Cara Naikkan Omzet Bisnis Online, Cek di Sini!

Kemajuan teknologi dan internet telah merubah perilaku masyarakat dalam berbelanja. Belanja tak perlu lagi dilakukan secara langsung seperti pergi ke toko atau istilahnya belanja offline. Kini, masyarakat gemar belanja secara online sebab cara ini dipandang jauh lebih praktis, banyak pilihan, hemat tenaga dan waktu.

Tak heran bila dalam beberapa tahun saja belanja online berkembang pesat di Tanah Air. Bisa dibilang, sekarang ini kamu bisa beli atau pesan apa saja secara online. Mulai dari belanja kebutuhan pokok, makanan, sayuran, pakaian, pulsa, bayar listrik, hingga layanan jasa.

Kenyataan ini menjadi angin segar sekaligus peluang bisnis. Terlebih, bisnis online dipandang menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan di era digital karena pasarnya luas dan peminatnya (konsumen) juga meningkat.

Lalu bagaimana caranya agar jualan online bisa terus meraup untung ditengah ketatnya persaingan bisnis? Berikut ulasan Cermati.com bagaimana cara naikkan omzet bisnis online supaya jualanmu tahun ini bisa menghasilkan omzet berlipat ganda.

1. Pahami Produk dan Kenali Konsumen

produk dan konsumen

Memahami produk yang dijual dan mengenali konsumen itu kunci sukses utama dalam berdagang karena produk yang dijual dan tipe pembeli online itu beragam. Jika kamu ingin produkmu laris manis alias cepat terjual maka sebagai penjual, kamu harus paham seluk-beluk produk ‘jualan’mu dibanding produk kompetitor.

Maksimalkan strategi ini dengan memberikan penjelasan atau deskripsi kata-kata produk yang tepat dan mudah dipahami oleh pembeli. Sehingga calon konsumen bisa cepat paham dengan kegunaan dan keunggulan barang atau jasa yang kamu jual.

Sebagai gambaran, produk bisnis online ialah sepatu wanita. Pastikan kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk sepatu dijual. Lalu, tentukan target utama pasar atau pembeli produk sepatumu, misalnya kategori pembeli apakah 70% targetnya ialah generasi milenial, lalu 30% nya ialah wanita karir atau ibu rumah tangga.

2. Terapkan Strategi Pemasaran Digital Marketing

digital marketing

Jualan online, baik di sosmed atau marketplace, tentunya membutuhkan promosi agar produk bisa dikenal lalu dibeli. Jadi, lakukan promosi yang tepat dengan strategi pemasaran modern seperti digital marketing. Digital marketing dikenal sebagai strategi yang sangat efektif dalam membangun brandawareness produk, memperluas akses pasar dan jangkauan konsumen.

Ada dua strategi digital marketing yakni organik (tidak berbayar) dan non-organik (berbayar). Contoh digital marketing secara organik bisa dilakukan dengan cara membuat konten produk secara gratis di berbagai blog/website dan platform sosial media (Facebook, Instagram, Twitter).

Sedangkan, digital marketing non organik ialah memasang iklan berbayar untuk mempromosikan produkmu seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, YouTube Ads, hingga jasa influencer (paid promote).

Maksimalkan promosi dengan strategi digital marketing kombinasi ( organik dan berbayar) agar produkmu semakin dikenal dan dipercaya masyarakat luas. Efeknya, siap-siap omzet jualan pasti terkerek naik.

3. Lakukan Inovasi dan Jaga Kualitas

meningkatkan kualitas produk

Persaingan bisnis online itu sangat tinggi. Untuk menaikkan omzet bisnis online, kamu perlu inovasi dan menjaga kualitas produk/jasa yang kamu jual/tawarkan. Hal ini penting karena selera konsumen zaman now bisa dibilang berubah begitu cepat dan selalu ‘haus’ akan hal-hal baru atau sedang tren.

Cobalah lakukan inovasi dengan melihat tren hingga mencari informasi apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Lalu, cek kembali jualanmu dari sisi kacamata pembeli, apakah produk yang dijual sudah sesuai harapan atau belum?

Umumnya, sebuah produk yang bisa memberikan ‘jawaban’ atas kebutuhan konsumen akan cepat terjual dan sangat tinggi peminatnya. Naikkan omzet dengan strategi seperti inovasi dalam menciptakan produk baru atau menyempurnakan kembali produk yang lama. Plus, jaga atau tingkatkan kualitas produkmu, jangan sampai kualitas jadi turun dan membuat konsumen kecewa.

Perkuat Modal Usaha dan Berikan yang Terbaik

Sebagai pebisnis online, tentunya kamu paham bahwa modal itu cukup penting. Apalagi jika kamu berencana melakukan strategi pengembangan usaha seperti pasang iklan berbayar di sosial media, membuat video produk, menggunakan promosi via influencer, merilis produk baru, hingga meningkatkan kuantitas dan kualitas produk.

Lakukan cek modal usahamu, apakah masih cukup kuat untuk membiayai strategi pengembangan dan promosi bisnis tahun ini? Atau sebaliknya, modal usaha tinggal ‘sedikit’ atau bahkan sudah hampir ‘habis’? Urusan modal, kamu tak perlu galau cari pinjaman tetangga. Lebih baik cari pinjaman yang jelas dan cepat cari seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Untuk tambahan modal usaha, pilihlah KTA terbaik dengan bunga ringan, persyaratan mudah dan pengajuan bisa online seperti KTA CIMB Niaga Xtra Dana. Dapatkan pinjaman Xtra Dana hingga Rp300 juta, bunga ringan hingga 0,99% flat/bulan dengan jangka waktu pinjaman hingga 3 tahun serta cicilan bunga tetap. 

Ingat, jangan biarkan bisnis online yang kamu jalankan sampai gulung tikar gara-gara kurang modal. Saatnya kamu perkuat modal dan terapkan 3 strategi yang diulas diatas.

Jadilah pebisnis online yang optimis, cermat mengelola keuangan, inovatif dan selalu berikan yang terbaik untuk konsumen. Yakinlah, ketika kamu sudah melakukan yang terbaik, kesuksesan akan menghampirimu dengan sendirinya.