Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir

Raffi Faridz Ahmad alias Raffi Ahmad sudah sejak lama berkiprah di dunia hiburan. Berprofesi sebagai penyanyi, aktor, komedian, pengusaha, bintang Iklan, produser dan presenter, suami dari Nagita Slavina ini sukses dalam skala besar di usia muda.

Tak hanya bergelimang harta, gaya hidupnya pun terbilang mewah dan extravaganza. Maklum saja, pria kelahiran Bandung, 17 Februari 1987 ini sudah menjadi entertainer sejak ia berusia 15 tahun, yakni dari tahun 2001.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pernah Dibayar Hanya Rp 50 Ribu

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Raffiahmad Nagitaslavina1717 (@raffinagita1717) pada

Nama Raffi kerap disebut sebagai salah satu selebriti terkaya di Indonesia. Sejumlah aset yang berderet sudah berhasil dikantonginya. Antara lain seperti hunian mewah, kendaraan dengan harga selangit dan juga apartemen mentereng.

Namun seperti kisah para superhero dalam film, si lakon tak begitu saja keluar sebagai pemenang tanpa usaha. Dulunya, Raffi pernah dibayar hanya dengan fee Rp 500 ribu. Kini berganti cerita, ia bisa langsung meraup Rp 50 juta dengan sangat mudah. 

Tak hanya memiliki kekayaan yang fantastis, Raffi juga dikenal sangat produktif dengan berbagai usaha dan bisnisnya. Bagaimana sepak terjang Raffi dalam menjajal peruntungannya di industri hiburan? Begini ceritanya.

Berawal dari Modelling Hingga Piawai Berakting

Nama Raffi Ahmad yang multitalenta ini mulai dikenali publik setelah ia sukses ikut berpartisipasi dalam sinetron Tunjuk Satu Bintang (2002). Sinetron ini menjadi batu loncatan bagi Raffi untuk terus tampil dalam sejumlah FTV serta judul sinetron berikutnya.

Serangkaian judul sinetron sudah pernah ia bintangi di awal kemunculannya. Sebut saja seperti Senandung Masa Puber, (2003), Olivia (2006) hingga Tarzan Cilik (2009). Ayah dari satu anak ini juga menjajal dunia FTV berakting di 7 Hari 7 Kekasih (2011) hingga 14 Hari Anak Band Atau Guru (2011). 

Membintangi sinetron Olivia di tahun 2006 membuat nama Raffi semakin melambung. Karena setelahnya, Raffi semakin dipercaya untuk terlibat dalam sinetron episode panjang dan memegang peran utama.

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Rahasia Nia Ramadhani Bisa Hidup Bergelimang Harta

Sukses Menjajal Layar Lebar

model dan piawai berakting
model dan piawai berakting via uzone.co.id

Film bertajuk Me vs High Heels (2005) menjadi penampilan perdana Raffi di dunia layar lebar. Barulah di tahun 2007, Raffi yang merupakan sulung dari 3 bersaudara ini berhasil mendapatkan peran utama dalam film Love Is Cinta.

Kepiawaiannya dalam seni peran kemudian mendapat penghargaan Aktor Terfavorit dari Indonesia Kids' Choice Award di tahun 2009. Raffi juga ikut berperan dalam film Ada Hantu di Sekolah (2004), Panggil Namaku Tiga Kali (2005), hingga Cinta Pertama.

Ia juga membintangi Bukan Bintang Biasa (2007), 40 Hari Bangkitnya Pocong (2008), Liar (2008), Asoy Geboy (2008), Rumah Tanpa Jendela (2011), Virgin 3 (2011), Get Married 3 (2011), serta Pocong Kesetanan (2011).

Raffi makin berjaya dengan film-film lainnya seperti Olga & Billy Lost in Singapore (2014), Mencari Dory (2016), Rafathar (2017), The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018) serta Mimpiku Jadi Nyata (TBA).

Merambah Tarik Suara dengan BBB

BBB bukan bintang biasa
BBB via fimela.com

Di bawah arahan tangan dingin Melly Goeslaw, Raffi tergabung dalam grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB). Grup vokal ini dibentuk di tahun 2006 dengan beranggotakan Raffi, Dimas Beck, Chelsea Olivia, Laudya Cynthia Bella serta Ayushita.

Raffi bersama BBB sudah menelurkan banyak tembang yang menarik perhatian masyarakat. Salah satunya seperti Let's Dance Together (2006), Bukan Bintang Biasa (2007), Jangan Bilang Tidak (2007) serta Johan (Jodoh di Tangan Tuhan) pada tahun 2009.

Menariknya lagi, grup vokal ini pun melahirkan film Bukan Bintang Biasa The Movie yang tayang di tahun 2007. Raffi beserta keempat rekannya didapuk untuk menjadi pemeran utama dari film tersebut.

Sukses besar, film ini berhasil meraih penghargaan Best Soundtrack dari Bali International Film Festival 2007.

Baca Juga: Dulu SPG, Kini Jadi Artis dan Punya Kerajaan Bisnis. Ini Perjalanan Karir Sukses Aura Kasih

Mencapai Banyak Prestasi dan Penghargaan

Sudah tak terhitung berapa penghargaan yang diraih Raffi. Demikian juga dengan prestasi yang berhasil dicetaknya. Mulai dari memenangkan Aktor Ngetop dari SCTV Awards di tahun 2006, Best Movie 'Bikin Film Bareng Artis' (Barbie) dari Awarding Night LA Lights Indie Movie, dan beberapa nominasi bergengsi.

Tak hanya itu, Raffi juga menyabet predikat Selebriti Muda Terkaya 2012 dari Tabloid Bintang serta memboyong penghargaan Presenter Musik & Variety Show Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards.

