Catat, ini 12 Dampak Buruk pada Tubuh Bila Anda Sering Telat Makan

Banyaknya deadline pekerjaan, tanggung karena tugas hampir selesai dan lainnya sering kali membuat banyak orang rela menggeser waktu makan. Mulai tak pernah sarapan, telat makan siang, hingga makan larut malam. Semakin sering menunda waktu makan tentunya akan semakin banyak pula kemungkinan negatif yang dapat menyerang tubuh Anda. Berikut ini terdapat 12 gangguan kesehatan yang akan menyerang tubuh jika sering telat makan, di antaranya:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Berat Badan Cepat Menyusut

bb
Berat badan cepat menyusut

Badan yang sehat adalah badan yang mendapatkan asupan nutrisi secara konsisten. Jika kekurangan asupan makanan dikarenakan telat makan, maka badan akan bereaksi kaget lantaran asupan nutrisi berbeda dari yang biasanya. Seluruh nutrisi yang sebelumnya disimpan dengan kondisi stabil akan terkikis secara terus menerus bila sering telat makan. Hal ini tentunya membuat berat badan semakin kurus.

2. Metabolisme Tubuh Terganggu

Saat pola makan yang sebelumnya sering telat makan kemudian kembali seperti semula, ini tentunya membuat metabolisme tubuh juga akan terganggu karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak konsisten. Meskipun hal ini tidak terjadi dalam waktu yang lama, namun cukup mengganggu terlebih saat efeknya berbuntut pada kenaikan berat badan yang tidak sehat alias berlebih. Jika Anda ingin mengembalikan waktu makan yang teratur, sebaiknya lakukanlah secara perlahan.

3. Gangguan pada Kinerja Otak

otak
Gangguan pada kinerja otak

Salah satu gangguan yang disebabkan oleh telat makan adalah terjadinya gangguan pada kinerja otak. Adapun tanda-tanda yang bisa dirasakan jika otak tidak bekerja dengan benar, antara lain sering merasakan pusing dan tidak fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca Juga: 9 Makanan yang Bagus untuk Pertumbuhan Otak Anak

4. Wajah Terlihat Pucat dan Badan Lemas

Kebiasaan menunda-nunda waktu makan dapat berpengaruh pada wajah dan badan, yaitu terlihat pucat dan cepat merasakan lemas. Bandingkan jika Anda makan tepat waktu dan sering mengkonsumsi makanan bernutrisi, selain wajah terlihat lebih segar, badan pun akan terlihat lebih bugar.

5. Mudah Sakit

sakit
Mudah sakit

Salah satu implikasi yang disebabkan karena telat makan adalah mudahnya tubuh terserang sakit. Hal tersebut dikarenakan badan kekurangan nutrisi, sehingga daya tahan tubuh atau imun juga ikut menurun. Salah satu penyakit yang sangat mudah menyerang diantaranya adalah flu, maag, dan parahnya mudah terkena tipes.

6. Mudah Lupa

Gangguan kinerja otak lainnya jika sering telat makan, yaitu bisa berkurangnya kinerja kognitif dan memori yang menyebabkan daya pikir seseorang menjadi menurun bahkan mudah lupa. Ini tentunya akan sangat berisiko buruk bagi Anda yang membutuhkan kinerja otak ekstra seperti pekerja kantoran, maupun pelajar. Mungkin saja hasil kerja menjadi tidak sesuai dengan harapan dan nilai mata pelajaran di sekolah menjadi jelek.

7. Rambut Mudah Rontok

rambut rontok
Rambut mudah rontok

Rambut yang bagus dan tebal juga tergantung dari asupan nutrisi yang dikonsumsi. Bila nutrisi tersebut cukup maka rambut indah pasti bisa didapatkan. Tapi bila nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik karena seringnya mengulur waktu makan, rambut menjadi mudah rontok bahkan rusak. Nutrisi yang terserap kedalam tubuh menjadi kurang maksimal, sehingga membuat akar rambut tidak subur dan lebih mudah patah.

8. Sering Merasa Lapar

Salah satu tanda-tanda kekurangan makanan tentu saja membuat Anda lebih sering merasa lapar. Hal tersebut dikarenakan jumlah hormon ghrelin dan leptin menjadi kacau dan menyebabkan rasa lapar sering kali muncul. Beda halnya bila makan tepat pada waktunya, hormon tersebut tetap terjaga dengan kondisi yang baik sehingga bisa menahan rasa lapar dalam waktu yang wajar.

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat

9. Perut Jadi Buncit

perut buncit
Perut jadi buncit

Meskipun terbilang aneh, namun demikian lah faktanya. Meskipun kekurangan asupan nutrisi, yang terjadi justru perut menjadi buncit. Hal tersebut dikarenakan diet yang Anda jalankan adalah diet rendah kalori sehingga menyebabkan kadar hormon kortisol meningkat secara signifikan. Hormon tersebut lah yang bertanggung jawab terhadap kenaikan berat badan utamanya di sekitar area perut.

10. Badan Merasa Sering Kedinginan

Jangan salah, seringnya telat makan juga membuat tubuh sering merasa kedinginan. Hal tersebut dikarenakan tubuh kekurangan makanan dan kekurangan makanan tersebut membuat badan Anda kekurangan bahan bakar untuk membuat suhu tubuh menjadi normal.

11. Siklus Menstruasi Terganggu

pms
Siklus menstruasi terganggu

Khusus perempuan, salah satu penyebab siklus menstruasi terganggu bisa saja disebabkan seringnya telat makan sehingga berujung pada tidak adanya ovulasi. Selain mengganggu siklus menstruasi, Anda pun akan mengalami gangguan saat dalam program hamil.

12. Gangguan pada Emosi

Seringnya telat makan juga bisa berdampak buruk pada fluktuasi emosi atau yang biasa disebut dengan istilah mood swing. Untuk memperbaiki mood Anda yang kacau, cobalah untuk tetap mengkonsumsi apapun selama makanan tersebut sehat.

Jaga Kesehatan dengan Baik

Untuk beraktivitas atau bekerja seharian penuh, tentunya butuh tubuh yang fit dan sehat. Sementara tubuh yang sehat itu bisa didapatkan dengan makan yang teratur dan nutrisi tubuh yang seimbang. Jika ingin menghasilkan kinerja yang maksimal, maka janganlah menggeser waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali dengan alasan apapun. Sayangi dan jagalah tubuh sehat Anda sejak dini, jangan sampai sakit yang membuat uang habis hanya untuk berobat.

Baca Juga: Mau Kesehatan Tetap Terjaga? Inilah 7 Tes Kesehatan yang Harus Anda Lakukan