CMS BRI, Layanan yang Menjadikan Keuangan Bisnis Anda Tidak Memiliki Celah

Menjalankan sebuah bisnis dengan alur transaksi yang lancar dan memiliki banyak pelanggan adalah impian setiap wirausahawan. Pasalnya, kedua hal tersebut merupakan acuan para pengusaha mengenai sebuah bisnis yang sukses dan dapat memberikan untuk yang berlimpah ruah.

Namun, untuk bisa memiliki bisnis yang senantiasa membuahkan keuntungan maksimal, diperlukan sikap pantang menyerah dan proaktif dalam menjalankan usaha. Barulah saat bisnis sudah berkembang dan menunjukkan grafik yang positif, pemilik usaha dapat menikmati hasil kerja kerasnya selama ini. Tugas pengusaha saat telah sukses hanyalah menjaga bisnis agar bisa tetap beroperasi.

Salah satu yang menjadi tantangan pebisnis dalam mempertahankan usaha adalah mengelola keuangan bisnis dengan tepat. Saat bisnis sudah berkembang dan memiliki jumlah transaksi serta karyawan yang banyak, pemilik usaha tentu perlu mencanangkan sistem keuangan yang terorganisir. Kesalahan kecil dalam mengatur kondisi keuangan mampu membuat kinerja bisnis menjadi berantakan.

Untuk itu, agar keuangan bisnis selalu teratur dan terorganisir dengan baik, tak sedikit bank yang menawarkan layanan manajemen keuangan. Salah satu yang paling terpadu adalah layanan Cash Management System atau CMS BRI. Pastinya, dengan menggunakan layanan tersebut, keuangan bisnis Anda akan menjadi semakin teratur dan mampu meminimalisir terjadinya kebocoran cash flow. 

Apa Itu Layanan CMS BRI?

loader

 

Sumber: nontunai.com

Pengelolaan keuangan merupakan salah satu aspek paling krusial dalam menjalankan bisnis agar bisa menggapai kesuksesan. Tanpa memiliki pengelolaan finansial yang transparan dan terorganisir, kemungkinan bisnis menjadi terbengkalai dan susah berkembang akan menjadi lebih besar. 

Untuk mengatasi hal tersebut, tak sedikit bank di Indonesia yang menawarkan layanan pengelolaan keuangan bagi para pegiat wirausaha. Yang paling banyak digunakan oleh pebisnis untuk mengontrol tata kelola keuangan adalah layanan Cash Management System atau CMS BRI

Layanan tersebut pertama diluncurkan pada tahun 2009 dan memiliki fokus untuk memberikan sistem pengelolaan keuangan dan transaksi yang lebih simpel dan efisien. Dapat digunakan melalui jaringan internet, CMS merupakan sistem manajemen keuangan yang terorganisir serta aman untuk digunakan oleh perusahaan atau pemilik bidang usaha.

Banyak pemilik usaha yang memanfaatkan layanan ini guna meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang merugikan bisnis. Sebagai contoh yang paling sering terjadi adalah potensi terjadinya kebocoran finansial. Layanan CMS juga mampu memperkecil risiko telat melunasi kewajiban pajak bisnis dan membayarkan gaji karyawan dengan tidak akurat dan tidak tepat waktu. 

Bagi pengelola sebuah bisnis, layanan CMS dari Bank BRI ini tentu dapat memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Selain mencegah kemungkinan kebocoran keuangan dan telat melunasi tagihan, layanan ini juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan transaksi secara otomatis serta real time. 

Akses e-banking, asuransi gratis, sistem keuangan yang aman dan terjamin, serta beragam fitur andalan lainnya juga bisa didapatkan oleh pengguna layanan CMS. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat dengan lebih mudah menjalankan bisnis dan mengoptimalkan arus kas usaha dengan lebih maksimal.

Baca Juga: BRI Internet Banking, Cara Daftar, Aktivasi dan Penggunaannya

Cara Menjadi Pengguna Layanan CMS BRI

Untuk bisa menjadi pengguna layanan Cash Management System BRI tidaklah rumit. Bahkan, Bank BRI tidak membebankan biaya sepeserpun untuk pemilik usaha yang ingin menggunakan layanan keuangan yang ditawarkan tersebut. 

Sama halnya dengan proses registrasi layanan pada umumnya, pemilik bisnis dapat melakukan cara berikut:

1. Unduh Formulir

Anda harus mengunduh formulir pendaftaran CMS terlebih dahulu. Formulir pendaftaran tersebut dapat diakses dengan bebas di situs resmi Ibank Bank BRI. 

2. Lengkapi Berkas yang Ada

Setelah mendapatkan seluruh formulir pendaftaran yang dibutuhkan, Anda hanya tinggal melengkapi berkas tersebut dengan informasi yang diminta dengan sebenar-benarnya. 

3. Kunjungi Kantor BRI Terdekat

Kemudian, saat formulir terisi dengan lengkap, pendaftar layanan CMS bisa langsung mengunjungi kantor BRI terdekat untuk menyerahkan berkas ke staff yang bertugas. 

Pegawai Bank BRI tersebut kemudian akan melangsungkan proses registrasi selanjutnya dan memberikan pendaftar ID perusahaan, ID pengguna, dan juga password. Ketiga informasi tersebutlah yang akan menjadi kode akses pemilik bisnis untuk masuk ke layanan CMS Bank BRI. 

