Coating: Jenis, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Coating adalah teknik pelapisan body kendaraan yang sangat populer dan banyak diminati oleh penggemar otomotif belakangan ini. Sedangkan coat adalah dapat diartikan sebagai lapisan atau sesuatu yang digunakan untuk melapisi suatu permukaan atau suatu benda. 

Coating sendiri bisa dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang akan dilapisi. Coating mobil adalah proses pelapisan body yang dilakukan pada kendaraan roda empat/mobil. Sedangkan coating motor adalah proses pelapisan body yang dilakukan pada sepeda motor. 

Tak hanya memberikan perlindungan pada permukaan body kendaraan saja, coating mobil dan juga coating motor akan membuat tampilan kendaraan jauh lebih menarik dan mengkilap. Ini tentu hal yang selalu diinginkan oleh para pecinta kendaraan, bukan? 

Baca Juga:  Mengenal Perusahaan Otomotif Malaysia RCB

Jenis – jenis Coating Adalah

loader

Coating adalah teknik pelapisan permukaan kendaraan yang dilakukan dengan menggunakan bahan pelapis khusus. Coat adalah komponen yang digunakan untuk melapisi permukaan kendaraan tersebut, sehingga cat mobil menjadi terlindungi dan tidak mudah kusam.

Baik coating mobil maupun coating motor, keduanya biasanya dilakukan menggunakan jenis coating yang sama. Pemilik kendaraan leluasa memilih jenis coating powder atau yang lainnya, tergantung selera dan kebutuhan kendaraan itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa jenis coating yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Waxing

Waxing coating mobil adalah teknik coating kendaraan yang dilakukan dengan cara melapisi permukaan cat kendaraan, di mana hal ini dilakukan dengan proses pemolesan. Waxing hanya akan melapisi permukaan kendaraan saja, namun bisa memberikan hasil polesan yang terbilang bagus. Namun di lain sisi, proses coating yang satu ini tidak akan tahan lama dan biasanya hanya bertahan beberapa bulan saja.  

2. Nano Coating

Nano coating motor adalah proses pelapisan body motor yang dilakukan untuk memberikan perlindungan pada area permukaan cat motor. Teknik ini tidak menggunakan powder coating, namun menggunakan cairan khusus yang partikelnya berukuran sangat kecil, sehingga bisa memberikan lapisan perlindungan yang maksimal pada kendaraan. 

Namun berbeda dengan coating powder, teknik coating mobil dan coating motor dengan cara yang satu ini dianggap tidak ramah lingkungan. Ukuran partikelnya yang sangat kecil (nano) memang dianggap berbahaya bagi kesehatan dan juga lingkungan.

Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi para pemilik kendaraan, apakah akan memilih teknik nano coating atau justru powder coating dan yang lainnya. 

3. Ceramic Coating

Ceramic coating mobil adalah teknik coating yang paling sering dipakai para pemilik kendaraan roda empat. Ceramic coating motor adalah teknik pelapisan motor yang dilakukan dengan memakai cairan khusus yang mengandung keramik. Ceramic coating motor dan coating mobil akan melindungi permukaan cat kendaraan dengan sangat baik. 

Jika dibandingkan dengan powder coating dan teknik coating lainnya, maka ceramic coating ini merupakan teknik terbaik yang bisa memberikan perlindungan maksimal. Selain penggunaannya yang aman, teknik coating yang satu ini juga memiliki daya tahan yang cukup panjang/ lama. 

4. Powder Coating

Powder coating adalah teknik yang berbeda dari ketiga jenis coating di atas. Powder coating adalah teknik pewarnaan yang dilakukan pada berbagai komponen khusus pada kendaraan, di mana teknik coating powder ini hanya bisa diterapkan pada berbagai komponen berbahan metal. 

Kelebihan powder coating adalah memiliki sifat water repellent yang membuat permukaan yang telah dilapisi powder coating menjadi licin. Hal ini memungkinkan berbagai kotoran yang menempel pada permukaan yang dilapisi coating powder akan mudah jatuh. Selain itu, powder coating adalah lapisan warna yang terbilang kuat dan bisa memberikan hasil yang tajam. 

Meski hanya pada permukaan tertentu saja, penggunaan powder coating adalah cukup penting dan akan membuat perlindungan coating mobil dan juga coating motor menjadi lebih maksimal. Coat adalah lapisan pelindung yang bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, salah coat adalah coating powder ini. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Manfaat Coating Adalah 

Coating adalah teknik pelapisan permukaan kendaraan yang dilakukan dengan menggunakan bahan tertentu. Coating mobil adalah salah satu cara yang dilakukan para pemilik kendaraan roda empat untuk melindungi permukaan mobil mereka dari goresan maupun kerusakan lainnya. 

