Dear Bumil, Pilih Bidan atau RS untuk Periksa Kehamilan dan Lahiran? Cek Dulu 6 Hal Ini

Kehamilan merupakan hadiah terindah bagi setiap pasangan suami istri (pasutri). Harapan agar selama kehamilan, ibu dan bayi sehat, tentunya sebagai calon orangtua ingin memberikan tempat pemeriksaan kesehatan kandungan hingga lahiran yang terbaik.

Namun sayangnya, memilih tempat periksa kandungan dan melahirkan bukan perkara yang mudah. Masih banyak pasutri khususnya calon ibu yang merasa bingung harus periksa kemahilan hingga lahiran di bidan atau di Rumah Sakit (RS) dengan dokter kandungan.

Mengingat, kedua tempat tersebut sama-sama tempat yang bisa membantu calon orangtua mengetahui kondisi kesehatan ibu dan bayi selama di kandungan dan membantu saat proses melahirkan. Akan tetapi, manakan yang lebih cocok, periksa kehamilan hingga lahiran di RS atau di bidan?

Agar tidak bingung lagi dan bisa memilih tempat periksa kehamilan hingga lahiran yang tepat untuk ibu dan calon buah hati, sebaiknya pasutri perlu menyimak beberapa hal yang perlu diperimbangkan dalam ulasan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih Dokter Kandungan atau Bidan Terpercaya

periksa kehamilan

Tak bisa dimungkiri, di zaman yang sudah canggih seperti sekarang ini tapi masih ada saja tim medis seperti dokter kandungan dan bidan yang tidak melakukan tugasnya dengan baik.

Misalnya asal dalam memeriksa kandungan, tidak memberikan informasi kehamilan yang akurat, salah memberikan resep obat, bahkan ada pula yang melakukan kesalahan dalam membantu proses lahiran baik secara normal ataupun sesar.

Untuk itu, pilihlah bidan atau dokter kandungan yang sudah terpercaya. Anda bisa menemukan rekomendasinya dari anggota keluarga, kerabat dekat atau bahkan melalui internet. Sekarang ini banyak, website yang bergerak di bidan kesehatan yang mengulas mengenai penilaian bidan dan dokter kandungan yang praktik di beberapa RS terbaik.

Baca Juga: Biar Gak Bingung, Ini Persiapan Ibu Hamil di Trimester Satu, Dua, dan Tiga

2. Fasilitas Periksa Kehamilan yang Lengkap

Pentingnya memeriksa kehamilan secara lengkap dan detail agar bidan dan dokter kandungan bisa melihat kondisi perkembangan kesehatan bayi yang ada di kandungan dan juga si ibu.

Namun, pemeriksaan yang lengkap ini tentunya harus didukung dengan fasilitas periksa kehamilan yang lengkap juga. Sementara, hingga saat ini masih ada beberapa bidan dan RS yang tidak memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap.

Maka dari itu, sebelum memutuskan periksa kehamilan dan lahiran dimana, pasutri harus mencari tahu terlebih dahulu bidan atau RS mana sajakah yang memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap di website RS bersangkutan atau telepon ke bidannya langsung.

Berikut fasilitas kesehatan lengkap yang diperlukan periksa kehamilan:

  • Konsultasi kehamilan
  • Melahirkan normal
  • Operasi sesar
  • Pemeriksaan darah guna mengetahui Torch, hepatitis dan lainnya
  • USG kehamilan (2D, 3D, dan 4D)
  • USG pemeriksaan kepala bayi
  • USG transvaginal

3. Obat-obatan dengan Kualitas Terbaik

vitamin ibu hamil
Obat-obatan dengan kualitas terbaik

Untuk menunjang kesehatan bayi dalam kandungan dan ibunya, bidan atau dokter kandungan akan memberikan resep obat mulai dari berbagai macam multivitamin hingga penguat kandungan.

Bahkan, jika si ibu sedang sakit flu, batuk dan lainnya, obat yang diberikan khusus alias aman dikonsumsi untuk ibu hamil, sehingga kesehatan bayi dalam kandungan tidak terganggu.

