Dapat Penghasilan dari Hobi Solo Traveling? Bisa Banget!

KOMPAS.com - Berlibur memang jadi hal menyenangkan, tapi kadang aktivitas ini akan menguras saldo tabungan. Tapi tenang... Anda bisa mengubah kegiatan yang menghabiskan uang ini jadi kegiatan yang menghasilkan uang tambahan lho.

Siapa sih yang tak mau liburan sambil menghasilkan pundi-pundi uang yang terus mengalir, hal ini tentunya jadi impian banyak orang. Penasaran bagaimana cara mengubah hobi solo traveling jadi tambahan penghasilan? Simak tipsnya seperti dilansir dari Cermati.com dibawah ini :

1. Bawa Kamera dan Jadi Seorang Travel Vlogger

Tips pertama adalah menjadi travel vlogger, rekam seluruh perjalanan solo traveling tersebut, edit, lalu upload di Youtube atau platform sejenisnya. Kumpulkan minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang supaya akun Youtube tersebut bisa dimonetisasi.

Ketika akun tersebut berhasil di monetisasi, Anda akan mulai mendapatkan penghasilan dari iklan-iklan yang ditayangkan. Selain mendapatkan penghasilan dari iklan, dapatkan juga penghasilan lainnya dari endorsement. Contoh ketika ada salah satu spot wisata yang minta mempromosikan tempatnya.

Dengan jadi travel vlogger, selain bisa jalan-jalan ke setiap tempat wisata yang menarik, pendapatan dari adsense akan mengalir setiap harinya. Untuk besar kecilnya penghasilan ditentukan oleh seberapa besar channel dan jumlah viewnya.

2. Tulis Artikel yang Menarik dan Jadikan Konten Travel Blogger

Cara dapat cuan dari hobi solo travelling yang selanjutnya adalah dengan menjadi travel blogger. Langkah ini bisa dikombinasikan dengan cara di atas ya, jadi travel vlogger dan travel blogger sekaligus. Atau jika Anda merasa kurang percaya diri ketika tampil di depan kamera, jadi travel blogger akan jadi pilihan yang tepat.

Untuk jadi seorang travel blogger, kemampuan menuangkan ide dalam kata-kata akan jadi hal yang sangat penting. Bagaimanapun juga konten utamanya berupa artikel yang berwujud tulisan, jadi kemampuan menulis tentu sangat diperlukan.

Jangan lupa lampirkan foto-foto tempat wisata yang dijepret sendiri ya sebagai pelengkap artikel. Untuk artikel tersebut bisa diupload di website pribadi yang bisa dibuat sendiri atau bisa juga dikirim ke media online.

Untuk opsi pertama, buat website sendiri. Namun, hal ini mungkin perlu biaya untuk beli hosting dan domain, pelajari juga tentang SEO (Search Engine Optimization). Lalu kelola website tersebut dengan baik, monetisasi, dan dapatkan pendapatan dari iklan.

Untuk artikel yang dikirim ke media online, coba cari relasi atau teman yang bekerja di media supaya lebih mudah mengirimkannya. Atau bisa juga langsung mengirimkannya ke email masing-masing media online yang menerima kiriman tulisan dengan niche travelling. Jika diterima, tulisan bisa akan langsung tayang atau bahkan dapat fee yang jumlahnya beragam tergantung medianya.

3. Jual Foto Estetik Hasil Jepretan Selama Liburan

Selain jadi travel blogger dan travel vlogger, pilihan lainnya yang juga bisa dicoba adalah menjual stok foto atau video yang Anda ambil selama traveling. Jual foto dan video tersebut di marketplace seperti Shutterstock, iStock, dan Adobe Stock.

Pastikan foto atau video yang akan dijual memiliki kualitas yang baik dan dapat menarik perhatian para pembeli. Opsi ini sangat cocok untuk travellers yang punya hobi dan kemampuan fotografi yang baik.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Travel untuk Pemula

4. Open Jastip

Cara selanjutnya coba buka layanan jasa titip atau yang lebih dikenal sebagai jastip. Di layanan ini, Anda akan bertugas untuk membelikan barang-barang titipan konsumen ketika sedang travelling.

Selanjutnya, dari kegiatan tersebut akan dapat komisi dari open jastip tersebut, untuk komisinya bisa ditentukan sendiri ya. Open jastip sangat cocok untuk para solo travellers karena bisa berpergian kemanapun dengan lebih leluasa, tanpa mengganggu jadwal rombongan.

5. Tulis Buku Seputar Traveling

Cobalah menulis buku atau e-book tentang pengalaman solo traveling. Bagikan cerita dan tips yang berguna bagi pembaca yang memiliki minat yang sama. Dengan begitu, buku atau ebook yang ditulis dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang menjanjikan.

Nah, supaya buku-buku tersebut laris terjual popularitas seorang penulis tentu memiliki peran yang sangat besar. Cara tambahan ini bisa jadi peluang yang menarik jika Anda adalah seorang content creator yang sudah terkenal.

6. Buat Konten Lainnya di Media Sosial

Terakhir, coba dapatkan penghasilan dari hobi solo traveling dengan membuat konten di media sosial. Buat konten yang menarik dan informatif, seperti foto atau video tentang destinasi yang dikunjungi, tips dan trik solo traveling, serta cerita inspiratif tentang pengalaman traveling.

Dengan memiliki followers yang banyak, Anda dapat menarik perhatian brand atau perusahaan yang ingin bekerja sama dengan Anda sebagai influencer atau brand ambassador.

Bedanya, kali ini cobalah fokus untuk upload konten di media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, Shorts, dan sejenisnya. Jadilah influencer dan dapatkan penghasilan dari endorsement.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan cuan dari hobi solo traveling. Namun, perlu diingat bahwa mendapatkan penghasilan dari hobi memang bukanlah hal yang mudah. Diperlukan konsistensi, fokus, dan kerja keras agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai. Selain itu, tetap utamakan keselamatan dan kesehatan selama traveling.