Covid-19 Masih Mewabah, Lakukan Cara Ini Biar Hemat Biaya Kesehatan

Ada banyak biaya yang harus dipenuhi dalam keuangan, salah satunya biaya kesehatan. Apalagi wabah virus corona belum berakhir, sehingga mengalokasikan biaya kesehatan menjadi sangat penting.

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan baik, merencanakan biaya kesehatan sejak jauh-jauh hari juga merupakan keputusan yang cerdas. Meskipun saat ini kesehatan Anda dan keluarga berada dalam kondisi prima.

Salah satu cara menghemat biaya kesehatan adalah dengan memiliki asuransi. Pahami bahwa asuransi kesehatan dapat membantu meringankan beban finansial ketika Anda sakit atau membutuhkan cek kesehatan rutin. 

Tentunya tak perlu bingung kapan sebaiknya membeli asuransi kesehatan. Semakin cepat Anda mengupayakan pembelian asuransi, maka semakin hemat juga biaya yang harus Anda keluarkan. Sebab musibah sakit datangnya selalu tak terduga. 

Bagi Anda yang kini berencana membeli produk asuransi kesehatan, simak cara memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat menghemat biaya kesehatan.

Baca Juga: Obat Flu Alami yang Ampuh

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Kumpulkan Informasi Secara Akurat

Asuransi Kesehatan
Kumpulkan informasi secara akurat tentang produk asuransi kesehatan

Bagi Anda yang berniat mengajukan produk asuransi kesehatan swasta, maka pastikan tidak terburu-buru dalam menentukan pilihan. Ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan ini, jadi jangan terburu-buru.

Pastikan Anda mendapatkan informasi yang akurat mengenai produk asuransi kesehatan yang diburuhkan. Beberapa hal yang harus dicermati, antara lain besaran premi, syarat dan prosedur klaim, cakupan biaya yang ditanggung, dan sebagainya.

Selain itu, coba bandingkan satu produk asuransi kesehatan dengan produk lainnya. Dengan begitu, Anda dapat menemukan produk yang paling tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.

2. Perhatikan Sistem Pertanggungan yang Diterapkan

Asuransi Kesehatan
Perhatikan sistem pertanggungan yang ditawarkan

Jangan lupa untuk menanyakan layanan apa saja yang ditanggung perusahaan asuransi kesehatan. Serta bagaimana mekanismenya. Beberapa perusahaan ada yang menanggung semua rawat jalan, rawat inap, dan layanan kesehatan lainnya.

Namun ada pula yang tidak penuh. Misalnya untuk biaya melahirkan dengan cara caesar, perusahaan asuransi hanya menanggung Rp 5 juta, sisanya dibayar nasabah. Tanyakan dengan detail sistem pertanggungannya seperti apa, agar Anda tidak menyesal nantinya.

3. Jangan Segan Minta Diskon

diskon
Jangan segan minta diskon agar biaya kesehatan lebih murah

Saat membutuhkan perawatan kesehatan di klinik atau rumah sakit, tidak ada salahnya minta diskon atas layanan yang Anda gunakan. Hal ini akan menghemat biaya kesehatan, apalagi jika Anda terbilang rutin melakukan perawatan di tempat yang sama.

4. Diskon Premi untuk Pembayaran Selama 1 Tahun

Biaya Kesehatan
Diskon premi untuk pembayaran 1 tahun

Meski premi asuransi pada umumnya dibayarkan setiap bulan, tapi kalau punya uang, kenapa tidak membayarkannya sekaligus untuk setahun penuh. Namun sebelumnya, tanyakan pada pihak asuransi, apakah Anda bisa mendapat diskon jika membayar dengan mekanisme tersebut.

Jika ada, manfaatkan promo tersebut. Lumayan kan hemat biaya premi. Selain itu, Anda juga bisa tenang tidak memikirkan pos pengeluaran tersebut sementara waktu.

Baca Juga: Malaise, Gejala Ringan yang Jadi Tanda Terjangkit Covid-19

5. Cermati Biaya Obat sebelum Menebusnya

Biaya Kesehatan
Cermati biaya obat sebelum menebusnya

Biaya pembelian obat menjadi salah satu yang paling besar dan harus ditangani dengan baik, bahkan meski Anda menggunakan asuransi kesehatan.

Pastikan Anda menanyakan berbagai informasi tentang biaya pembelian obat ini kepada pihak perusahaan asuransi, sehingga tidak mengalami kendala atau masalah di kemudian hari.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya obat ini, antara lain:

  • Memilih obat generik. Obat generik bisa Anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah, dibanding obat non-generik. Tapi manfaatnya sama saja.
  • Cermati kemungkinan pembiayan untuk Effective Over-The-Counter (OTC), di mana Anda bisa membeli obat tanpa menggunakan resep dokter. Cara ini akan menghemat biaya obat yang harus dikeluarkan.
  • Selalu cek resep dengan teliti dan pastikan semua obat sudah terbeli.  Hal ini juga berlaku untuk berbagai layanan medis yang Anda gunakan dan akan diklaim ke perusahaan asuransi. 

6. Pelajari dan Pahami Isi Polis

Asuransi Kesehatan
Pelajari dan pahami isi polis asuransi

Penting untuk selalu mencermati polis asuransi Anda secara detail. Palajarilah setiap poin di sana dan pahami dengan baik, sehingga Anda mengerti apa saja biaya yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

7. Bangun Hubungan Baik dengan Pihak Rumah Sakit

Asuransi Kesehatan
Bangun hubungan baik dengan pihak RS

Jangan lupa untuk membangun hubungan baik dengan pihak rumah sakit, di mana Anda selalu mendapatkan perawatan. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman untuk mengakses layanan kesehatan di sana.

Selain itu, hubungan baik seperti ini juga akan memudahkan Anda menyelesaikan masalah atau hal lainnya yang berkaitan dengan layanan kesehatan dan asuransi yang Anda gunakan, jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan mereka.

Pilih Asuransi Terbaik dan Manfaatkan secara Maksimal

Biaya kesehatan yang tinggi menjadi alasan banyak orang untuk selalu cermat dan bijak dalam mengelola pengeluaran yang satu ini.

Jika Anda ingin menggunakan layanan asuransi kesehatan, pastikan pilih produk asuransi yang tepat dan menguntungkan. Manfaatkan asuransi kesehatan secara maksimal, agar Anda bisa menghemat biaya kesehatan di dalam keuangan Anda.

Baca Juga: Makanan Peningkat vs Penurun Daya Tahan Tubuh