Bersama BBB, ia menyandang predikat Best Soundtrack (Ost. Bukan Bintang Biasa) dari Bali International Film Festival. Selain itu, BBB bersama Melly Goeslaw menyabet Karya Produksi Dance/Electronic Terbaik (Let's Dance Together) dari AMI Awards di tahun 2008.

Raffi juga memenangkan Artis Inspirasi Intens 2012 dari Intens, Presenter Musik & Variety Show Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards di tahun 2013, Presenter Talkshow Hiburan Terfavorit, Artis TerSilet dari Silet, serta Celebrity of the Decade dari Insert 10th Anniversary.

Di tahun 2014, ayah dari Rafathar Malik Ahmad ini tercatat pernah memboyong penghargaan Pasangan Terdahsyat (bersama Nagita Slavina) dari Dahsyatnya Awards, Moment Terdahsyat, Presenter Program Hiburan Terfavorit, Presenter Paling Seru dari Global Seru Awards serta The Iconic Celebrity 2014.

Menapaki Profesi Presenter

jadi presenter
via kapanlagi.com

Sejak tahun 2008, Raffi sudah mencoba peruntungannya untuk menjadi presenter alias Master of Ceremony. Ternyata kehadirannya membawa angin segar dan mampu menghibur masyarakat di layar kaca.

Bersama Luna Maya dan almarhum Olga Syahputra, Raffi membawakan acara musik Dahsyat, OMG di tahun 2010, hingga tentunya program televisi bertajuk Pesbukers (2011).

Sudah tak terhitung jumlah program acara yang dibawakan Raffi dalam berbagai stasiun televisi. Akademi Fantasi Indosiar 2006, Pesta Air (RCTI), Hip Hip Hura (SCTV), Rafi Wkwkwk (Global TV), OMG (ANTV), serta 3 Dekade (Trans TV) dibawakan oleh Raffi.

Raffi juga pernah  dipercaya membawakan acara Korslet dan Sentil di Trans TV, OKB dan Opera Van Java di Trans 7, Comedy Project dan Yuk Kita Sahur (Trans TV), RANS Family (NET.), serta Primadona dan Rumah Mama Amy (MNCTV).

Banjir job sebagai MC, Raffi jugalah yang membawakan Lucky Show (RCTI), Take Me Out Indonesia (ANTV), Republik Sosmed (Trans TV), Indonesia Pintar (SCTV), It's Showtime Indonesia (MNCTV) dan masih banyak lagi.

Aktif dan Produktif Berbisnis

Membangun gurita bisnis, Raffi telah dengan suksesnya mengelola usaha di bidang furniture, kuliner, serta clothing line. Selain itu, Raffi yang merupakan putra dari Munawar Ahmad dan Amy Qanita ini juga senantiasa eksis di layar kaca dengan program televisi yang ratingnya tinggi.

Dan seperti diketahui, ia juga eksis mensukseskan channel YouTube yang bernama Rans Entertainment. Sebagai vlogger, Raffi Ahmad meraih sukses yang besar. Produktivitasnya pun tak berhenti sampai di situ karena Raffi juga mengelola rumah produksi filmnya, RA Pictures.

Production House miliknya sudah merilis beragam film seperti After Met You, Arwah Tumbal Nyai hingga Rumah Tetangga. Demikian juga dengan channel YouTube Rans Entertainment.

Channel yang mempunyai 11.2 M subscribers ini mempunyai sejumlah program andalannya. Rans Music, Rans Cooking, Rans The World serta Daily Rafathar dapat ditonton oleh pemirsa luas.

Mau Jadi Sekaya Raya Raffi?

Raffi mempunyai beberapa kendaraan fantastis dengan harga selangit. Lamborghini Aventador yang harganya berada di kisaran Rp 13 miliar hingga koleksi moge (motor gede) Ducati Panigale 1199 senilai Rp 700 jutaan juga berhasil dimilikinya.

Segala pekerjaan ia geluti. Tak hanya bermain film, menjadi bintang iklan serta mengisi berbagai acara off air, beragam bisnis pun dengan berani dijalaninya. 

Dengan produktivitas yang sedemikian tingginya, tak heran jika pendapatan Raffi sangat besar. Kabarnya, kakak kandung dari Syahnaz Sadiqah dan Nisya Ahmad ini menyimpan total kekayaan yang mencapai Rp 32 miliar, dan ini belum mencakup pendapatan dari gurita bisnisnya.

Seperti manusia lainnya, tak ada gading yang tak retak. Demikian juga dengan Raffi yang dulu sempat tersandung oleh kasus narkoba di tahun 2013. Meski begitu, ia tak membiarkan kerikil kecil membuatnya tersungkur terlalu lama. 

Tak hanya berhasil bangkit dari rintangan itu, Raffi bahkan bertransformasi menjadi sosok yang lebih sukses lagi dari sebelum-sebelumnya. 

Kalau Kamu mau jadi sesukses Raffi, Kamu juga bisa ikuti caranya yang pantang menyerah dan terus melanjutkan hidup setelah dirundung masalah.

Raffi juga tak ragu mengelola uang yang ia hasilkan agar beranak-pinak dan jadi berlipat ganda. Caranya yakni dengan mencoba mengembangkan sayap dan talentanya dalam berbagai berbisnis yang ia tekuni. 

Hasil yang besar biasanya memerlukan perjuangan yang juga besar. Yakinkan diri untuk melangkah dengan perhitungan matang jika Kamu hendak memulai bisnis. Siapa tahu bisnis yang Kamu rintis saat ini bisa berkembang pesat dan besar di kemudian hari.

Baca Juga: Joko Anwar, Sutradara Bertangan Dingin yang Dulu Pernah Jadi Wartawan