Obat Flu Alami yang Ampuh

Menjaga kesehatan badan, merupakan hal yang penting. Terutama di tengah maraknya penyebaran virus Covid-19 seperti saat ini. Melihat orang sehat, saat ini menjadi sebuah harta yang paling mahal.

Dalam dunia medis, flu dan Covid-19 memiliki banyak perbedaan. Flu atau influenza, terjadi karena virus dengan golongan rhinovirus. Sedangkan Covid-19 menjangkit manusia melalui virus coronavirus.

Rhinovirus menular dari satu manusia ke manusia lainnya melalui udara karena penderita terkena percikan air liur atau ingus si penderita lainnya. Virus ini, lantas akan menyerang saluran pernapasan manusia.

Hal yang sama juga menjadi alasan bagaimana seseorang terkena Covid-19. Mereka terkena air ludah atau droplet dari penderita lainnya. Bedanya, masa inkubasi coronavirus lebih lama. Sedangkan rhinovirus bisa langsung timbul setelah 1-3 hari masuk ke tubuh.

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda juga harus mengetahui cara menanganinya. Jika dirasa flu yang diderita sudah lebih dari 14 hari, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapati penanganan lebih lanjut.

Tapi jika baru diderita, Anda bisa mencoba untuk mengobatinya secara alami. Berikut ini, merupakan bahan-bahan alami yang bisa diolah sebagai obat untuk menghadapi flu atau setidaknya membuat Anda lebih nyaman untuk sesaat. 

Baca Juga: Kebenaran Tentang Manfaat Bawang Putih Sebagai Penyembuh Virus Corona

7 Obat Flu Alami yang Mudah Ditemukan

Obat Flu Alami

Obat Flu Alami

  1. Air Putih Hangat

    Ini merupakan bahan alami pertama dan yang paling mudah dijangkau. Setiap orang bisa melakukannya secara tradisional alias memasak air menggunakan panci. 

    Anda juga bisa membuat air panas dari dispenser yang dilengkapi dengan pemanas. Cukup dengan mencolokkan kabel yang ada di dispenser ke stop kontak terdekat. Anda pun sudah mendapatkan obat paling mujarab untuk mengatasi flu. 

    Biasanya, air putih hangat ini bisa dikonsumsi setiap saat dan flu akan segera membaik. Tidak hanya itu, air putih hangat juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya untuk menambah rasa dan mempercepat efek penyembuhan, seperti menyeduhnya dengan teh hijau atau green tea.

    Teh hijau memiliki satu zat yang tidak dimiliki oleh jenis-jenis teh lainnya yaitu zat antioksidan. Teh yang satu ini, memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membantu proses pemulihan jadi lebih cepat.

    Caranya mudah saja, Anda cukup membeli teh hijau di supermarket terdekat bisa yang berbentuk kantong, kering, atau bubuk. Lalu, seduh dengan air hangat dan selalu usahakan untuk mengonsumsinya tanpa gula. 

    Mengapa? karena teh hijau yang baik, memang tidak seharusnya manis.

  2. Madu (Honey)

    Berbeda dengan teh hijau yang memiliki zat antioksidan dan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Madu bersifat antibakteri dan antimikroba. Banyak penelitian yang juga membuktikan madu, bisa meredakan batuk yang muncul akibat flu.

    Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menikmati madu ini. Bisa dengan diminum begitu saja tanpa tambahan, diseduh dengan air panas, atau ditambahkan ke minuman lainnya.

  3. Jahe (Ginger)

    Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki berbagai macam khasiat. Beberapa diantaranya adalah menghangatkan tubuh, melegakan pernapasan dan tenggorokan, menghilangkan rasa mual, melemaskan otot, serta mencegah masuknya berbagai penyakit.

    Berbeda dari teh hijau, jahe jauh lebih mudah lagi untuk dijangkau. Anda bisa menanamnya sendiri di belakang rumah atau membelinya di pasar/supermarket. 

    Jahe juga bisa diolah dengan berbagai macam cara. Mulai dari, dimasukkan ke makanan (seperti sup) hingga minuman (seperti wedang atau susu. Tapi, jangan mengonsumsinya secara langsung ya!

