Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia dan Tips Memilihnya

Memiliki sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi tentu saja membuat Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, termasuk beragam cara memelihara dan merawatnya. Hal ini sangat penting menjadi perhatian Anda secara khusus, mengingat untuk mendapatkan sebuah mobil Anda telah mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar.

Mobil masuk ke dalam aset yang memiliki nilai ekonomi tinggi, jadi sudah sewajarnya Anda mempertimbangkan dan membuat anggaran tersendiri dalam merawatnya. Hal ini tentu berguna untuk menjaga nilai aset tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan tidak merosot akibat adanya kerusakan dan berbagai risiko lainnya.

Menggunakan Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Asuransi Mobil via flickr.com 

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil risiko yang Anda tanggung terhadap kepemilikan mobil Anda adalah dengan cara melindunginya dengan asuransi kendaraan. Hal ini akan membantu Anda mengalihkan risiko yang bisa saja terjadi kapan saja terhadap mobil Anda, seperti:

  1. Timbulnya kerugian atau kerusakan terhadap kendaraan/mobil itu sendiri.
  2. Kerugian yang muncul akibat adanya kewajiban dalam bentuk tanggung jawab hukum yang wajib dipenuhi oleh tertanggung terhadap pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ketiga dalam hal ini adalah pihak/orang lain yang mengalami kerugian akibat tindakan kita sebagai seorang pengendara, misalnya: orang yang mengalami kerugian karena kita menabrak kendaraannya di jalanan.

Sebelum memilih asuransi mobil, sudah pasti Anda wajib mengetahui apa saja sebenarnya yang jenis perlindungan dari asuransi itu sendiri. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa memahami dan mendapatkan manfaat maksimal yang sesuai dengan harapan dan keinginan Anda terhadap perlindungan asuransi itu sendiri. Berikut ini adalah jenis pertanggungan yang diberikan oleh asuransi mobil:

  • Gabungan (comprehensive)
    Asuransi ini akan memberikan jaminan terhadap kerugian yang timbul akibat adanya kerusakan sebagian ataupun keseluruhan kendaraan yang pada dasarnya terjadi akibat berbagai macam resiko yang telah disebutkan di dalam polis asuransi.

  • Total Lost Only (TLO)
    Asuransi ini hanya akan memberikan jaminan atas kehilangan (adanya pencurian terhadap kendaraan) atau kerusakan yang mencapai lebih dari 75% yang diakibatkan oleh berbagai macam risiko yang telah disebutkan di dalam polis. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa asuransi TLO tidak akan memberikan jaminan atas kerusakan ringan yang terjadi pada mobil Anda.

Di situs asuransi mobil terbaik cermati.com, Anda bisa bandingkan berbagai jenis produk asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk terbaik dari perusahaan-perusahaan asuransi ternama di Indonesia agar Anda bisa mendapatkan premi asuransi mobil terbaik dan termurah.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana?

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

Saat Anda akan membeli sesuatu, maka sudah tentu Anda ingin mendapatkan yang terbaik dan hal ini juga berlaku pada saat Anda akan menggunakan sebuah asuransi kendaraan. Ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan ini, Anda bisa melihat beberapa di bawah ini:

1. Asuransi Mobil Sinarmas / Simasnet

Asuransi Mobil Simasnet merupakan anak perusahaan dari PT.Sinarmas Multi Artha Tbk. Perusahaan ini mendapatkan izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada tanggal 21 Oktober 2014. Tujuan pendirian Simasnet adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa asuransi mobil yang dapat memenuhi kebutuhan para nasabah dan calon nsabah baik secara offline maupun online.

2. Asuransi Mobil Adira Autocillin

Adira Insurance adalah salah satu perusahaan bagian dari Danamon Group yang bergerak di bidang usaha asuransi umum. Sedangkan Adira Autocillin merupakan nama merk dagang untuk asuransi mobil mereka. Adira Insurance didirikan sejak tanggal 24 Januari 2002 dan telah memiliki aset sebesar Rp 4,9 triliun serta modal sebesar Rp 1,6 triliun sampai dengan akhir tahun 2015

3. Asuransi Mobil MAG

Asuransi Multi Artha Guna atau yang lebih dikenal sebagai asuransi MAG mulai berkiprah sejak 14 November 1980. Perusahaan yang awalnya bergerak di bidang asuransi umum ini kemudian mulai mengeluarkan produk asuransi kesehatan setelah bekerja sama dengan he RedShield Co. Ltd., Singapore pada rentan waktu 1982-1983. Kemudian, pada 23 Desember 2005 Asuransi MAG tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai perusahaan publik yang sahamnya dapat dimiliki.

