan tepat merupakan hal yang paling lazim dilakukan. 

Desain rumah yang tepat juga membuat setiap sisi dan ruangan rumah menjadi lebih indah dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat Anda dan semua anggota keluarga merasa lebih nyaman. 

Bagi Anda yang saat ini sedang mendesain rumah, sebaiknya perhatikan dan pahami 10 poin penting pada ulasan berikut ini agar desain rumah terlihat bagus maksimal.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Tentukan gaya rumah yang tepat

rumah
Tentukan gaya rumah yang tepat

Pemilihan gaya rumah menjadi poin utama yang harus dipikirkan dengan tepat. Ini berlaku untuk keseluruhan bagian rumah, baik itu desain eksterior maupun desain interiornya. Anda bisa memilih gaya rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda, seperti: tradisional, modern minimalis, dan yang lainnya.

Selain itu, pilih juga desain interior yang sesuai dengan desain eksterior Anda tersebut. Hal ini penting, agar keseluruhan rumah seimbang dan terasa lebih nyaman. 

2. Tentukan jumlah kamar tidur

Jumlah kamar tidur akan mempengaruhi ketersediaan area untuk berbagai ruangan lainnya, sehingga harus ditentukan dengan cermat. Bagi yang masih keluarga kecil, memiliki 2 kamar tidur saja bisa menjadi pertimbangan. 

Namun jika sudah memiliki beberapa anak, Anda juga tentu harus mempertimbangkan untuk menyediakan kamar tidur untuk masing-masing anak. Tentukan jumlah kamar yang tepat dan sesuai dengan luas rumah, agar seluruh ruangan di dalamnya bisa nyaman dalam porsi seimbang.

3. Tentukan jumlah lantai

Saat Anda membangun rumah dari nol, maka akan leluasa untuk memilih desain rumah tersebut secara keseluruhan. Anda bisa membangun  rumah 2 lantai untuk ukuran yang lebih luas. 

Namun jika lahan yang tersedia cukup luas, rumah 1 lantai saja juga tentu akan terasa nyaman. Pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang hal yang satu ini, agar kelak rumah benar-benar nyaman dan sesuai impian.

Baca Juga: Sebelum Beli Properti, Cek Dulu Tipe dan Harga Rumah Tapak Terbaru

4. Tentukan desain kamar utama

kamar tidur
Tentukan desain kamar tidur

Kamar utama akan menjadi tempat di mana Anda beristirahat dengan nyaman. Selain fungsinya, keindahan dari ruangan ini juga tentu menjadi hal yang penting. Tentukan desain yang tepat untuk kamar utama ini, termasuk akses kamar mandi jika menginginkannya. 

Selain itu, pilih juga desain interior yang tepat dan sesuai dengan selera Anda. Upayakan untuk menggunakan furniture yang tepat, agar bisa menikmati kenyamanan selama berada di kamar.

5. Buat ruang pendukung di luar ruang utama

Idealnya rumah memang memiliki beberapa ruang utama, antara lain: ruang tengah, kamar tidur, kamar mandi, dan juga dapur. Namun ini tidak selalu menjadi patokan, apalagi jika Anda masih memiliki lahan yang kosong dan bisa dimanfaatkan. 

Anda bisa membangun beberapa ruang pendukung lainnya, seperti: ruang kerja, ruang bermain anak, dan yang lainnya. Ruang pendukung ini akan membuat rumah lebih nyaman.

6. Tentukan jumlah kamar mandi

Anda juga perlu membuat kamar mandi yang nyaman di rumah. Jumlah kamar mandi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketersediaan lahan. Sebagian orang akan membuat kamar mandi di setiap kamar tidur atau bahkan hanya di kamar mandi utama. 

Selain itu, kamar mandi di sekitar ruang tengah atau dapur tentu wajib Anda miliki. Pada umumnya, kebanyakan rumah akan memiliki setidaknya 2 kamar mandi.

7. Desain area dapur

area dapur
Desain area dapur

Dapur akan menjadi area yang penting di dalam rumah, bahkan kerap menjadi perhatian untuk sebagian besar orang. Di area ini Anda akan menyimpan banyak perabotan dan melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. 

Pastikan Anda memilih desain dapur yang tepat, agar semua aktifitas di area ini bisa berjalan lancar. Selain itu, gunakan juga berbagai perabotan yang sesuai kebutuhan dan juga ruangan dapur.

8. Buat dan evaluasi denah rumah

Apapun desain rumah yang akan dibangun, pastikan Anda sudah membuat denahnya terlebih dahulu. Evaluasi denah ini dan lihatlah gambaran tentang rumah impian Anda tersebut secara detail terlebih dahulu, sebelum akhirnya mulai membangunnya. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan desain rumah yang tepat dan benar-benar nyaman untuk ditinggali.

Baca Juga: Tips dan Trik Renovasi Rumah untuk Anda yang “Low-budget”

9. Fungsionalitas

Jangan lupa untuk tetap melihat fungsionalitas rumah Anda dengan lengkap. Rumah impian bukan hanya indah dipandang, namun juga harus benar-benar bisa memenuhi fungsinya sebagai tempat tinggal yang nyaman dengan baik. 

Hal ini berlaku untuk setiap sudut rumah Anda, termasuk ruangan-ruangan yang akan dibangun di dalamnya. 

10. Sesuaikan dengan lokasi rumah

Lokasi rumah juga akan ikut menentukan tingkat kenyamanan Anda selama tinggal di sana. Pastikan Anda menyesuaikan desain ini dengan lokasi rumah itu sendiri. Jika rumah ada di kawasan jalan utama, maka memasang pagar di seluruh halaman rumah bisa menjadi keputusan yang tepat. Hal-hal seperti ini akan membuat rumah lebih nyaman untuk ditinggali.

Desain Rumah Sesuaikan dengan Bujet

Bagi Anda yang berniat membangun atau merenovasi rumah dengan desain impian, pastikan desain yang diinginkan sesuai dengan bujet yang telah disiapkan sebelumnya. Jika mengalami kekurangan dana renovasi rumah, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman di bank. Namun, jangan lupa untuk membayar cicilan utangnya ke bank dengan tepat waktu.

Baca Juga: 7 Cara Dapatkan Dana Renovasi Rumah