    Jika ingin yang lebih simple, Anda bisa menumbuk jahe hingga pipih lalu menyeduhnya dengan air panas. Tambahkan madu jika ingin menambah rasa. Kalau masih terlalu ribet, Anda bisa membuat minuman jahe dari serbuk. Dijamin flu yang diderita akan semakin membaik.

  4. Bawang Putih (Garlic)

    Siapa yang pernah menyangka, jika bawang putih kaya akan manfaat. Dalam 3 gram bawang putih saja, Anda bisa mendapatkan Vitamin B6, Vitamin C, Selenium, dan Serat 0,06 gram.

    Jadi bukan lah hal yang mustahil jika banyak yang bilang pengonsumsian bawang putih secara teratur bisa meningkatkan kemungkinan untuk hidup lebih lama. Tidak hanya itu, bawang putih juga berkhasiat untuk mengatasi flu.

    Caranya mudah saja, Anda bisa mencampurkan bawang putih ke setiap masakan yang dibuat. Contohnya adalah sup ayam. Sup ayam tidak hanya menghangatkan namun mengandung berbagai bumbu yang bisa mengatasi flu Anda. 

  5. Daun Mint (Mint Leaves)

    Obat flu alami selanjutnya adalah daun mint. Daun mint, memiliki fungsi yang hampir sama dengan obat dekongestan yakni mengencerkan lendir yang ada di hidung. Sehingga, orang yang mengonsumsinya bisa bernapas lega dan hidungnya tidak lagi tersumbat.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi daun mint, adalah mencampurkannya dengan teh. Entah itu teh hijau, teh hitam, dan teh-teh lainnya. Rasa hangat dari menthol yang ditimbulkan akan langsung melegakan saluran pernapasan Anda.

  6. Larutan Air Garam

    Untuk yang obat flu satu ini, Anda bisa bebas mencampurkannya dengan air biasa atau hangat. Sebab, bahan alami yang satu ini tidak akan dikonsumsi seutuhnya. Melainkan hanya digunakan untuk berkumur saja.

    Khasiat yang ada di dalam garam, juga bisa mengencerkan lendir dalam hidung seperti mint. Air garam, juga berkhasiat untuk meredakan radang tenggorokan karena flu. 

    Cara mendapatkan khasiatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu berkumur dengan larutan garam selama 30-60 detik saja setiap hari.

  7. Konsumsi Vitamin C

    Untuk obat flu dan batuk yang satu ini memiliki dua fungsi sekaligus yaitu mengobati dan menangkal masuknya rhinovirus. Fungsi vitamin C tidak lain adalah untuk meningkatkan sistem imunitas. Sehingga, bisa menyembuhkan diri dari flu dan menangkal penyebabnya.

    Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan, terutama buah yang memiliki rasa kecut. Seperti anggur, jeruk, lemon, apel, dan masih banyak lagi. Vitamin ini juga bisa Anda dapatkan dalam bentuk suplemen yang banyak dijual di pasaran.

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik, Ketahui 9 Hal Penggunaan Vitamin C dalam Perawatan Wajah

Kapan Harus ke Dokter?

Meskipun tergolong mudah disembuhkan, bukan berarti Anda bisa menyepelekan penyakit yang satu ini. Ada beberapa saat di mana, obat flu dan batuk alami yang dikonsumsi tidak akan manjur sepenuhnya. Sehingga, pergi ke dokter menjadi jalan pengobatan selanjutnya.

Berikut merupakan beberapa gejala yang menjadi tanda-tanda kapan Anda harus segera pergi ke dokter:

  1. Tiba-tiba nyeri di salah satu bagian tubuh saja. Seperti dada, telinga, wajah, dan lain-lain.
  2. Batuk tidak kunjung sembuh, malah bertambah parah.
  3. Penderita tiba-tiba saja membaik, namun tiba-tiba juga memburuk dengan cepat.
  4. Jika penderita tidak segera membaik selama lebih dari 2 minggu.
  5. Penurunan kesadaran karena flu dan demam.
  6. Sesak napas.
  7. Leher mendadak kaku dan tidak bisa digerakan.
  8. Muntah dan diikuti dengan diare.

Sebab, flu sendiri merupakan respon badan secara alami, untuk mengusir virus yang masuk. Jadi apapun virusnya, tubuh akan merespon pertama dengan flu atau demam. Jadi, sebenarnya Anda tidak pernah benar-benar tahu virus apa yang masuk tanpa pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Ini Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Mengonsumsinya!