Depo Bangunan: Pioneer Supermarket Bangunan Indonesia

Depo Bangunan menjadi salah satu perusahaan yang dianggap bisa membawa perubahan besar dalam sistem belanja berbagai bahan bangunan di tanah air. Jadi tidak mengherankan jika beberapa waktu belakangan namanya semakin dikenal luas dan populer.

Perusahaan ini menjadi pioneer yang mengenalkan sistem belanja bahan bangunan dengan konsep yang unik, yakni one-stop shopping, di mana masyarakat bisa menemukan semua kebutuhan bahan bangunan dengan lebih mudah dan cepat, sebagaimana layaknya ketika berbelanja di supermarket saja.

Di Depo Bangunan, para pembeli bisa mendapatkan berbagai kebutuhan bangunan secara lengkap, baik itu yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri. Ini seperti sebuah supermarket besar yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan bangunan dengan layanan modern dan sekaligus praktis.

Di dalam prakteknya, Depo Bangunan menawarkan pengalaman belanja bahan bangunan secara lengkap, nyaman dan sekaligus mudah untuk dilakukan. Hal inilah yang membuat bisnis perusahaan ini bisa bertumbuh dengan pesat, bahkan semakin sukses hingga saat ini.

Baca juga: Ciri dan Rekomendasi Toko Bangunan Tepercaya, Bangun Rumah Jadi Makin Lancar!

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Sejarah Berdirinya Depo Bangunan

loader

Depo Bangunan

Depo Bangunan adalah perusahaan berbadan hukum yang didirikan oleh Kambiyanto Kettin di tahun 1996 dengan nama PT. Caturkarda Depo Bangunan. Perusahan ini berfokus pada bisnis bahan bangunan yang dijalankan dengan konsep supermarket yang modern dan nyaman.

Kambiyanto sendiri memiliki pengalaman bisnis dalam bidang bangunan sejak tahun 1975 silam. Hal inilah yang membuatnya memiliki mimpi untuk menyediakan sebuah toko bangunan modern dan nyaman, di mana orang bisa berbelanja berbagai bahan bangunan dengan mudah dan cepat.

Bermula ketika bepergian ke luar negeri untuk mengantar salah satu putranya kuliah di sana, Kambiyanto begitu menikmati suasana di pertokoan modern yang menyediakan berbagai bahan bangunan secara lengkap. Berbagai bahan bangunan bisa didapatkan dalam satu toko sekaligus, tanpa perlu repot-repot untuk berpindah ke toko lainnya.

Kemudahan dan kenyamanan belanja tersebutlah yang pada akhirnya membuat Kambiyanto bermimpi untuk mewujudkan toko serupa di tanah air. Hal ini tentu membutuhkan proses dan perjalanan yang tidak mudah, mengingat konsep seperti ini belum pernah ada di Indonesia.

Mimpi ini bisa diwujudkan ketika toko pertamanya di buka di darah Kalimalang, Jakarta timur pada Oktober 1996 silam. Pada masa awal ini, perusahaan perusahaan sudah mulai menjual berbagai produk bahan bangunan yang cukup lengkap, sehingga pelanggan juga cukup banyak.

Namun, perjalanan sukses Depo Bangunan tidaklah semulus yang dibayangkan, sebab di tahun 1998 berbagai perusahaan di kawasan ibukota juga membawa banyak dampak buruk bagi perekonomian. Hal ini menghambat pertumbuhan bisnis selama beberapa waktu tersebut.

Meski sempat tersendat, Kambiyanto tidak menyerah dan tetap berupaya untuk mempertahankan bisnisnya, bahkan di masa-masa yang terbilang sangat sulit tersebut. Kegigihannya membawa hasil dan bisa membuat toko ini tetap bertahan dan meraih kesuksesan hingga seperti sekarang ini.

Depo Bangunan Membuka Banyak Cabang Baru

Memulai bisnis yang baru memang tidak selalu mudah, hal yang sama juga dirasakan oleh pendirinya. Setelah proses belajar yang panjang dan mendapatkan kesempatan untuk membangun toko pertama, maka Depo Bangunan berdiri untuk pertama kalinya di tahun 1996 silam.

Berikut ini adalah perkembangan dan cabang yang dimiliki oleh Depo Bangunan:

  1. Depo Bangunan Kalimalang

    Mengambil lokasi di wilayah Kalimalang, Jakarta Timur, Kambiyanto dan juga Johnny Liyanto membuka toko ini untuk pertama kalinya pada 5 Oktober 1996. Lokasinya yang tepat memang bisa membawa supermarket bahan bangunan ini cukup mendapatkan respon yang positif dari pasar.

    Namun, hal ini tidak berlangsung lama, sebab kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998 silam membawa banyak kekacauan dan juga kerusakan pada gerai pertama. Kondisi perekonomian yang tidak menentu juga membuat bisnis menjadi berantakan sehingga keduanya membutuhkan usaha keras untuk bisa mempertahankan bisnis tersebut.

