Contoh Proposal Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian

Membuat proposal merupakan salah satu cara untuk memulai bisnis dengan langkah yang tepat. Idealnya, proposal bisnis ini dibuat dengan baik dan realistis.

Proposal yang baik akan membuat kamu lebih mudah melihat berbagai hal yang perlu lakukan dan dibutuhkan di dalam bisnis tersebut. Hal ini akan mempermudah kamu membangun bisnis dengan lebih maksimal.

Pada dasarnya, proposal bisnis akan berkaitan dengan berbagai faktor sekaligus, antara lain: detail produk, analisa SWOT, jumlah modal, dan yang lainnya.

Apapun bisnis yang kamu rencanakan, pastikan mengawalinya dengan proposal yang tepat. Hal ini akan mempermudah dalam membangun bisnis tersebut dengan maksimal. Berikut ini adalah contoh proposal makanan dan minuman yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Proposal Bisnis Makanan (Ayam Goreng Krispi Rembulan)

loader

Contoh Proposal Bisnis Makanan

Pak Somad ingin memulai bisnis ayam goreng krispi dengan pilihan banyak sambal sekaligus. Dalam proposal bisnis makanan, mencakup beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut dapat dilihat dalam contoh proposal bisnis makanan berikut ini.

  1. Ringkasan Bisnis

    • Konsep

      Ayam goreng krispi Rembulan adalah makanan yang menggunakan bahan baku ayam goreng pakai tepung dengan balutan aneka macam sambal. Produk ini bisa memenuhi selera makan masyarakat yang menginginkan menu ayam goreng krispi lezat dengan harga terjangkau dan murah.

    • Manajemen

      Bisnis ini dikelola oleh Pak Somad, seorang pebisnis pemula yang ingin menyajikan aneka makanan lezat dengan harga terjangkau untuk banyak orang.

  2. Deskripsi Bisnis

    • Deskripsi Produk

      Ayam goreng krispi Rembulan mengusung konsep menu ayam goreng dengan harga murah dan dilengkapi dengan pilihan menu pendamping lainnya, seperti kentang, tempe, tahu, dan yang lainnya.
      Ayam goreng ini juga disajikan dengan aneka sambal yang lezat, mulai dari sambal matah, terasi, dan yang lain.

    • Strategi produk

      Keunggulan menu ayam goreng krispi ini terdapat pada kerenyahan dan juga pilihan sambalnya yang beragam, bahkan yang berasal dari beberapa daerah di tanah air.

    • Harga

      Produk ini dijual di harga Rp15.000 untuk per porsinya, yang terdiri dari sepotong ayam goreng, nasi, lalapan dan juga sambal sesuai pilihan pelanggan.

    • Promosi

      Kegiatan promosi dilakukan melalui beberapa cara, antara lain media sosial, brosur, dan juga spanduk.

    • Target pasar

      Bisnis ini memiliki target pasar menjangkau berbagai kalangan masyarakat dari segala usia, profesi dan juga kelas sosial.

  3. Analisa SWOT

    • Kompetitor: Terdapat cukup banyak tempat yang menjual ayam goreng krispi, sehingga ayam goreng krispi Rembulan harus fokus pada kualitas produk ayam yang krispi dan juga pilihan sambal yang beraneka macam.
    • Kelebihan: Hingga saat ini, ayam goreng yang disajikan dengan aneka macam sambal belum ada sehingga peluang sukses untuk ayam goreng krispi Rembulan sangat besar.
    • Kelemahan: Terdapat cukup banyak produk ayam goreng di pasaran.
    • Opportunity: Produk yang disajikan unik akan disukai oleh lebih banyak orang.

Baca Juga:Mengenal Proposal Bisnis, Dokumen yang Menjembatani Wirausahawan Dapatkan Pemodal

Proposal Bisnis Minuman (Es Dawet Matahari)

loader

Contoh Proposal Bisnis Minuman

Ibu Rita ingin memulai bisnis minuman es dawet dengan perpaduan boba, agar lebih disukai oleh banyak orang. Berikut berbagai unsur yang perlu ada dalam proposal bisnis minuman.

  1. Ringkasan

    • Konsep

      Ibu Rita ingin membawa konsep sajian minuman tradisional yang bisa bersaing dengan berbagai minuman modern lainnya di pasaran. Hal ini diwujudkan dalam penyajian es dawet yang dikombinasikan dengan aneka bahan lainnya, seperti mangga, boba, susu, strawberry, dan yang lainnya.

    • Manajemen

      Bisnis ini dijalankan langsung oleh Ibu Rita dengan bantuan 2 orang karyawan yang menangani operasional dan juga penjualan.

  2. Deskripsi Bisnis

    • Deskripsi produk

      Es dawet Matahari menggunakan dawet sebagai bahan utama dalam produk ini. Namun minuman ini juga dipadukan dengan berbagai bahan lainnya yang akan membuatnya berbeda dari minuman sejenis, antara lain: boba, susu, aneka buah-buahan, dan yang lainnya.

    • Strategi produk

      Perpaduan bahan-bahan yang unik di dalam es ini akan memberikan sensasi rasa yang baru dan benar-benar berbeda dari sebelumnya.

    • Harga

      Es ini akan dipasarkan dengan harga Rp10.000 per gelasnya dan menggunakan konsep drink-to-go, sehingga orang-orang dapat menikmatinya di mana saja.

    • Promosi

      Kegiatan promosi akan dijalankan dengan beberapa cara, antara lain website bisnis, iklan koran dan majalah kuliner, media sosial, dan juga brosur.

    • Target pasar

      Anak muda dan kaum milenial yang senang dengan berbagai jenis minuman berkonsep drink-to-go.

  3. Analisa SWOT

    • Kompetitor: Tren minuman dengan konsep drink-to-go sedang populer sehingga akan ada banyak produk sejenis di pasaran.
    • Kelebihan: Sampai sekarang, belum ada pebisnis yang menjual dawet dengan pilihan berbagai variasi bahan berbeda seperti ini.
    • Kelemahan: Dawet masih kalah populer, jika dibandingkan dengan minuman drink-to-go yang lain.
    • Opportunity: Variasi minuman baru dan begitu unik, sehingga berpeluang untuk disukai banyak orang.

Baca Juga:Perjanjian Investasi: Manfaat dan Contoh Surat Perjanjian Bisnis

Mulai Bisnismu dengan Proposal yang Tepat

Bagi yang berniat memulai bisnis yang baru, pastikan kamu merencanakannya dengan matang terlebih dahulu. Buatlah proposal bisnis yang tepat, sehingga bisa lebih mudah untuk menjalankannya. Susun proposal bisnis dengan baik sejak awal, agar dapat segera bisa membangun bisnis impian.

Baca Juga: Inilah yang Dimaksud dengan Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) dan Contohnya