4. Asurnasi Mobil Malacca

PT Malacca Trust Wuwungan Insurance adalah sebuah perusahaan asuransi yang berdiri pada tahun 1952. Perusahaan ini dulunya memiliki nama PT Asuransi Wuwungan sebelum berubah nama menjadi Malacca sehingga bisa dibilang sebagai salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia yang mengembangkan usahanya di berbagai bidang seperti manajemen aset, sekuritas, multifinance, sampai asuransi umum. Semenjak tahun 2011 PT Malacca Trust Wuwungan Insurance mulai menyediakan layanan asuransinya di Indonesia

Baca Juga: Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Memilih Asuransi Mobil
Memilih Asuransi Mobil via bigraph.org
 

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan asuransi kendaraan, hal ini tentu menjadi nilai lebih tersendiri bagi Anda para calon pelanggan, di mana Anda akan memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan sebelum akhirnya Anda mengambil keputusan. Namun jumlah yang banyak tersebut seringkali menjadi bumerang dan menyesatkan, di mana seseorang menjadi kebingungan dalam mengambil keputusan.

Anda tentu tidak ingin mengalami kesulitan dan kerugian di kemudian hari, bukan? Simak beberapa tips di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk memilih dan menggunakan jasa layanan asuransi mobil.

  • Pilih Sesuai dengan Kebutuhan
    Saat akan memutuskan untuk membeli sesuatu, maka akan sangat penting untuk mengetahui kebutuhan Anda lebih dulu. Hal ini juga berlaku pada saat Anda akan memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi mobil. Pastikan Anda mengerti dengan jelas mengenai layanan dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, sehingga Anda dengan mudah bisa memilih satu yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan mobil itu sendiri.

  • Pertimbangkan Kredibilitas Perusahaan Asuransi
    Jangan memilih perusahaan asuransi mobil dengan sembarangan, karena hal ini akan melibatkan aset Anda yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi dan Anda juga tentu tidak ingin mengalami kerugian akibat memilih perusahaan asuransi yang tidak profesional, bukan?

    Pastikan Anda memilih sebuah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan serta mudah saat mengajukan klaim. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mencari informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan tersebut, Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui jaringan internet.

    Lihat dan cari tahu mengenai rasio keluhan konsumen dan penyelesaian atas pelayanan yang diberikan perusahaan asuransi tersebut, hal ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi Anda dalam mengambil keputusan.

  • Bandingkan Besaran Premi yang Ditetapkan
    Jangan hanya terpaku pada jumlah premi kecil yang ditawarkan oleh satu perusahaan asuransi saja. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan premi terjangkau dan ringan, artinya Anda memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

    Penting untuk memperhatikan besaran premi yang harus Anda bayarkan, karena pos pengeluaran ini akan ada di dalam anggaran keuangan Anda untuk jangka waktu yang cukup lama, sehingga Anda perlu memperhatikan kemampuan dan jumlah dana yang Anda miliki untuk hal ini. Jangan sampai Anda mengalami kesulitan dalam membayar premi di kemudian hari.

  • Layanan dan Kredibilitas Bengkel Rekanan
    Pertimbangkan juga mengenai bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi, karena Anda akan berhubungan langsung dengan mereka jika sewaktu-waktu sesuatu menimpa mobil Anda. Pastikan bengkel tersebut memiliki infrastruktur yang memadai serta layanan yang memuaskan, agar Anda merasa nyaman dan tenang saat berurusan dengan mereka.

    Penting untuk memperhatikan jumlah bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi, termasuk letaknya dan jarak jangkauan bengkel tersebut dari tempat tinggal Anda. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kesulitan dalam mendapatkan layanan, sehingga Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk mendatangi lokasi bengkel mereka.

  • Fitur Layanan yang Ditawarkan
    Meski terlihat sama, namun pada kenyataannya setiap perusahaan asuransi akan memiliki fitur layanan yang berbeda-beda dan keunggulan tersendiri. Hal ini mungkin akan menambah jumlah premi yang harus Anda bayarkan, jadi gunakan hanya fitur-fitur yang memang sangat Anda butuhkan saja.

    Sebelum Anda menentukan pilihan, tanyakan pada staf perusahaan asuransi mengenai berbagai fitur yang mereka miliki, hal ini bisa saja meliputi: fasilitas mobil derek, pengadaan mobil pengganti, hotline service, jasa layanan bengkel, mobil ambulans, serta berbagai macam layanan lainnya.

Baca Juga: Ingin Klaim Asuransi Mobil? Berikut Langkah-langkahnya!

Pilih yang Terbaik

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari asuransi mobil, di mana penggunaannya akan mengalihkan semua risiko kerugian yang mungkin saja akan kita tanggung di waktu-waktu yang akan datang. Jangan terburu-buru dalam memilih layanan sebuah perusahaan asuransi, pertimbangkan semua aspek yang akan Anda dapatkan dan Anda berikan sebagai sebuah kewajiban.