Setelah menerima resep obat, ibu hamil perlu memastikan obat tersebut memiliki kualitas yang terbaik. Mudahnya, cek tanggal kadarluwarsa dan kondisi bungkus obat tidak ada yang rusak. Selain itu, tanyakan, efek samping dari obat tersebut.

4. Biaya Periksa Kehamilan Hingga Lahiran

Hal terpenting yang harus dipertimbangan oleh pasutri untuk menyambut sang buah hati tercinta lahir ke dunia adalah biaya periksa kehamilan setiap bulannya hingga lahiran kelak baik secara normal ataupun melalui proses operasi sesar.

Berikut rincian biaya periksa kehamilan rutin hingga lahiran di bidan dan RS:

Bidan

  • Biaya rutin kehamilan: Rp100 ribu – Rp300 ribu
  • Biaya lahiran normal: Rp3 juta – Rp5 juta
  • Tidak ada pelayanan lahiran operasi sesar

RS

  • Biaya rutin kehamilan: Rp500 ribu – Rp1,5 juta
  • Biaya lahiran normal: Rp6 juta – Rp10 juta
  • Biaya lahiran operasi sesar: Rp13 juta – Rp40 juta

Taka da salahnya Anda dan pasangan memastikan, bidan atau RS yang dituju bisa membayar tagihan periksa kehamilan atau lahiran dengan biaya yang kecil bisa menggunakan kartu kredit. Sebab, dengan pembayaran kartu kredit tentunya akan lebih mudah dilakukan jika Anda sedang tidak ada uang cash.

5. Jarak dari Rumah

perjalanan
Jarak dari rumah ke RS atau Bidan tidak jauh

Ibu yang sedang mengandung, pastinya kondisi tubuhnya terkadang tidak bisa terkontrol. Bahkan, bisa saja mengalami pendarahaan secara tiba-tiba. Maka, pemilihan bidan dan RS yang jaraknya dekat dari rumah sangat dianjurkan. Apalagi jika sudah memasukin usia kehamilan 9 bulan, kontraksi melahirkan bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

Anda dan pasangan bisa mengecek lokasi bidan atau RS terdekat dari rumah dengan menggunakan Google Maps, caranya:

  • Buka aplikasi Maps
  • Pastikan alamat rumah Anda sudah tepat
  • Ketik ‘bidan terdekat’ atau ‘RS terdekat’
  • Klik simbol ‘pencarian’

Selain itu, bisa juga mencari di halaman google dengan kata kunci, misalnya ‘bidan terpercaya di Kelurahan Kedoya Utara’ atau ‘RS Terbaik di Kebon Jeruk’. Tanpa menunggu lama, akan muncul banyak daftar rekomendasi bidan atau RS.

6. Kerja Sama dengan Asuransi Kesehatan

Ingat bahwa pemeriksaan rutin selama kehamilan hingga lahiran membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka pasutri harus memastikan terlebih dahulu bahwa RS yang dipilih bisa menggunakan asuransi kesehatan yang telah dimiliki, baik BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya. Jika memilih periksa kehamilan dan lahiran di bidan Puskesmas, tentunya Anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan.

Jangan sungkan, untuk menanyakan dengan detail mengenai prosedur penggunaan asuransi kesehatan untuk pemeriksaan kehamilan hingga proses lahiran nanti.

Baca Juga: Tanya-Jawab BPJS Kesehatan, Ini Fakta Penting Layanan BPJS yang Perlu Diketahui

Pilih Sesuai Kemampuan

Hadirnya buah hati di tengah-tengah Anda dan pasangan merupakan anugrah terindah yang diberikan Tuhan. Maka Anda dan pasangan harus melakukan yang terbaik agar calon buah hati tetap sehat selama di kandungan dan selamat saat lahir. Antara bidan atau RS, pilihlah sesuai kemampuan. Yang terpenting, pilih bidan yang terpecaya dan RS terbaik.

Baca Juga: Cara Gunakan Kartu BPJS Kesehatan untuk Melahirkan