Agar akun CMS memiliki sistem keamanan yang lebih terjamin, Bank BRI melengkapi layanan tersebut dengan fitur User Access Matrix dan Approval Verification Matrix. Kedua fitur keamanan tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi dari fitur UAM adalah untuk mengatur banyaknya user atau individu yang dapat mengakses akun CMS. 

Sedangkan untuk fitur AVM, pemilik akun bisnis CMS dapat mengaktifkan proses persetujuan terlebih dahulu pada saat akan membuat transaksi. Fitur ini mengharuskan pemilik akun untuk menunjuk tiga user lain yang bertugas sebagai pembuat transaksi, penanggung jawab verifikasi transaksi, serta approval atau pelaku yang menyetujui setiap transaksi yang dibuat. 

Tak hanya memiliki fitur keamanan berupa UAM dan AVM, CMS BRI juga mencanangkan fitur keamanan tambahan. Fitur tersebut diberi nama SMS Security System yang bertugas sebagai lapis keamanan lanjutan bagi pemilik akun layanan Bank BRI tersebut. 

Fitur pengamanan dengan menggunakan SMS ini dilengkapi dengan User ID, kata sandi, secure token, serta pengamanan definitif dengan menggunakan fitur UAM dan AVM. Dengan begitu, risiko akun CMS akan diretas atau disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab akan menjadi lebih kecil terjadi. 

Baca Juga: Ke Bank BRI di Sabtu-Minggu? Inilah Daftar Weekend Banking BRI

Beragam Fitur Canggih yang Ditawarkan di Layanan CMS BRI

loader

Fitur keamanan yang diberikan oleh Bank BRI di layanan CMS memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, nilai lebih yang dimiliki oleh layanan keuangan ini tidaklah hanya pada sistem keamanan. Ada beragam fitur canggih lain yang dimiliki oleh layanan CMS dari Bank BRI ini, seperti:

1. Internal Fund Transfer

Salah satu yang paling berguna adalah fitur internal fund transfer. Fitur ini memberikan kebebasan bagi pengguna layanan CMS untuk melakukan transfer ke rekening BRI ataupun BRIVA lainnya secara massal. 

Dengan begitu, penggunanya tidak perlu lagi membuang waktu cukup lama hanya untuk melakukan transfer dana ke banyak rekening satu per satu. 

2. External Fund Transfer

Fitur kedua yang dimiliki adalah external fund transfer. Selaras dengan fitur yang pertama, pengguna layanan CMS mampu melakukan transfer dana secara massal ke rekening bank selain Bank BRI. Pengguna dapat melakukan transfer dengan menggunakan Kliring serta RTGS. 

Fitur ini juga memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang asing yang dikonversikan dengan counter rate atau negotiated rate. Dilakukan dengan menggunakan jaringan SWIFT atau Remittance, layanan CMS menjamin transaksi ke luar negeri dengan aman dan tidak merugikan. 

Jika pengguna layanan CMS memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak untuk digaji, proses pembayaran gaji dapat dilakukan secara serentak. Jadi, waktu yang dimiliki oleh pemilik bisnis tidak akan terbuang percuma untuk melunasi tagihan tersebut. 

3. Account Polling

Perusahaan berskala besar biasanya memiliki jumlah rekening yang cukup banyak untuk divisi yang berbeda. Nah, agar proses pengawasannya menjadi lebih mudah, layanan CMS memiliki fitur Account Polling yang dapat memindahkan dana dengan otomatis dan terjadwal. 

4. BRI Virtual Account

Selain itu, layanan CMS juga memiliki fitur manajemen BRIVA atau BRI Virtual Account. Dengan fitur ini, proses transaksi yang terjadi dalam bisnis akan berjalan dengan lebih lancar dan terverifikasi secara otomatis. 

5. Proses Pembayaran yang Mudah

Selain itu tersedia proses pembayaran pembelian dan tagihan yang dapat dilakukan dengan mudah dan simpel. Dalam menjalankan bisnis, pemilik usaha tentu memiliki jumlah tagihan yang cukup banyak, sebagai contoh adalah pembayaran pajak, listrik, air, dan lain sebagainya. 

Nah, dengan menjadi pengguna layanan CMS, pemilik bisnis dapat melunasi tagihan tersebut dan mendapatkan bukti pembayaran tanpa memprosesnya secara manual. 

6. Lebih Mudah Mengakses Laporan Keuangan

Fitur terakhir adalah adanya laporan keuangan yang dapat dengan mudah diakses dan dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis. Laporan keuangan yang jelas merupakan salah satu faktor untuk bisnis bisa meraih kesuksesan. 

Untuk itu, dengan menggunakan layanan CMS, pemilik bisnis dapat dengan mudah dan efisien mengontrol alur keuangan dalam bisnis.

Baca Juga: Bank BRI dan Nomor Call Centernya

Pengelolaan Keuangan yang Terpadu Menjamin Bisnis Meraih Kesuksesan

Banyak yang sependapat jika kondisi keuangan bisnis memiliki andil cukup besar pada potensi kesuksesannya. Jika pengelolaan finansial bisnis dijalankan dengan tepat dan transparan, kemungkinan suksesnya juga akan menjadi semakin besar. 

Salah satu cara bagi pebisnis untuk bisa mendapatkan sistem keuangan bisnis yang tidak memiliki celah sama sekali adalah dengan memanfaatkan layanan CMS dari Bank BRI. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis yang sukses, jangan anggap enteng manajemen keuangannya dan bila perlu gunakan layanan keuangan seperti CMS tersebut.