Selain untuk mobil, coating motor adalah proses coating lainnya yang terbilang sangat diminati di pasaran. Coating adalah proses pelapisan permukaan kendaraan yang cukup rumit. Selain melindungi, coating motor adalah teknik yang akan membuat kendaraan roda dua menjadi lebih indah saat dipandang mata. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pemilik kendaraan dari teknik coating: 

1. Membuat Kendaraan Lebih Mengkilap 

Coat adalah lapisan yang akan digunakan untuk melapisi permukaan kendaraan. Lapisan ini akan menyerap sampai ke dalam pori-pori cat kendaraan dan bisa memberikan efek “laminating” dan membuat seluruh permukaan body kendaraan tersebut lebih mengkilap.

2. Memberikan Perlindungan Pada Cat Kendaraan 

Sebagai lapisan yang menyelimuti seluruh permukaan kendaraan, coating akan memberikan perlindungan secara menyeluruh pada permukaan kendaraan tersebut. Penerapan coating pada body kendaraan akan membuat cat mobil terlindungi dari goresan maupun lecet yang bisa saja disebabkan oleh berbagai hal, seperti: batu-batu kecil, ranting pohon dan yang lainnya.

3. Memberikan Perlindungan Terhadap Sinar Ultraviolet (UV)

Melindungi kendaraan dari paparan sinar matahari yang mengandung UV merupakan salah satu poin yang tak bisa diabaikan. Paparan UV bisa memberikan dampak buruk pada cat kendaraan, bahkan bisa membuat cat menjadi kusam dan cepat terlihat pudar. Namun jika sudah menggunakan coating pada kendaraan, hal ini tentu tidak akan menjadi masalah, sebab lapisan tersebut akan mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV. 

4. Memberikan Efek Water Repellent 

Water repellent atau efek daun talas merupakan salah satu hal yang bisa membuat air dan juga kotoran luruh/ jatuh dengan mudah dari permukaan kendaraan. Hal seperti ini bisa didapatkan dari teknik coating, di mana permukaan kendaraan tidak akan menyerap air dan berbagai kotoran yang kerap mengenai body kendaraan itu sendiri ketika melintasi jalanan.

5. Melindungi Kendaraan dari Bercak dan Jamur 

Masih berkaitan dengan poin di atas, efek daun talas juga akan membuat kendaraan selalu bebas bercak dan juga jamur. Bercak air yang menempel pada kendaraan biasanya akan bertahan lama, termasuk dengan berbagai kotoran yang terdapat pada air tersebut.

Hal inilah yang kerap menimbulkan jamur dan membuat permukaan cat kendaraan menjadi kusam dan pudar. Namun jika menggunakan coating, kedua hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi. 

Baca Juga: 15 Istilah Otomotif Penting yang Harus Diketahui Setiap Pemilik Kendaraan

Kelebihan dan Kekurangan Coating 

Sama seperti proses lainnya pada kendaraan, coating juga tentu memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Semua hal ini patut dijadikan sebagai pertimbangan, sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan coating pada kendaraan yang dimiliki.

Kelebihan Coating Kekurangan Coating
  • Melindungi kendaraan dari efek buruk sinar matahari, terutama pada kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk mendukung aktivitas harian yang cukup padat. 
  • Membuat cat mobil lebih tahan lama dan tidak mudah tergores. Hal ini akan membuat perawatan mobil menjadi lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan juga tentu akan lebih ringan. 
  • Melindungi kendaraan dari timbulnya bercak dan juga jamur yang bisa merusak tampilan cat, terutama pada kendaraan yang kerap terpapar hujan atau genangan air ketika digunakan.
  • Membuat tampilan kendaraan lebih menarik dan terlihat mengkilap sepanjang waktu, sebab coating akan memberikan efek laminating pada seluruh permukaan kendaraan.
  • Coating mobil adalah proses yang terbilang panjang dan akan membutuhkan penanganan yang lama. Teknik ini bahkan bisa saja membutuhkan proses penanganan sekitar 3-5 hari, belum termasuk antrian di bengkel. 
  • Sebagaimana penanganan/ mendandani kendaraan pada umumnya, coating juga juga akan membutuhkan biaya. Jumlah biaya ini bisa saja tidak sedikit, tergantung pilihan bengkel dan juga jenis coating yang akan digunakan. 
  • Proses coating juga berisiko terhadap human error yang bisa saja menimbulkan masalah pada kendaraan. Jika ini terjadi, maka bukan tidak mungkin proses coating harus diulang karena hasilnya tidak sesuai harapan. 

Rencanakan dan Lakukan Coating di Tempat yang Tepat 

Coating adalah teknik melapisi kendaraan dengan menggunakan cairan khusus. Selain melindungi, teknik yang satu ini juga akan membuat tampilan kendaraan menjadi lebih menarik. Jika tertarik melakukan coating, pastikan untuk merencanakan dan melakukan hal tersebut di bengkel yang tepat, agar hasilnya maksimal. 

Baca Juga:  Menyingkap Serba-Serbi Mobil Hidrogen—Kelebihan, Kekurangan, hingga Harganya