  2. Depo Bangunan Alam Sutera

    Setelah krisis dan berbagai kendala yang panjang, akhirnya berhasil membuka gerai keduanya. Toko ini dibuka secara resmi pada tahun 2001 dan berlokasi di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan. Lokasinya yang strategis juga membuat toko ini selalu ramai pengunjung.

  3. Depo Bangunan Sidoarjo

    Gerai yang ketiga didirikan pada tahun 2003 lalu, dan kali ini bisnis sudah mulai dikembangkan ke wilayah Jawa Timur. Toko ketiga ini dibuka di wilayah Sidoarjo, ini sekaligus menjadi toko pertama yang dibangun untuk ekspansi bisnis di wilayah Timur. Toko ketiga ini secara resmi beroperasi pada tahun 2004.

  4. Depo Bangunan Malang

    Masih berada di wilayah Jawa Timur, toko keempat mereka dibuat di tahun 2007. Toko ini mengambil lokasi di Kota Malang dan menjadi toko kedua yang dibuka untuk wilayah Timur.

  5. Depo Bangunan Bandung

    Hampir bersamaan dengan toko keempat, toko kelima ini juga dibuka pada tahun 2007 lalu. Toko ini mengambil lokasi di wilayah Bandung. Potensinya dianggap besar, sebab ini sekaligus menjadi toko pertama yang dibuka di kawasan Jawa Barat.

  6. Depo Bangunan Denpasar

    Melanjutkan pengembangan bisnis di wilayah Timur, gerai keenam mereka dibuka pada tahun 2011 lalu. Toko ini berlokasi di Denpasar dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bahan bangunan di Pulau Dewata tersebut dengan baik.

  7. Depo Bangunan Bogor

    Di tahun 2013, cabang ketujuh mereka dibuka di Bogor. Ini menjadi toko kedua yang dibuka perusahaan ini untuk wilayah Jawa Barat.

  8. Depo Bangunan Bekasi

    Peluang pasar yang cerah di wilayah Jawa Barat membuat Depo Bangunan kembali tertarik untuk membuka cabang di kawasan tersebut. Pada tahun 2018 lalu, perusahaan ini kembali membuka cabang baru mereka di Bekasi.

  9. Depo Bangunan Lampung

    Ini menjadi toko pertama yang dibuka di wilayah Sumatera. Di tahun 2019, perusahaan ini membuka toko pertama mereka untuk wilayah Sumatera di Bandar Lampung.

    Kedepannya, terdapat rencana untuk membuka sejumlah toko baru lainnya yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk Sumatera. Hal ini tentu menyesuaikan perkembangan dan peluang bisnis yang mereka jalankan selama ini.

Baca juga: Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya

Terus Berkembang dan Menyerap Banyak Tenaga Kerja

Saat ini, Depo Bangunan berada di bawah kepemilikan 4 shareholder, yakni: Kambiyanto Kettin, Johnny Liyanto, PT Buanatata Adisentosa dan PT Tancorp Surya Sukses. Semua pemilik tentu memiliki komitmen untuk membuat toko ini lebih sukses dan maju ke depannya.

Dalam beberapa waktu kedepan, perusahaan ini juga sudah berencana untuk membuka sejumlah gerai baru, termasuk di Jember dan juga Surabaya. Bukan hanya itu saja, sebagai bentuk kesuksesan bisnis ini, secara resmi di akhir tahun 2021 sudah melantai di Bursa efek Indonesia.

Depo Bangunan sendiri sudah memiliki 9 gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, di mana lebih dari 97.000 produk bahan bangunan terbaik bisa ditemukan. Berbagai produk ini tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun juga berasal dari luar negeri. Ini mempermudah masyarakat mendapatkan produk pilihan dengan mudah dan nyaman, bahkan dengan harga murah.

Cara Belanja dengan Aplikasi Depo Bangunan

Sebagai supermarket bahan bangunan, tentu toko ini juga menyediakan sistem belanja yang praktis dan nyaman. Perusahaan ini memungkinkan pelanggan belanja online melalui aplikasi WhatsApp. Selain itu, Depo Bangunan juga memiliki aplikasi tersendiri yang mudah digunakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk belanja menggunakan aplikasi.

  • Download Aplikasi Depo Bangunan di Play Store.
  • Aktifkan aplikasi dan lakukan pendaftaran dengan cara mengisi semua data yang diminta.
  • Lakukan verifikasi dan aplikasi sudah siap digunakan untuk berbelanja di toko terdekat.

Baca juga: Tuntas Mengulik Asuransi Properti dan Manfaat Perlindungan yang Diberikannya

Belanja mudah dan nyaman di Depo Bangunan

Depo Bangunan adalah supermarket bahan bangunan yang memungkinkan pelanggan belanja dengan mudah dan nyaman. Selain itu, toko ini juga menawarkan harga yang terbilang murah. Kunjungi Depo Bangunan dan penuhi semua kebutuhan bahan bangunan dengan lebih cepat dan praktis mulai sekarang.